sign up SIGN UP

Tukang Rias dan MUA, Apa Bedanya Sih? Yuk Cari Tahu di Sini!

Farah fitri | Rabu, 16 Jan 2019 09:45 WIB
Tukang Rias dan MUA, Apa Bedanya Sih? Yuk Cari Tahu di Sini!
caption
Jika dari nama sebutannya sudah berbeda, lalu apakah jobdescnya juga berbeda? Mending kita simak dulu yuk apa yang membuat mereka berbeda.

Tukang Rias dan MUA


Beberapa tahun yang lalu, jika ada kerabat kita yang menikah, pastinya akan memakai jasa perias dari salon yang menjual paket lengkap. Mulai dari dekorasi, makeup pengantin, orangtua mempelai, among tamu, pagar ayu, sampai ke buku tamu yang berasal dari satu vendor. Sangking lengkapnya, ada juga tukang rias yang menyewakan sound dan MC-nya sekaligus. Pada zaman itu belum ada tren yang namanya bridesmaid apalagi makeup artist (MUA). Saat itu MUA masih dipandang sebagai profesi langka yang hanya menangani artis-artis atau selebritas ternama saja, sesuai dengan namanya "makeup artist", 

Beda halnya dengan zaman now, profesi MUA sangat hits dan semakin menjamur seiring dengan berkembangnya tren beauty blogger dan vlogger. Varian makeup drugstore dan high-end semakin banyak , brand dari lokal maupun luar berlomba lomba untuk memperbanyak pilihan makeup . Di era konsumtif makeup inilah, banyak orang terutama kaum wanita, mengaku diri sebagai makeup artist jika bisa menggambar alis dengan sempurna.


Foto: Istimewa

Tukang rias atau biasa disebut perias adalah mereka yang belajar selama berbulan bulan bahkan tahunan untuk memahami secara detail cara membentuk alis, menata rambut, hingga tata cara rias pengantin tradisional yang sangat banyak detailnya. Untuk bekal skill, jelas para perias-perias ini patut diacungi jempol. Sebelum mereka sungguhan terjun ke lapangan sebagai perias profesional, mereka diharuskan menjalani semacam intership terlebih dahulu untuk mengasah skill dan jam terbang mereka.

Nah, Untuk MUA tidak seperti perias yang membutuhkan waktu belajar rias bertahun-tahun, para MUA umumnya banyak melakukan self development dalam mengembangkan kemampuan dalam merias wajah. Modalnya berani dan sedikit memiliki keahlian trik marketing, lalu foto yang badai untuk menghias fortopolionya di beberapa media sosial seperti instagram. Jika hal ini dilakukan secara terus menerus dan pantang menyerah  untuk belajar, para MUA ini akan menjadi MUA panutan yang sangat sibuk saking larisnya.
 


Viva Makeup


Foto: Istimewa

Nah, inilah brand makeup lokal yang sering digunakan para perias dan MUA untuk menunjang hasil makeup mereka. Viva mengeluarkan produk mulai dari lipstick, pensil alis, eyeshadow, eyeliner, foundation, dan bedak.


Sariayu Makeup


Foto: Istimewa

Brand lokal selanjutnya adalah Sariayu, brand ini juga memproduksi makeup lengkap dengan kualitas yang patut diacungi jempol


(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id