sign up SIGN UP

MAKE-UP

Tips Memilih Foundation untuk Pemula

Agatha Kharisma | Minggu, 31 Jul 2016 02:00 WIB
Tips Memilih Foundation untuk Pemula
caption
Banyaknya produk tata rias yang ada sering kali membingungkan bagi para pemula. Salah satu persoalan utama adalah memilih foundation dengan warna dan formulasi yang sesuai untuk kulit. Jika salah memilih foundation, riasan justru menjadi kurang menarik. Jangan khawatir, ada beberapa tips yang dapat kamu gunakan untuk memilih foundation.

1. Kenali Kebutuhan Kulit


Sebelum membeli foundation, coba pikirkan dulu kebutuhan kulitmu. Apakah warna kulitmu tidak merata, kemerahan, atau banyak bekas jerawat? Mungkin kamu akan membutuhkan foundation yang medium coverage hingga full coverage. Sebaliknya, kalau kulitmu cenderung tidak bermasalah, kamu cukup menggunakan foundation dengan light coverage hingga medium coverage.

Jika kamu baru belajar makeup, sebaiknya kamu memilih produk-produk yang kamu butuhkan terlebih dahulu. Jadi tidak perlu terburu-buru memilih, ya.
 


2. Sesuaikan Foundation dengan Jenis Kulit


Supaya riasan tahan lama, foundation yang kamu pilih sebaiknya sesuai dengan jenis kulitmu. Apabila kulitmu berminyak, pastikan kamu memilih foundation dengan oil control yang baik. Sementara apabila kulitmu normal atau kering, menggunakan foundation dengan oil control yang baik justru dapat membuat kulitmu semakin kering dan terasa tidak nyaman. Untuk mencari informasi, kamu dapat membaca ulasan tentang produk tersebut.
 


Foto: https://kissablecomplexions.com/2013/08/the-right-fit-foundation.html

3. Pilih Warna Foundation yang Paling Sesuai dengan Warna Kulit


Tergoda membeli foundation dengan warna yang lebih terang, dengan tujuan agar kulitmu terlihat lebih cerah? Jangan! Bukannya terlihat lebih cerah, wajahmu justru akan terlihat putih pucat dan seperti memakai topeng. Pastinya tidak natural, bukan?

Setelah menentukan kebutuhan dan jenis kulit, pilih tiga atau empat warna yang paling mendekati warna kulitmu. Oleskan di sekitar rahang hingga ke bagian leher. Tujuan memakai foundation adalah meratakan warna kulit. Jadi, warna foundation sebaiknya tidak berbeda jauh dengan warna leher. 

Pilih foundation yang warnanya paling sesuai dengan warna kulit wajah dan leher. Pada gambar berikut, warna foundation yang paling sesuai adalah swatch kedua dari kiri.
 


Foto: https://gimmesomemo.com/2014/06/18/tips-for-picking-out-the-right-foundation/

4. Coba Sebelum Membeli


Sebagai pemula, sebaiknya kamu mencoba dulu foundation sebelum membeli. Di gerai resmi, disediakan tester untuk setiap warna foundation yang dijual, sehingga kamu dapat mencoba langsung dan memastikan warna serta jenis foundation yang paling sesuai dengan keinginanmu.

Selain coverage, jenis kulit, dan warna foundation, ada beberapa kriteria lain yang perlu diperhatikan, apakah foundation tersebut nyaman digunakan dan tidak menimbulkan reaksi negatif, atau foundation akan membuat kulit berubah warna dan sebagainya. 
 


5. Perhatikan dalam Berbagai Macam Pencahayaan


Pencahayaan di gerai makeup atau di dalam mall tidak selalu menunjukkan warna foundation secara akurat. Coba lihat warna foundation yang kamu pilih di bawah sinar matahari langsung, untuk memastikan apakah warnanya benar-benar sesuai yang kamu inginkan.  
 

6. Minta Bantuan Sales Assistant


Merasa kewalahan? Sampaikan kriteria foundation yang kamu inginkan pada sales assistant. Akan tetapi, kamu tidak perlu takut untuk menolak kalau produk yang ditawarkan belum sesuai dengan keinginanmu. Jangan lupa untuk tetap memeriksa foundation di bawah sinar matahari langsung, ya.

 


Foto: https://www.cinemabeach.com/11-last-minute-christmas-makeup-sales-to-help-you-finish-up-that-shopping-list/

7. Foundation Bagus Tidak Harus Mahal atau Produk Terbaru


Tidak perlu memaksakan diri membeli foundation yang di luar budget, atau membeli foundation keluaran terbaru. Teknologi memang semakin maju, namun belum tentu mampu memberikan apa yang kamu butuhkan.
 


(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id