sign up SIGN UP

MAKE-UP

Tips Mencegah Penyebaran Virus melalui Produk Kecantikan

Anggiputriw | Minggu, 05 Apr 2020 09:30 WIB
Tips Mencegah Penyebaran Virus melalui Produk Kecantikan
caption
Virus Corona telah menginfeksi lebih dari 1000 orang di Indonesia. Angka kematian akibat virus tersebut juga terus meningkat. Fakta ini semakin mendukung berbagai upaya pencegahan. Salah satunya yaitu mencegah virus melalui produk kecantikan. Peralatan makeup dipercaya bisa menjadi salah satu sumber penularan virus. Karena itulah, terapkan beberapa tips di bawah ini agar tetap aman menggunakan produk kecantikan.

1. Jangan Berbagi Makeup




Foto: Istimewa

Berbagi makeup selama ini sering dianggap hal yang biasa. Namun sekarang kebiasaan tersebut harus dihindari karena bisa menjadi sarana penularan virus berbahaya. Alat makeup yang dipakai banyak orang rentan terpapar virus pada permukaannya. Meski tidak semua orang terinfeksi virus berbahaya tersebut, tapi cara ini mulai bisa dibiasakan untuk meminimalisir penyebaran virus.


2. Beli Makeup secara Online




Foto: Istimewa

Sekarang Indonesia sedang menerapkan social distancing yang artinya larangan untuk berkumpul, mendatangi keramaian dan menghindari kontak langsung dengan orang lain. Larangan ini tentu akan menyulitkan jika sedang ingin membeli produk kecantikan. Tenang, kamu bisa memanfaatkan berbagai akses untuk belanja online. Dengan membeli produk kecantikan secara online, kamu bisa mencegah penularan virus.
 


3. Hindari Memakai Produk Tester




Foto: Istimewa

Memang tidak semua tempat saat ini ditutup. Masih ada beberapa tempat belanja atau toko yang beroperasi. Jika kamu membeli produk kecantikan di sebuah toko, hindari untuk memakai produk tester. Produk tester tentu telah dicoba oleh banyak orang sehingga sangat mungkin virus atau kuman menempel di produk tersebut. Sebagai solusinya, kamu bisa lebih dulu mencari tahu melalui ulasan tentang produk yang akan dibeli.
 



4. Jangan Beli Produk Preloved




Foto: Istimewa

Produk kecantikan preloved banyak diburu karena harganya jauh lebih murah. Produk kecantikan preloved adalah produk bekas pakai yang sudah berkurang isinya. Tapi untuk saat ini, jangan dulu tergiur untuk membeli produk kecantikan preloved meski harganya menggiurkan. Karena tidak akan ada yang bisa menjamin kebersihan produk tersebut.
 


5. Cuci Tangan Sebelum Pakai Makeup




Foto: Istimewa

Cuci tangan sangat penting untuk dilakukan dalam upaya pencegahan virus saat ini. Namun bukan berarti cuci tangan hanya perlu dilakukan setelah beraktivitas atau sebelum makan saja. Sebelum mengaplikasikan makeup, kamu juga harus pastikan tangan bersih. Cuci tangan dengan sabun dan melalui langkah-langkah yang tepat merupakan langkah nyata untuk menjaga kesehatan dan menekan perkembangan virus.
 


6. Cuci Alat Makeup secara Rutin




Foto: Istimewa

Tidak hanya mencuci tangan sebelum menggunakan makeup, alat-alat makeup juga harus rutin dibersihkan. Paling tidak pembersihan harus dilakukan setelah alat-alat makeup dipakai. Kamu bisa mencuci alat-alat tersebut dengan sabun dan di bawah air mengalir. Cara ini harus sering dilakukan mengingat alat-alat kecantikan sering dipegang dan selalu digunakan untuk wajah.
 


(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id