sign up SIGN UP

MUSLIM

6 Jenis Kain Ini Paling Banyak Digemari Sebagai Bahan Hijab

Ika Dyah | Jumat, 09 Nov 2018 12:00 WIB
6 Jenis Kain Ini Paling Banyak Digemari Sebagai Bahan Hijab
caption
Sebagai pengguna hijab, kamu pasti banyak mengoleksi hijab dari segala bahan. Kira-kira jenis kain apa yang paling banyak ada di koleksi kamu? Sudahkah kamu punya bahan-bahan hijab berikut ini untuk mendukung hijab fashion kamu sehari-hari?

1. Sifon


Bahan hijab yang pertama banyak digemari adalah sifon. Kesan elegan akan tampak ketika kamu menggunakan hijab style dengan bahan sifon ini. Oleh karena itu sah-sah saja kok hijab sifon ini kamu gunakan untuk menghadiri acara semi-formal atau formal sekalipun. Hijab dengan bahan sifon ini memiliki sifat yang tipis dan licin.


Foto: https://id.pinterest.com

Kekurangannya, panas saat digunakan karena terbuat dari bahan kapas, sutra dan serat sintetis. Namun, kelebihannya adalah teksturnya yang ringan dan jatuh sehingga mudah dikreasikan dengan berbagai macam hijab style yang kamu inginkan. Agar kamu bisa menggunakannya dengan nyaman, gunakan ciput yang terbuat dari bahan kaos terlebih dulu.


2. Satin Velvet


Hijab dengan bahan satin velvet ternyata juga banyak digemari lho! Tekstur satin velvet lebih halus dan sedikit lebih tebal dibandingkan dengan satin biasa. Oleh karena itu, kainnya lebih stabil dan tidak mudah berubah bentuk ketika dikenakan.


Foto: https://id.pinterest.com

Meskipun tebal, jangan khawatir karena satin velvet ini tidak panas ketika dipakai. Selain itu, dibandingkan jenis satin lainnya, satin velvet lebih doff sehingga terkesan mewah dan elegan. Bahan hijab seperti ini juga cocok untuk ke kantor atau acara formal, misalnya dipadukan dengan kebaya. 


3. Maxmara


Jika kamu perhatikan hijab fashion dewasa ini banyak juga yang memilih hijab berbahan maxmara ini. Selain karena teksturnya halus dan warnanya agak glossy, tampilan kamu saat mengenakan hijab maxmara juga seketika menjadi mewah. Cocok untuk menghadiri acara formal seperti pesta. Kelebihan lain dari maxmara adalah motifnya yang beragam dan harganya juga terjangkau.


Foto: https://id.pinterest.com

4. Organza


Satu lagi bahan hijab yang cocok untuk ke pesta, yakni organza. Hijab organza berbahan mirip kaca mengkilap dan berkilau di bawah sinar cahaya. Hal ini tentu membuat pemakainya menarik perhatian. Bahkan, tak jarang organza juga dikenakan oleh pengantin wanita berhijab saat acara pernikahan. 


Foto: https://id.pinterest.com

Tekstur bahannya yang ringan dan kaku membuatnya tidak mudah kusut. Namun untuk memastikan hijab organza tetap rapi dan tidak menerawang, kamu bisa gunakan ciput untuk menutupi seluruh bagian leher dengan warna yang tentunya serasi dengan warna hijab organza yang kamu kenakan.


5. Katun


Katun yang terbuat dari kapas alami dan mampu menyerap keringat selalu menjadi favorit siapa saja. Meskipun katun terkesan casual, namun banyak juga yang memakainya ke acara formal sekalipun. Jadi, tak hanya untuk sehari-hari atau acara santai saja.


Foto: https://hijabreeze.blogspot.com

Teksturnya halus, dingin, nyaman dan mampu menyerap keringat dengan baik. Banyak juga selebgram yang menggunakan pashmina berbahan katun ini untuk OOTD mereka. Beberapa jenis katun yang sering dipakai untuk hijab antara lain, katun ima, katun paris, katun voal atau voil dan supernova.


6. Wolfis atau Wolpeach


Selain katun, bahan hijab pashmina atau segi empat juga banyak yang menggunakan bahan wolfis. Sifat kainnya yang sangat jatuh, tidak mengkilap, tidak mudah kusut, dingin dan tidak menerawang. Jadi, banyak juga hijab syar'i yang menggunakan bahan ini.


Foto: https://id.pinterest.com

Meskipun termasuk jenis bahan berkelas dan relatif mahal, namun hal tersebut tidak menyurutkan animo hijaber untuk memiliki hijab bahan wolfis ini. Tak hanya terlihat anggun, tapi kesan mewah dan elegan juga melekat saat kamu mengenakannya. 


(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id