sign up SIGN UP

MAKE-UP

Tips Memilih Makeup Bagi Kulit Rentan Berjerawat

Penny Fatikasari | Kamis, 23 Jul 2020 16:00 WIB
Tips Memilih Makeup Bagi Kulit Rentan Berjerawat
caption

Permasalahan kulit berjerawat memang kerap membuat wanita menjadi jengkel. Si mungil berwarna merah ini terkadang membuat tampilan kulit wajah menjadi terganggu dan membuat kurang percaya diri. Namun, kamu nggak perlu khawatir, karena masalah kulit yang rentan berjerawat dapat diatasi jika tepat diatasi dengan tips memilih make up berikut ini!

Ketahui Penyebab Munculnya Jerawat

ketahui penyebab munculnya jerawat
Ketahui Penyebab Munculnya Jerawat/Freepik.com

Biasanya beberapa spot pada permukaan wajah dapat diketahui gejala dan penyebabnya, lho! Jika penyebab munculnya jerawat berada diseluruh permukaan kulitmu maka bisa disebabkan oleh penggunaan jenis produk make up yang kurang tepat.

Selain itu pemilihan pembersih wajah yang tak dapat mengangkat kotoran secara menyeluruh juga menyebabkan pori-pori kulit menjadi tersumbat dan bakteri yang muncul menyebabkan timbulnya jerawat. Tak hanya itu selain makeup ternyata pola hidup yang kurang sehat pun dapat menyebabkan munculnya jerawat membandel. Wah, waspadai hal ini ya Ladies?


Pilih Produk yang Memiliki Kandungan Oil-Free

produk dengan kandungan oil free
Pilih Produk dengan Kandungan Oil Free/Freepik.com

Masalah kulit yang berjerawat tentunya juga dimiliki oleh sebagian wanita yang memiliki kulit oily atau berminyak. Maka dari itu sebaiknya, disarankan untuk memilih produk make up atau skincare yang memiliki kandungan oil-free.

Hindari juga produk dengan kandungan minyak berlebih. Tak hanya itu kamu pun bisa memilih jenis foundation dengan tekstur matte dibandingkan dengan foundation yang memberikan hasil dewy.

Hindari Kandungan Make Up Oklusif dan Beralkohol

hindari kandungan okslusif dan beralkohol
Hindari Kandungan Okslusif dan Beralkohol/Freepik.com

Tips selanjutnya bagi kamu pemilik kulit yang rentan berjerawat disarankan untuk menghindari produk make up yang bersifat oklusif yang dapat memperparah timbulnya jerawat seperti dan menghambat penguapan air di wajahmu, seperti phthalates, paraffin wax, maupun mineral oil phthalates. Hindari kandungan makeup atau skincare yang mengandung alkohol.

Pilih Produk dengan Kandungan Mineral

pilih dengan kandungan mineral
Pilih Produk dengan Kandungan Mineral/Freepik.com

Ladies, sebaiknya kamu hindari dulu produk make up yang mengandung SPF di dalamnya, hal ini justru dapat memicu kulit menjadi rentan berjerawat, namun kamu dapat menggantinya dengan produk make up yang mengandung mineral agar dapat mengurangi iritasi kulit.

Pilihlah produk make up yang mengandung mineral yang kaya akan zinc maupun titanium dioksa yang dapat berperan sebagai anti inflamasi bagi perlindungan kulit yang berjerawat.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id