sign up SIGN UP

MAKE-UP

Punya Tempat Kosmetik Tak terpakai? Daur Ulang Saja dengan Berbagai Cara Ini!

Maria Juwita | Jumat, 30 Mar 2018 02:00 WIB
Punya Tempat Kosmetik Tak terpakai? Daur Ulang Saja dengan Berbagai Cara Ini!
caption
Setelah membeli banyak produk kecantikan, biasanya setelahnya akan ada banyak tempat kosong yang tidak terpakai. Daripada dibuang begitu saja dan menambah banyak sampah plastik di lingkungan, coba deh kamu daur ulang dan dengan melakukan beberapa hal simpel ini!

Saking seringnya kamu membeli kosmetik, pasti ada banyak sekali produk lama yang kemudian tak terpakai di meja riasmu, atau bahkan kosmetik yang sebenarnya sudah habis dan masih tergeletak begitu saja. Daripada mejamu penuh dengan kosmetik tak terpakai, lebih baik kamu coba daur ulang yuk berbagai kemasan kosmetik yang sudah habis!

Kembalikan ke Produsen


Beberapa perusahaan kecantikan biasanya memiliki program untuk mendaur-ulang kemasan produknya, seperti beauty brand Lush dan produsen kosmetik ternama MAC misalnya. Perhatikan jika kamu memiliki kosmetik dari perusahaan yang memiliki program seperti ini, kamu bisa mendonasikan tempat kosmetikmu dan menukarnya dengan hadiah. Sebagai contoh, di Amerika Lush menawarkan 1 masker wajah gratis untuk setiap penukaran 5 jar kosong produk Lush, sedangkan MAC akan memberikan 1 lipstik MAC gratis untuk setiap 6 kontainer kosmetik yang dibawa.


Foto: https://id.pinterest.com/


Gunakan Kembali Tempat Kosmetik Kosong


Belum menemukan tempat yang menerima tempat kosong untuk di daur ulang? Sebagai alternatif, kamu bisa memanfaatkan kontainer kosmetik kosong untuk keperluan sehari-harimu. Misalnya, gunakan sprayer kosong bekas face mist untuk tempat menyemprot tanaman hiasmu, atau gunakan jar kosmetik kosong sebagai tempat menyimpan alat tulis.


Foto: https://id.pinterest.com


Jual atau Sumbangkan ke Tempat Pengolahan Sampah


Jangan buru-buru membuang semua tempat kosmetik yang tak terpakai ke tempat sampah ya, Ladies. Karena kebanyakan tempat kosmetik terbuat dari plastik, kamu sebaiknya pisahkan kontainer kosmetik pada 1 kantong plastik dan jual atau sumbangkan ke tempat pengolahan sampah untuk di daur ulang. Dengan begini, kamu juga turut melindungi lingkungan dari penumpukan sampah plastik.


Foto: https://www.makeupandbeautyforever.com


Gunakan Kembali untuk Refill atau Isi Ulang


Beberapa versi isi ulang kosmetik dijual secara terpisah. Biasanya, produsen akan menjual isi dari kosmetik saja, dna tidak termasuk kemasan atau tempat bagian luarnya. Jika ada eyeshadow atau compact powder yang kamu suka dan ingin kamu beli lagi, gunakan palet lama dan belilah kemasan refill atau isi ulangnya saja. Hal ini dilakukan agar kamu bisa menghemat pengeluaran, karena biasanya versi isi ulang kosmetik dijual dengan harga lebih murah, dan juga bisa kembali memanfaatkan tempat kosmetik yang sudah habis.


Foto: https://id.pinterest.com
(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id