sign up SIGN UP

MAKE-UP

Tips Menjaga Kebersihan Kosmetik

diah zaenab | Rabu, 06 Apr 2016 05:00 WIB
Tips Menjaga Kebersihan Kosmetik
caption
Agar tetap aman dalam menggunakan kosmetik, tidak hanya menyesuaikan dengan jenis kulit, memperhatikan tanggal kedaluarsa, atau memperhatikan kandungan yang terdapat di dalamnya saja. Kosmetik yang kita gunakan, juga harus terjaga kebersihannya. Hal ini bertujuan agar koleksi kosmetik kita tidak mudah kotor atau terkontaminasi jamur. Jika sudah kotor dan terkontaminasi oleh bakteri ataupun jamur, maka produk kosmetik sudah tidak aman lagi digunakan karena dapat menimbulkan berbagai masalah pada kulit. Nah, berikut ini beberapa tips yang bisa kamu ikuti untuk menjaga kebersihan kosmetik.
Bakteri dan jamur dapat bersarang di mana saja, termasuk pada produk kosmetik. Tidak mau, kan, jika kosmetik favoritmu tidak bisa digunakan kembali karena berubah warna atau bau akibat terkena jamur atau bakteri? Agar terhindar dari masalah alergi atau masalah lain yang disebabkan karena kosmetik yang kurang bersih, ada beberapa tips mudah yang bisa kamu praktikkan.
Foto: https://www.solopos.com/2015/07/28/info-kesehatan-awas-5-bahan-berbahaya-intai-kosmetik-anda-627682
1. Pastikan tangan dalam keadaan bersih sebelum mengaplikasikan kosmetik. Kamu bisa mencuci tanganmu telebih dahulu sebelum mengaplikasikan makeup.
2. Selanjutnya, perhatikan pula kondisi aplikator makeup setelah mengaplikasikan makeup. Jika aplikator sudah sangat kotor, sebaiknya segera kamu cuci sampai bersih lalu keringkan. Namun, jika kamu jarang menggunakan aplikator makeup, kamu juga harus tetap rajin mencucinya minimal satu minggu sekali.
Foto: https://cambon.id/ragam-aplikator-make-up-foundation/
3. Khusus untuk kosmetik yang berbentuk krim atau dikemas di dalam kemasan berbentuk jar, gunakanlah sendok untuk mengambilnya. Karena jika menggunakan tangan, khawatir akan ada bakteri yang masuk ke dalamnya. Dan jangan lupa untuk mencuci sendok setelah digunakan hingga bersih.
Maskara merupakan item kosmetik yang paling cepat mengalami kerusakan. Kamu hanya bisa menyimpan maskara maksimal selama 3-6 bulan saja setelah pertama kali digunakan.
Foto: https://blog.evoucher.co.id/2013/12/cara-instant-untuk-membersihkan-maskara.html
2. Batas penyimpanan foundation yaitu 3-6 bulan.
Setelah membuka segel atau menggunaknnya, foundation yang kamu miliki hanya bisa kamu simpan maksimal 3-6 bulan saja. Itupun jika foundation tidak mengalami kerusakan seperti berubah warna, tekstur, dan bau. Jika sudah rusak, sebaiknya ganti foundationmu dengan yang baru.
Foto: https://antiketombe.clear.co.id/men/jenis-foundation-untukmu-d4ad9d1.html
3. Kamu bisa menyimpan eyeshadow, bronzer, dan blush, selama 1-2 tahun.
Berbeda dengan maskara dan foundation, riasan mata ini dapat lebih lama kamu simpan. Namun pastikan kembali bahwa tidak ada tanda-tanda kosmetik terkontaminasi jamur atau bakteri, ya.
Foto: https://favim.com/image/3023817/
4. Lipstik, lipgloss, lip liner, dan eyeliner dapat kamu simpan selama 1-2 tahun.
Lebih dari itu, sebaiknya tidak kamu gunakan lagi. Perhatikan pula tanggal kedaluarsa produk. Jika sudah melewati tanggal kedaluarsa, tidak ada alasan lagi untuk menggunakan item tersebut.
Foto: https://www.etv3.net/makeup-trends/makeup-bag-essentials-10-must-have-makeup-products-7114.html
(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id