sign up SIGN UP

MAKE-UP

Supaya Hasilnya Mulus, Begini Cara Pakai Makeup Saat Kulit Sedang Kering dan Mengelupas

Agatha Kharisma | Senin, 29 Jan 2018 06:00 WIB
Supaya Hasilnya Mulus, Begini Cara Pakai Makeup Saat Kulit Sedang Kering dan Mengelupas
caption
Masa depan nggak pernah bisa ditebak. Tahu-tahu saja, banyak undangan dan event yang mewajibkan kamu tampil dalam make up lengkap meskipun dengan make up natural, padahal kondisi kulit sedang nggak oke. Bukan fakta baru kalau kulit yang kering dan mengelupas, membuat riasan jadi kurang flawless. Tenang, ada trik mudah untuk mengatasinya, nggak pakai mahal!



Hindari Produk Drying dan Mattifying
Sebagai langkah pertama mencegah kulit kering dan mengelupas, kamu wajib menghindari produk-produk drying yang mengandung alkohol maupun produk-produk yang memberi efek mattifying. Meskipun kulitmu berminyak, pemakaian kedua jenis produk ini bisa membuat kulit berminyak sekalipun jadi tambah kering dan dehidrasi.
 


Foto: https://girlwithcurves.com/

 
 
Exfoliate!
Kunci dari make up natural adalah kanvas yang baik, jadi kondisi kulit harus prima. Kulit kering, mengelupas dan kusam disebabkan oleh penumpukan sel kulit mati yang berlebihan. Manfaatkan produk-produk skin care yang membantu mengeksfoliasi sel kulit mati secara lembut. Setelah itu, pakai produk-produk hydrating biar sel kulit yang baru terjaga kondisinya.

Toner – Hal sederhana seperti mengusapkan toner dengan bantuan kapas lembut ternyata punya efek tambahan untuk menyingkirkan kulit kering, sekaligus mengembalikan kadar air dalam kulit.

Exfoliating Toner – Produk exfoliating toner seperti Pixi Glow Tonic mengandung alpha hydroxy acid untuk meluruhkan sel kulit mati, tanpa perlu physical exfoliation yang kasar.

AHA – Buat yang sudah pro dan akrab dengan chemical exfoliation, kamu dapat memanfaatkan produk-produk yang mengandung gentle acids seperti lactic acid.
 


Foto: https://www.beautyglimpse.com/



Pilih Produk Hydrating
Tahu nggak, kalau kulit mengelupas juga bisa menjadi pertanda kulit dehidrasi? Jadi, kulit mengelupas bukan masalah jenis kulit kering saja, namun bisa dialami oleh semua jenis kulit. Supaya make up natural tetap oke, atasi dengan produk-produk hydrating yang mengandung glycerin, hyaluronic acid, maupun sodium hyaluronate.



Foto: https://www.pinterest.com/

 
 
 
7 Skin Method
Penggemar skin care Korea pasti pernah dengar teknik merawat kulit yang satu ini. Langkah-langkahnya mudah, yaitu menepuk-nepukkan hydrating toner sebanyak tiga hingga tujuh lapis. Dengan cara ini, kulit seolah ‘dipaksa’ menyerap kadar air dan nutrisi dari hydrating toner, sehingga terbebas dari rasa kering serta mengelupas.
 


Foto: https://www.nylon.com.sg/

 
 
Beautyblender
Saat kulit sedang kering dan mengelupas, menggunakan Beautyblender atau makeup sponge akan membantumu mendapatkan hasil make up natural. Pasalnya, makeup brush bisa membuat kulit yang mengelupas terlihat semakin jelas, lho.
 


Foto: https://makeup.allwomenstalk.com/



Produk Jenis Cream
Ingin make up natural saat kulit kering dan mengelupas? Solusinya ada pada produk-produk tata rias seperti foundation, blusher dan contour yang berbentuk cair atau cream, Beautynesian. Selain memberi hasil alami, produk jenis cair dan cream tak akan mempertegas tekstur kulit. Bayangkan saja, bagaimana hasilnya bila kulit yang mengelupas dirias dengan powder foundation dan powder blush. Terlihat makin kering, bukan?
 


Foto: https://www.bustle.com
(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id