sign up SIGN UP

MAKE-UP

Say No More to Cakey Makeup! Ikuti Tips Makeup Paling Gampang Ini

Fahira mahza | Sabtu, 03 Apr 2021 18:00 WIB
Say No More to Cakey Makeup! Ikuti Tips Makeup Paling Gampang Ini
caption

Make up rasanya sudah menjadi rutinitas sehari-hari bagi sebagian wanita. Menggunakan make up dapat menutupi berbagai kekurangan di wajah seperti noda hitam dan warna kulit tidak merata. Tentunya hal ini akan meningkatkan kepercayaan diri dalam beraktivitas.

Namun, mengaplikasikan make up memerlukan sedikit perhatian khusus agar hasil akhirnya terlihat flawless dan menyatu dengan sempurna. Karena itu, teknis serta make up yang digunakan harus diperhatikan.

Apabila tidak tepat dalam merias wajah, maka bisa jadi hasilnya tidak maksimal. Salah satu hasil dari peggunaan make up yang tidak tepat ialah riasan menjadi cakey. Cakey lebih dikenal dengan dempul, riasan akan nampak bertekstur dan tidak menyatu dengan kulit. Untuk itu, perhatikan tips ini untuk menghindari make up cakey!

1. Aplikasikan primer terlebih dulu 

Aplikasikan primer terlebih dulu
Aplikasikan primer terlebih dulu/foto: freepik.com

Banyak yang sering melewatkan primer saat merias wajah. Padahal, primer memiliki fungsi untuk membuat make up tahan lama loh. Biasanya terdapat dua jenis primer yang ditawarkan di pasaran yakni pore filling dan hydrating. Keduanya sama-sama mampu membuat riasan menjadi lebih awet dan flawless.

Penggunaan primer ini dapat membantu membuat make up tidak cakey sebab primer membantu menyamarkan tekstur wajah sebelum pemakaian foundation. Hasilnya foundation akan tampak mulus dan menyatu. 

2. Aplikasikan foundation dengan beauty blender secara intens 

Aplikasikan foundation dengan beauty blender secara intens
Aplikasikan foundation dengan beauty blender secara intens/foto: freepik.com

Jika kamu telah mengaplikasikan foundation namun hasilnya wajahmu tampak cakey, bisa jadi teknik yang kamu gunakan tidak tepat. Sebaiknya aplikasikan foundation menggunakan beauty blender yang lembab. Jangan dioles atau digeser tapi aplikasikan dengan menepuk-nepuk foundation dengan beauty blender berulang kali hingga foundation tampak menyatu dan rata. Hal ini akan membantu menyamarkan garis-garis wajah serta memastikan foundation menutupi kulit secara merata. 

3. Gunakan foundation secukupnya

Gunakan foundation secukupnya
Gunakan foundation secukupnya/foto: freepik.com

Penggunaan foundation memang terkesan tricky karena dapat menyebabkan riasan nampak cakey jika tidak diaplikasikan secara tepat. Jangan mengaplikasikan terlalu banyak foundation bahkan hingga berlayer-layer karena akan membuat riasan kaku dan sulit diratakan.

Pengaplikasian di daerah mata dan hidung juga perlu diperhatikan karena pada bagian tersebut terdapat lekukan yang mudah membentuk garis wajah. Gunakan foundation secukupnya sampai warna kulit merata serta noda hitam tersamarkan.  

4. Aplikasikan concealer di bawah mata 

Aplikasikan concealer di bawah mata
Aplikasikan concealer di bawah mata/foto: freepik.com

Jika bagian bawah matamu menghitam serta terdapat garis halus dan cekungan, maka sebaiknya kamu mengakalinya dengan menggunakan concelear. Gunakan spons untuk meratakannya ke arah bulu mata. Kemudian set dengan bedak secara tipis agar menggunakan brush untuk menghindari timbulnya garis.

 

5. Akhiri dengan setting spray 

Akhiri dengan setting spray
Akhiri dengan setting spray/foto; freepik.com

Apabila riasanmu telah selesai namun masih nampak tebal dan kaku, maka kamu dapat menggunakan setting spray sebagai penyempurnaan make up kamu. Hal ini berguna untuk membuat make up lebih menyatu dan meresap ke kulit. Setting spray dapat mengunci riasan kamu serta mengilangkan bubuk residu dari make up yang kamu gunakan. Hasilnya riasan akan tampak lebih alami dan tahan lama. 

Nah, itulah beberapa tips yang dapat kamu coba untuk membuat makeup tampak menyatu dan tidak cakey. Jadi jangan takut lagi terlihat dempul ya!

 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id