sign up SIGN UP

MAKE-UP

Tips Memaksimalkan Hasil Makeup untuk Menutupi Jerawat

Astari Dewi Larasati | Minggu, 18 Apr 2021 18:30 WIB
Tips Memaksimalkan Hasil Makeup untuk Menutupi Jerawat
caption
Jakarta -

Untuk mendapatkan kulit halus dan bebas jerawat, wanita perlu melakukan rangkaian skincare. Mulai dari cleansing, toning, moisturizing, hingga perawatan lainnya. Namun, masih saja ada tamu tidak diundang atau jerawat. Disinilah makeup akan membantu menyamarkan jerawat pada wajah.

Wanita juga tidak bisa sembarangan untuk menutupi jerawat tanpa mengetahui teknik. Karena setiap jenis jerawat mempunyai cara yang berbeda. Untuk mendapatkan hasil makeup yang maksimal, bisa mengikuti cara menutupi jerawat sesuai jenis.

Blackheads

Biasanya kondisi pori-pori menjadi gelap dan tersumbat.
Pinterest/naturalliving

Biasanya kondisi pori-pori menjadi gelap dan tersumbat. Cara menutupinya, pertama oleskan primer dengan bahan penghalus seperti bahan dasar air. Gunakan medium liquid foundation dan tidak perlu terlalu banyak. Lalu pakai brush halus untuk blending dengan gerakan melingkar. Cara ini akan lebih mudah untuk mengaplikasikan lapisan yang lebih tipis dan menciptakan cakupan yang diinginkan.

Whiteheads

Terlihat seperti benjolan kecil dengan bintik putih.
Freepik.com

Terlihat seperti benjolan kecil dengan bintik putih. Hal pertama yang dilakukan adalah jangan memecahkan jerawat, karena dapat menginfeksi area tersebut dan menyebabkan jerawat besar hingga infeksi serius. Sebagai gantinya, rawat kulit dengan spot treatment.

Gunakan thicker liquid foundation dengan coverage medium. Pilih kandungan yang menenangkan antibakteri sekaligus menyembuhkan. Oleskan dengan tangan bersih lalu sebarkan  ke seluruh wajah untuk mengurangi kemerahan.

Cysts

Terlihat besar, merah, dan menonjol tepat dibawah kulit.
Freepik.com

Terlihat besar, merah, dan menonjol tepat di bawah kulit. Pertama siapkan kulit dengan chemical exfoliation untuk menghilangkan sel kulit mati di permukaan. Pilih produk yang menenangkan dan pelembap agar membantu menghaluskan tekstur kulit sehingga foundation lebih menempel. Bisa juga mengaplikasikan color correcting dengan warna hijau di spot merah. Jika tidak terlalu tersamarkan bisa tambahkan warna kuning.

Meskipun sulit untuk mengatasi tekstur jerawat ini, namun bisa diatasi dengan foundation yang buildable. Gunakan beauty blender dengan gerakan tapping untuk memasukkan produk ke dalam kulit. Tunggu lima menit hingga hasilnya matte, akhiri dengan finish powder untuk lebih tertutupi. Aplikasikan bedak hanya di tempat yang diperlukan dengan memakai beauty blender basah.

Tiny red bumps

Papula kecil berwarna merah di kulit.
Freepik.com

Papula kecil berwarna merah di kulit. Pakai color correcting untuk mengurangi kemerahan, aplikasikan dengan kuas sintesis datar untuk mendapatkan cakupan maksimal. Oleskan cream foundation atau stick foundation dengan memakai spons agar hasil natural.

Hyperpigmentation

Warna cokelat datar tertinggal setelah jerawat mereda.
Freepik.com

Warna cokelat datar tertinggal setelah jerawat mereda. Pertama pakai primer terlebih dahulu yang membersihkan kesan halus pada kulit. Gunakan full coverage foundation tapi jangan berlebihan. Celupkan sikat serat duo ke dalam foundation dan usapkan, alih-alih menggosokannya. Dari sini akan memungkinkan udara masuk ke foundation agar lebih menempel.

Textured scars

Memberikan kesan cekungan kecil atau permukaan di wajah.
Freepik.com

Memberikan kesan cekungan kecil atau permukaan di wajah. Pertama, bersihkan kulit dan pastikan tidak ada sama sekali pelembap atau produk kulit lainnya. Aplikasikan toner agar tidak ada minyak menempel, lalu primer untuk mempersiapkan kulit lebih halus. Oleskan mineral powder foundation untuk meratakan warna kulit. Isi cekungan kulit menggunakan topical filler agar bekas luka tersembunyi.

Lakukan tapping selama 20 hingga 40 detik. Kemudian segera pakai thick foundation sehingga menutupi cekungan pada wajah. Set dengan bedak jika memiliki kulit berminyak dan setting spray jika memiliki kulit kering. Tidak perlu khawatir menambah berat makeup karena transparan dan bekerja pada setiap warna kulit.

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id