sign up SIGN UP

MAKE-UP

Warna Lipstikmu Juga Bisa Dicocokkan dengan Warna Kulit, Ini Rekomendasinya!

Nisrina Salsabila | Kamis, 07 Jan 2021 15:15 WIB
Warna Lipstikmu Juga Bisa Dicocokkan dengan Warna Kulit, Ini Rekomendasinya!
caption
Jakarta -

Menyenangkan bisa memiliki berbagai warna lipstik di meja riasmu. Tapi, apakah kebanyakan dari mereka sesuai dengan warna kulitmu?

Menemukan warna lipstik yang sempurna, tanpa terlihat terlalu terang, pucat atau kusam dapat membuatmu jauh lebih percaya diri sepanjang hari. Mengingat ada ribuan warna lipstik di luar sana yang muncul setiap tahun, rasanya sangat sulit untuk menentukan warna lipstik yang paling sesuai dengan jati dirimu. Kecuali, Ladies adalah salah satu dari mereka yang beruntung yang tampak hebat dalam balutan warna lipstik apapun.

Kunci untuk menemukan warna lipstik paling sesuai untuk menghiasi bibirmu adalah dengan mengetahui skin tone atau rona kulit kamu. Untuk mempermudah, simak terus artikel di bawah ini.

Lipstik untuk Warm Undertone (kuning, golden, dan peachy)

warna lipstik sesuai undertone kulit
Lipstik peachy nude, coral & medium pink cocok untuk warm undertone/Foto: https://glamour.com

Biasanya warna kulit orang Asia, termasuk Indonesia, memiliki skin tone ini. Orang dengan warm undertone mempunyai ciri-ciri menonjol berupa nadi pergelangan tangan berwarna hijau, warna kulitnya mudah berubah menjadi sawo matang, lebih cocok menggunakan perhiasan emas, biasanya memiliki warna mata cokelat, hazel atau amber serta warna rambut hitam, cokelat atau kemerahan.

Lipstik dengan warna hangat memiliki undertone kemerahan, peach, oranye, atau bahkan kekuningan. Oleh karena itu corak lipstiknya pun cenderung condong ke rona jingga, seperti coral, golden brown hingga cokelat hangat.

Sebagai pilihan, lipstik berwarna peachy pink, nude orange, oranye kemerahan, dan pink kemerahan/medium pink akan melengkapi keindahan warna kulit kamu. Jika kamu menyukai warna merah, pilihlah warna merah tua dengan hint cokelat agar wajahmu terkesan lebih hangat.  Sebaiknya hindari warna lipstik cokelat muda cool-toned yang malah memberikan kesan pucat pada wajah.

Lipstik untuk Cool Undertone (biru, merah atau pink)

warna lipstik sesuai undertone kulit
Kulit cool tone cocok dengan lipstik mauve, merah tua & ungu/Foto: https://glamour.com

Ciri khusus yang dimiliki orang-orang dengan undertone ini yakni urat nadinya terlihat berwarna biru, kulitnya mudah terbakar saat berjemur, cocok mengenakan perhiasan warna silver, dan juga berambut cokelat, hitam atau pirang dan bermata biru, hijau atau abu-abu.

Lipstik cool-toned memiliki warna dasar biru dan ungu. Untuk itu, carilah lipstik dengan rona biru seperti ungu plum, merah ceri, mauve, magenta, merah tua, dan ungu yang bisa membuat tampilanmu lebih fresh dan elegan saat dikenakan. Selain warna-warna itu, cobalah nuansa nude cokelat yang lebih ringan maupun coffee untuk memberi kesan yang hangat.

Akan tetapi, jauhi lipstik cokelat dengan hint oranye karena bisa membuat kulitmu terlihat kusam.

Lipstik untuk Neutral Undertone (memiliki warm dan cool undertone)

warna lipstik sesuai undertone kulit
Kulit netral cocok dengan warna lipstik apapun/Foto: Pinterest/bellina07

Orang Indonesia juga ada, loh, yang kulitnya tergolong neutral undertone. Secara khusus, urat nadi mereka berwarna hijau dan biru. Mereka juga tampak bagus saat mengenakan perhiasan warna emas maupun silver. Beruntungnya, pemilik warna kulit netral memiliki undertone dingin dan hangat. Jadi hampir semua warna lipstik di kedua rona sebelumnya akan tampak cocok di kulit netral.

warna lipstik sesuai undertone kulit
Range warna untuk warm dan cool undertone/Foto: https://minq.com

Penggolongan ini bukan berarti kamu tidak bisa mengenakan lipstik dengan kedua warna dasar warm dan cool. Tetapi, cara ini akan lebih memudahkanmu untuk menemukan rona terbaik dari dirimu, khususnya saat kamu berada di acara spesial.

Jadi, kamu termasuk tim warm, neutral atau cool undertone, nih, Ladies?

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id