sign up SIGN UP

MAKE-UP

Tips Makeup Aman Saat Berjerawat

diah zaenab | Minggu, 17 Jul 2016 10:00 WIB
Tips Makeup Aman Saat Berjerawat
caption
Ketika wajah dipenuhi jerawat mungkin terasa serba salah saat harus mengenakan makeup. Meski sedang berjerawat, kamu masih bisa mengenakan makeup namun, sebaiknya gunakan saat acara tertentu saja. Agar tetap terasa nyaman dan aman mengenakan makeup, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan. Yuk, simak tipsnya berikut ini!

1. Scrubbing Wajah


Sebelum ber-makeup, sebaiknya lakukan pembersihan pada wajah secara maksimal. Lakukan scrubbing menggunakan produk facial scrub atau scrub yang kamu buat sendiri menggunakan bahan alami seperti gula dan minyak zaitun. Aplikasikan pada wajah untuk mengangkat sel kulit mati dan kotoran. Setelah itu, bersihkan wajah sampai bersih kemudian keringkan.
Foto: https://cantiksehatgue.blogspot.co.id/2015/10/cara-membuat-scrub-gula-untuk-memutihkan-wajah.html

2. Face Primer


Jika wajah sudah kering, lanjutkan dengan face primer. Face primer berguna untuk membuat makeup menjadi tahan lama sekaligus meratakan warna kulit dan membantu menutupi warna kemerahan pada jerawat. Jika kulit wajah cenderung berminyak, pilihlah yang oil-free dan memiliki tekstur yang ringan. Aplikasikan ke seluruh wajah secara merata.
Foto: https://www.beautyglimpse.com/8-best-primers-oily-acne-prone-skin-available-india/

3. Foundation


Foundation tetap perlu digunakan meski wajah sedang berjerawat. Pilihlah foundation yang oil-free, non comedogenic, dan bertekstur ringan. Aplikasikan foundation secara tipis saja ke seluruh wajah. E.l.f. Acne Fighting Foundation bisa kamu jadikan pilihan sebagai alas bedakmu.
Foto: https://wolipop.detik.com/read/2015/02/23/163204/2840490/1139/6/editors-choice-rekomendasi-5-alas-bedak-untuk-pemilik-kulit-berjerawat#picmp

4. Concealer


Jika jerawat belum tertutup sempurna, saatnya mengandalkan concealer untuk menutupinya. Gunakan pada bagian yang berjerawat saja dengan cara ditepuk-tepuk lembut menggunakan jari tangan. Untuk warna concealer, kamu bisa menggunakan warna yang satu tingkat lebih cerah dari warna kulit. Aplikasikan concealer hingga jerawat tertutup sempurna.
Foto: https://www.cosmopolitan.co.id/article/read/12/2015/9425/5-concealer-yang-aman-untuk-menutupi-jerawat

5. Bedak Tabur


Taburkan bedak ke seluruh wajah untuk menyempurnakan tampilan makeup. Jika wajah berminyak, hindari penggunaan bedak padat dan sebaiknya pilih bedak tabur. Bedak tabur berguna untuk menyerap kelebihan minyak di wajah dan memiliki tekstur yang lebih ringan. Jika tetap ingin menggunakan bedak padat seperti compact powder, pililah yang khusus untuk kulit berjerawat, sepertiĀ Inez Translucent Acne Care Face Powder.
Foto: https://www.bukalapak.com/p/personal-care/produk-kecantikan/make-up/12f85l-jual-inez-translucent-acne-care-face-powder?from=list-product

6. Blush On


Untuk penggunaan blush on, hindari menggunakan blush on berbentuk krim dan mengandung shimmer. Blush on jenis ini dapat membuat jerawatmu semakin terlihat. Gunakan saja blush on bertekstur powdery dengan hasil akhir yang matte.
Foto: https://resveralife.com/resveralife-look-well-makeup-tips-acne-prone-skin-vine-vera-reviews/
Itu dia 6 tips ber-makeup untuk wajah berjerawat. Kamu tinggal menambahkan makeup mata dan penggunaan lipstick. Setelah beraktifitas, penting untuk membersihkan wajah secara maksimal hingga sisa kotoran atau bahan kimia dari makeup benar-benar terangkat dari kulit wajah.
Semoga bermanfaat!
(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id