sign up SIGN UP

MUSLIM

3 Cara Santun Menolak Kunjungan Idul Fitri di Tengah Pandemi Corona

Esra Dopita | Senin, 25 May 2020 05:00 WIB
3 Cara Santun Menolak Kunjungan Idul Fitri di Tengah Pandemi Corona
caption
Perayaan Idul Fitri kali ini berbeda dari sebelumnya lantaran di tengah pandemi virus corona,sehingga harus dirayakan di rumah bersama keluarga inti. Kita pun harus menyiapkan cara santun menolak kunjungan tamu ke rumah saat Lebaran agar tak tersinggung, bahkan sakit hati.

Idul Fitri tinggal hitungan hari. Sayangnya, berbeda dari Lebaran sebelumnya, Lebaran kali ini harus dirayakan di rumah lantaran pandemi virus corona. Aturan larangan berkumpul membuat kunjungan Idul Fitri atau open house bisa dilakukan seperti biasanya. Namun, bagaimana bila ada kerabat yang tetap ingin berkunjung? Lalu, bagaimana cara menolaknya agar tidak tersinggung? Nah, berikut ini cara santun menolak kunjungan Idul Fitri di tengah pandemi virus COVID-19.  


Beri Tahu Secara Baik




Foto: https://wolipop.detik.com/love/

Banyak orang yang sudah paham dengan kondisi pandemi virus corona saat ini. Ditambah pemerintah juga telah mengimbau untuk merayakan Idul Fitri di rumah. Meski demikian, ada saja beberapa orang yang nekat tetap merayakan Lebaran dengan berkumpul bersama keluarga besar.

Nah, kamu yang tak ingin bisa menghubungi atau memberitahu keluarga, kerabat, serta teman-teman beberapa hari sebelumnya bahwa kamu belum bisa menerima kunjungan tamu di rumah atau tidak mengadakan open house. Dengan begitu, mereka bisa membatalkan niat kunjungan ke rumahmu dan tak merasa tersinggung, bahkan sakit hati.


Virtual Silaturahmi




Foto: https://wolipop.detik.com/

Kecanggihan teknologi semakin memudahkan komunikasi. Sebagai alternatif, kamu bisa melakukan virtual silaturahmi untuk mengganti silaturahmi tatap muka. Kamu bisa melakukan video call berkelompok lewat aplikasi video call. Apalagi kini banyak aplikasi video call yang bisa dilakukan hingga 100 orang. Selain meminta maaf, kalian bisa saling bertukar momen bermaaf-maafan  juga acara makan bersama. Atmosfer silaturahmi Idul Fitri tetap terasa meski secara virtual. 



Berkirim Makanan atau Parsel




Foto: https://food.detik.com

Idul Fitri identik dengan makanan. Sebagai permohonan maaf lantaran tak menerima tamu saat Lebaran, kamu bisa mengirimkan makanan, kue Lebaran, atau parsel kepada keluarga atau kerabat yang hendak bersilaturahmi ke rumah. Untuk tetangga, kamu bisa mengantarkan langsung ke rumah mereka, baik sebelum maupun saat Lebaran. Hal ini bisa menyingkirkan perasaan tak enak hati maupun tersinggung. 


(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id