sign up SIGN UP

MAKE-UP

Sedang Hamil? Hati-Hati dengan Kosmetik Berbahan Ini!

Sylvia Yuliasar | Selasa, 23 Jun 2020 15:00 WIB
Sedang Hamil? Hati-Hati dengan Kosmetik Berbahan Ini!
caption

Saat sedang hamil, sang ibu memang harus berhati-hati dalam mengkonsumi apapun untuk menjaga kehamilannya. Tak hanya makanan, bahan-bahan yang terkandung dalam makeup-nya juga wajib diperhatikan.

Sebab, ada beberapa bahan berbahaya yang kalau digunakan oleh ibu hamil malah akan membahayakan kandungannya. Dikutip dari CNN Indonesia melalui Times of India, berikut beberapa bahan kosmetik yang perlu dihindari ibu hamil.

1. Jenis Paraben

Kosmetik berbahan paraben berbahaya untuk ibu hamil
Ilustrasi Kosmetik Berbahan Paraben/pexels.com

Paraben merupakan kandungan yang cukup banyak ditemukan di berbagai produk berupa krim, lotion dan sabun, bahan ini sebenarnya berguna untuk menghilangkan bakteri dan jamur.


Namun, bahan ini juga terkenal berbahaya untuk semua orang bukan hanya ibu hamil. Untuk ibu hamil sendiri, penggunaan kosmetik berbahan paraben bisa menyebabkan kelahiran prematur dan menghambat perkembangan otak pada janin.

2. Produk Pemutih

Skincare Berbahan Hidrokuinon berbahaya untuk ibu hamil
Ilustrasi Skincare Berbahan Hidrokuinon / pexels.com


Salah satu bahan berbahaya yang biasa ditemukan dalam produk pemutih adalah hidrokuinon. Biasanya bahan ini terdapat pada produk pemutih berjenis krim, lotion dan serum.

Adapun bahayanya hidrokuinon untuk ibu hamil adalah bahannya yang menyebabkan alergi esktrem yang bisa mengganggu kesehatan janin.

3. Tabir Surya

Sunscreen berbahan avobenzone dan oxybenzone berbahaya untuk ibu hamil
Ilustrasi sunscreen berbahan avobenzone dan oxybenzone / pexels.com


Bahan pada tabir surya seperti avobenzone dan oxybenzone juga termasuk ke dalam bahan yang berbahaya untuk ibu hamil. Dalam sebuah studi ditemukan bahwa dua bahan ini bisa menyebabkan gangguan hormon.

Oxybenzone diketahui sebagai pengganggu endokrin dan berbahaya untuk kekebalan tubuh dan sistem saraf.  Sedangkan avobenzone yang dapat melepaskan radikal bebas juga bisa meningkatkan risiko kanker kulit.

4. Obat Jerawat

Kandungan obat jerawat yang berbahaya untuk ibu hamil
Ilustrasi Obat Jerawat / pexels.com

 

Dengan formula yang cukup kuat untuk memerangi jerawat, terdapat beberapa bahan obat jerawat yang berbahaya untuk ibu hamil. Kandungan seperti accutane, asam salisilat, isotretinoin, retinoid, serta tetrasiklin dapat menghambat perkembangan janin dan memicu kecacatan. Penggunaannya harus dikonsultasikan dengan konsultasi dokter.

5. Minyak Esensial

Kandungan minyak essential yang berbahaya untuk ibu hamil
Ilustrasi minyak essential / pexels.com

Meski terkenal dengan bahan yang alami, ada beberapa kandungan herbal yang memberikan efek samping pada janin. Salah satunya adalah minyak melati yang memicu kontraksi dan rosemary yang bisa meningkatkan tekanan darah. Sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter jika ibu hamil ingin menggunakan minyak essential.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id