sign up SIGN UP

MUSLIM

5 Nilai Agama yang Harus Diajarkan Selama Ramadan pada Anak

Rumaysha Milhania | Sabtu, 02 May 2020 05:00 WIB
5 Nilai Agama yang Harus Diajarkan Selama Ramadan pada Anak
caption
Ajarkan nilai-nilai keagamaan pada anak selama bulan Ramadan. Ini dia 5 nilai-nilai keagamaan yang harus kamu ajarkan saat bulan puasa. Yuk, intip!

Bagi para orangtua, bulan Ramadan ini dapat menjadi momen yang tepat untuk menanamkan nilai-nilai keagamaan yang kuat pada anak-anak. Ada banyak hal yang bisa kamu ajarkan pada anak selama menjalani ibadah di bulan suci. Nah, berikut ini adalah 5 nilai-nilai keislaman yang bisa kamu ajarkan pada si kecil selama Ramadan. Yuk, simak!

1. Allah Maha Melihat

Ramadan dapat menjadi momen untuk mengajarkan anak untuk lebih mengenal Allah. Sebagai satu-satunya Tuhan yang patut untuk disembah, sudah seharunya anak mulai mengenal sifat-sifat Allah. Salah satunya adalah Maha Melihat. Sifat Allah yang satu ini sangat pas untuk diajarkan penerapannya pada anak di bulan Ramadan. Ingatkan mereka jika Allah Maha Tahu dan Maha Melihat apa yang mereka kerjakan selama sedang berpuasa. Mungkin ayah dan ibu tidak tahu jika si kecil diam-diam minum. Tapi Allah tahu!


Foto: https://muslimvillage.com/


2. Bersabar

Ujian bersabar adalah salah satu hikmah utama yang bisa diambil dari berpuasa di bulan Ramadan. Kita harus bisa menahan lapar dan haus selama satu bulan saat menjalani ibadah puasa. Selain itu, amarah dan emosi juga harus bisa diredam di mana perasaan meledak-ledak itu juga merupakan bagian dari hawa nafsu yang harus ditahan.
 



3. Berbagi dan Bersedekah

Ramadan juga bisa menjadi momen untuk beramal dengan berbagi dan bersedekah. Ajaklah si kecil untuk menyisihkan uang jajannya untuk berbagi dengan sesama. Mengajak anak untuk belajar berbagi sejak kecil dapat membuatnya menjadi sosok yang dermawan dan tidak pelit pada sesama. 
 



Foto: https://www.kidsquranonline.com/


4. Menjalani Ibadah Sunnah

Ramadan juga bisa menjadi momen untuk mengenalkan ibadah-ibadah sunnah yang bisa dilakukan selama Ramadan. Beberapa diantaranya adalah salat sunnah, salat tarawih, hingga membaca Alquran.
 



5. Mengkaji Alquran

Ramadan juga merupakan bulan di mana kitab suci Alquran pertama kali diturunkan. Itu sebabnya bulan suci ini dapat dijadikan sebagai momen untuk mendekatkan si kecil dengan Alquran. Mulailah dengan mendaftarkan anak pada pesantren kilat atau kelompok pengajian untuk membuatnya lebih familiar dan dekat dengan Alquran.
 


(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id