sign up SIGN UP

Nggak Kalah Keren dengan Idol Korea, Ini Deretan Girl Group Asal Indonesia

ira syafira | Sabtu, 17 Jul 2021 15:15 WIB
Nggak Kalah Keren dengan Idol Korea, Ini Deretan Girl Group Asal Indonesia
Foto: Inilah Deretan 6 Girl Group Asal Indonesia/Instagram.com/starbeofficial

Industri hiburan Korea Selatan yang terkenal dengan industri musiknya, telah berhasil masuk dan menjadi pengaruh besar di Indonesia. Pasalnya, tren K-Pop kini menjadi inspirasi anak muda di Indonesia untuk membentuk sebuah girl group yang sama seperti idola mereka.

Indonesia memang dulunya sempat menjejaki era dimana boy band dan girl band menjadi sangat populer di masanya. Seiring waktu berlalu, tren tersebut akhirnya mulai tenggelam. Akan tetapi, seolah menjadi tanda kembalinya industri girl group saat ini, StarBe muncul menjadi salah satu girl group yang tengah banyak dibicarakan.

Tidak hanya StarBe, ada beberapa girl group lain yang nggak kalah keren nih, Beauties. Langsung kita bahas siapa aja mereka, yuk!

1. Glass

Foto: Glass/instagram.com/@dgbox_official
Foto: Glass/instagram.com/@dgbox_official

Glass merupakan girl group yang beranggotakan Triatona, Denise, PB, dan Eugine. Grup ini resmi debut pada 22 Januari 2021 dengan single berjudul "Mine". Nggak hanya bermodal paras yang cantik, keempat gadis ini juga dinilai sangat berbakat. Seluruh anggota dari grup ini merupakan jebolan ZPop Dream Indonesia 2019. 

ZPop Dream Indonesia sendiri merupakan cabang pencarian bakat asal Korea Selatan. Dari project yang dibuat, para peserta benar-benar dilatih keras layaknya seorang idol sungguhan. Untuk proses produksi project debutnya, semua anggota Glass memutuskan untuk terlibat langsung, mulai pembuatan lagu, MV, hingga promosi. Profesional banget ya, Beauties!

2. Girls Girls

Foto: Girls Girls/instagram.com/@aisyahaqilahh
Foto: Girls Girls/instagram.com/@aisyahaqilahh

Girl group satu ini merupakan group lokal pertama yang terbentuk lewat digital audition oleh label Sinjitos Collective. Audisinya nggak main-main, melibatkan sederet musisi ternama seperti Nino 'RAN', Anindita Saryuf, dan Vidi Aldiano.

Dari audisi tersebut, terbentuklah Girls Girls dengan empat anggota, yakni Aisyah Aqilah, Chintya Gabriella, Amanda Caesa, dan Fay Nabila. Pasti Beauties nggak asing dengan nama-nama anggota ini. Nah, untuk single pertamanya, mereka mengaransemen ulang lagu dari Reza Artamevia yang berjudul "Berharap Tak Berpisah" dan sempat menjadi viral.

3. StarBe

Foto: StarBe/instagram.com/@starbeofficial
Foto: StarBe/instagram.com/@starbeofficial

Berasal dari kota Bandung, Starbe adalah girl group yang berdiri di bawah naungan label Pro-M dan menjadi bagian STB Entertainment Agency. Mereka beranggotakan empat orang yang terdiri dari Shella, Chelsea, Kezia, dan Abelle. 

StarBe resmi debut pada Desember 2021, dan nama grup mereka terinspirasi dari harapan para anggota, yakni menjadi bintang di dunia musik Indonesia. Pada Maret 2021, StarBe telah mengeluarkan single ketiganya yang diberi nama "Time To Fly". Video dari single tersebut telah ditonton sebanyak 2,6 juta kali. 

4. Dream Girls

Foto: Dream Girls/instagram.com/@dreamgirlsindonesia
Foto: Dream Girls/instagram.com/@dreamgirlsindonesia

Dream Girls adalah grup yang terbentuk melalui kontes "Likee Star Idol" yang diadakan melalui aplikasi Likee di tahun 2021 ini. Grup ini dinilai memiliki konsep penampilan yang manis, ceria, dan youthful. Terlihat dari style mereka yang cenderung fun dan playful

Anggotanya sendiri terdiri dari lima personel, yakni Lady Jasmine sebagai leader, Aura Zakkaha sebagai main vocal, Kenenza Davelynne di bagian vokal, Salwa Andhara sebagai juru bicara, dan terakhir Haura Latifah sebagai seorang maknae atau anggota termuda. Untuk kamu yang pneasaran, bisa cek single debut mereka yang berjudul "Fallinf In Love".

5. Byoode

Foto: Byoode/instagram.com/@byoode_infonesia
Foto: Byoode/instagram.com/@byoode_infonesia

Byoode merupakan girl group yang tampil dengan konsep cukup unik, yakni menggambungkan dua genre musik antara dangdut dan K-Pop. Hal ini menjadi suatu suasana baru yang cukup menarik, bukan?

Girl group ini resmi debut pada bulan Oktober 2020, dan anggotanya merupakan para penyanyi dangdut dari ajang pencarian bakat dangdut di salah satu stasiun TV swasta. Mereka adalah Meli, Putri, Rara, Aulia, dan Nia. Single pertamanya rilis di bulan Ramadan 2021 dengan judul "Cinta Ramadan". Kemudian pada 25 Juni kemarin, Byoode merilis single lain yang bertajuk "Jangan Coba-Coba".

6. Silver Bells

Foto: Silver Bells/instagram.com/silverbells.id
Foto: Silver Bells/instagram.com/@silverbells.id

Nah terakhir, kita punya Silver Bells yang beranggotakan tiga orang, yaitu Dinda Prasetya, Licya Cendrasyca, dan Edilion Fernandita. Silver Bells baru saja melakukan debutnya pada 20 Juni 2021 lalu. Ketiga anggota ini dulunya tergabung dalam girl group yang sama, yakni Silver n Gold.

Konsep Silver Bells cukup berbeda dengan girl group lainnya, mereka lebih berfokus pada harmonisasi vokal yang dikemas dengan sedikit koreografi. Konsep ini tidak jauh beda dengan boyband BTOB asal Korea Selatan. 

Beauties, dari keenam girl group asal Indonesia di atas, mana yang menjadi favoritmu?

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id