sign up SIGN UP

MAKE-UP

Tips Kenali Produk Kosmetik Sehat yang Sehat dan Aman

kotakisti | Jumat, 22 Jan 2021 18:30 WIB
Tips Kenali Produk Kosmetik Sehat yang Sehat dan Aman
caption

Industri kosmetik seakan tidak ada matinya untuk menghasilkan produk terpercaya bagi konsumen. Pun demikian, Ladies wajib waspada dalam memilih make-up yang akan digunakan,  terutama untuk pemilik kulit sensitif. Nah, jika ingin mendapatkan wajah sehat, tentunya harus memilih produk kosmetik yang sehat juga. Agar mudah dalam memilih, berikut tips kenali produk kosmetik sehat untuk kesehatan dan aman untuk digunakan. Check this out!

Pilih Produk Sesuai Kebutuhan Kulit Wajah 

Skin Types/Sumber:instagram.com/babeandbeauty
Skin Types/Sumber:instagram.com/babeandbeauty

Setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda. Ada yang berminyak, kering, normal, kombinasi, dan sensitif. Agar kosmetik sesuai dan menyehatkan kulit, hal pertama yang perlu Ladies lakukan adalah menyesuaikan produk sesuai dengan kebutuhan kulit wajah.

Jika tidak sesuai kebutuhan, kulit cenderung mengalami masalah, mulai dari beruntusan hingga jerawat. Cara untuk mengenali jenis kulit juga sangat mudah. Salah satunya dengan menjalani pemeriksaan ke dokter kulit. 

Periksa Kandungan Produk Pilihan

Produk Kosmetik/Sumber:Freepick.com
Produk Kosmetik/Sumber:Freepick.com

Sudah temukan produk yang sesuai dengan jenis kulit Ladies? Selanjutnya periksa kandungan produk tersebut. Kamu bisa cek di bagian kemasan untuk mengetahui produk bebas dari bahan berbahaya, atau tidak. Beberapa bahan berbahaya yang biasa ditemukan dalam kosmetik, antara lain Hydroquinone, Tretinoin, Merkuri, Sodium Lauryl Sufate (SLS), Ammonium Lauryl Sulfate (ALS), Propylene Glicol, Isopropyl Alcohol, DEA (Diethanolamine), TEA (Triethanolamine) dan MEA (Monoethanolamine). Sebaiknya, hentikan pemakaian jika produk kosmetik kamu mengandung bahan berbahaya tersebut, ya!

Periksa Nomor BPOM Produk Kosmetik

Social Media BPOM/Sumber: instagram.com/bpom_ri
Social Media BPOM/Sumber: instagram.com/bpom_ri

Salah satu cara mengenali produk sehat atau tidak dengan melihat kosmetik adalah dengan melihatnya sudah terdaftar dalam BPOM atau belum. Biasanya produk kosmetik sudah terdaftar BPOM ditandai dengan nomor registrasi pada kemasan produk kosmetik. Namun, untuk mengetahui keabsahan nomor tersebut, kamu juga perlu mengecek nomor registrasinya.

Cara untuk cek nomor registrasi BPOM sangatlah mudah. Ladies bisa mauk ke situs resmi BPOM, kemudian masukan nomor registrasi yang tercantum di kemasan produk. Jika tersedia, sesuaikan nama dan merek produk kosmetik Ladies dengan yang tertera pada situs BPOM. Langkah ini untuk menghindari dari penjual nakal yang menggunakan nomor BPOM palsu.

Periksa Tanggal Kadaluarsa

Kadaluarsa pada kosmetik/Sumber: instagram.com/brinelav
Kadaluarsa pada kosmetik/Sumber: instagram.com/brinelav

Berikutnya untuk mengetahui produk aman dan sehat untuk tubuh adalah memeriksa tanggal kadaluarsa. Jika produk kosmetik kamu sudah lewat batas aman penggunaan, hentikan pemakaian dan buang produk make-up Ladies. Tidak hanya pada tanggal saja, expired produk kosmetik terbilang sangat unik. Terutama jika alat make-up sudah cukup lama dibuka, meskipun tidak digunakan.

Beberapa produk masih terbilang aman digunakan dalam waktu 12 bulan. Tapi ada beberapa yang sudah tidak layak untuk digunakan hanya dalam kurun waktu 6 sampai 8 bulan. Jika ragu untuk mengetahui produk kadaluarsa, Ladies bisa periksa apakah make-up mengalami perubahan atau tidak.

Nah, itulah beberapa tips untuk mengenali produk kosmetik sehat atau tidak. Cara di atas sangatlah penting, apalagi jika Ladies sering gonta-ganti produk. Selamat mencoba dan jangan lupa untuk hidup sehat, ya!

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id