sign up SIGN UP

MUSLIM

7 Ide Oleh-Oleh Haji yang Bisa Dibeli Secara Online

Riza Aningtyas | Minggu, 25 Aug 2019 09:30 WIB
7 Ide Oleh-Oleh Haji yang Bisa Dibeli Secara Online
caption
Jadwal kepulangan Jamaah Haji 2019 Indonesia sudah tiba, tepatnya mulai tanggal 20 Agustus – 16 September 2019. Tentunya, jamaah haji yang akan kembali ke Tanah Air ingin membawa oleh-oleh khas tanah suci. Namun, tidak semua jamaah haji bisa membawa pulang semua barang bawaannya. Hal tersebut karena ada ketentuan bagasi dan barang bawaan yang harus dipatuhi. Untuk menyikapi hal tersebut dapat memanfaatkan jasa toko online untuk melengkapi oleh-oleh haji.

Namanya oleh-oleh, tentunya merupakan ciri khas dari daerah atau wilayah yang telah kita kunjungi. Begitu juga dengan oleh-oleh haji. Namun, mengingat ada batasan perihal bagasi dan barang bawaan, tidak semua yang dibeli jamaah haji di tanah suci bisa dibawah pulang ke tanah air.
 
Oleh karena itu, Jamaah Haji 2019 bisa memanfaatkan toko online yang khusus menjual oleh-oleh dari tanah suci. Tidak perlu bingung lagi dengan bagasi dan barang bawaan saat pulang ke tanah air nanti. Nah, apa saja oleh-oleh haji yang bisa dibeli di toko online? Yuk, intip 7 oleh-oleh haji berikut ini.


1.    Gelang Tasbih dari Kayu Kokka


Foto: https://www.instagram.com/explore/tags/tasbihkokka/?hl=id

Gelang tasbih dari kayu kokka, memang merupakan salah satu oleh-oleh khas tanah suci. Gelang tasbih yang satu ini terbuat dari kayu kokka. Namun, saat ini ada juga gelang tasbih yang terbuat dari buah kokka. Nah, gelang tasbih yang satu ini dinilai unik, karena beraroma kokka.
 
Konon kabarnya, kayu kokka ini memiliki manfaat jika direndam dalam air. Manfaatnya adalah rendaman air kokka tersebut dapat digunakan untuk obat sakit gigi, pereda demam serta dapat mengobati orang yang keracunan.

Nah, melihat keunikan dan manfaat gelang tasbih dari kayu kokka ini pantas untuk dijadikan oleh-oleh haji. Gelang tasbih yang satu ini bisa dibeli secara online di toko online yang khusus menjual perlengkapan haji dan umroh. Biasnya dijual dengan harga antara Rp60.000 – Rp150.000.


2.    Siwak


Foto: https://www.instagram.com/siwakmiswak/?hl=id

Bersiwak merupakan kebiasaan yang disunahkan oleh Nabi Muhammad SAW. Tujuan dari bersiwak ini adalah untuk membersihkan gigi dan gusi. Nah, siwak ini terbuat dari dahan pohon Salvadora.
 
Siwak ini banyak dijual di Souq Gaza yang termasuk pasar besar Mekkah. Selain itu, siwak juga dapat dibeli secara online di toko online dengan kualitas yang sama dan harga yang terjangkau.


3.    Sajadah


Foto: https://www.instagram.com/explore/tags/sajadahturki/?hl=id

Sajadah ini merupakan salah satu oleh-oleh favorit jamaah haji dan umroh. Hal tersebut karena sajadah khas Mekah ini unik dan buatan Turki. Biasanya sajadah ini bermotif kaligrafi, gambar Masjidil Haram dan Masjid Nabawi Madinah serta gambar bermotif ala Turki.
 
Nah, soal harga tergantung dari kualitas dan motif sajadahnya yang mana bisa dilihat di website toko online yang menyediakan oleh-oleh haji. Biasanya ada juga diskon, jika membeli dalam jumlah banyak.


4.    Kismis Hitam


Foto: https://www.publicdomainpictures.net/pictures/70000/nahled/dried-cherries.jpg

Kismis hitam ini termasuk dalam oleh-oleh favorit ibadah haji. Kismis hitam ini merupakan buah khas dari tanah suci yang mana berukuran besar. Rasa dari kismis hitam ini asam dan sedikit manis.
 
Sesuai dari namanya, kismis hitam ini berwarna hitam pekat dan akan lembab jika terlalu lama disimpan. Biasanya penduduk Arab memakan kismis hitam ini sebagai camilan atau diolah dengan kue khas Arab.

Camilan khas Arab ini dapat dibeli secara online di toko online yang khusus menjual oleh-oleh haji. Biasanya kismis hitam ini dijual dengan harga Rp110.000/kilogram.


5.    Cokelat Arab


Foto: https://www.instagram.com/kurmatasya/?hl=id

Oleh-oleh yang satu ini memang termasuk dalam oleh-oleh unik khas Arab dan tentunya, cocok untuk dijadikan oleh-oleh, yaitu cokelat Arab. Cokelat Arab ini istimewa jika dijadikan oleh-oleh karena memiliki rasa yang berbeda dengan cokelat kebanyakan.
 
Jika di Arab, cokelat Arab ini dapat dibeli di Pasar Bab, Mekah atau dapat juga di Bindawood Superstores. Namun, saat ini cokelat Arab juga dapat dibeli secara online di toko oline. Soal harga, cokelat Arab ini dijual dengan harga Rp85.000/kilogram. Harga tersebut hampir sama dengan harga saat membeli di pusat cokelat Arab, Jeddah.


6.    Maamoul


Foto: https://www.instagram.com/alqamarsweets/?hl=id

Maamoul merupakan kue kering khas Arab. Camilan ini sejenis kue kering dengan bahan dasar campuran tepung semolina dan terigu yang didalamnya diisi kurma. Maamoul ini banyak dicari oleh jamaah haji atau umroh. Selain rasa kuenya yang enak dan manis. Kue yang satu ini juga memiliki tekstur yang lembut.
 
Maamoul ini termasuk dalam camilan manis yang mengenyangkan. Hal tersebut karena di dalam kue ini terdapat kurma yang kaya akan kalori. Nah, camilan yang satu ini cocok dijadikan oleh-oleh haji dan mudah membelinya. Saat ini, maamoul dapat dibeli secara online di toko online yang khusus menjual oleh-oleh haji. Biasanya kue yang satu ini dijual dengan harga Rp60.000 per lusin.


7.    Kacang Arab


Foto: https://cdn.pixabay.com/photo/2014/04/05/11/22/food-315428_960_720.jpg

Satu lagi oleh-oleh favorit haji yang banyak dicari orang, yaitu kacang Arab. Kacang Arab ini memiliki bentuk yang unik. Selain itu, kacang yang satu ini memiliki rasa yang gurih dan pastinya renyah.
 
Kacang Arab ini banyak dijual di sepanjang jalan besar di Mekkah dan Madinah. Namun, untuk menghemat barang bawaan dan bagasi, saat ini kacang Arab ini dapat dibeli secara online di toko online khusus oleh-oleh haji. Biasanya kacang Arab ini dijual dengan harga antara Rp50.000 – Rp200.000 per kilogram.
 
Nah, tersebut adalah 7 inspirasi oleh-oleh yang bisa dibeli secara online oleh Jamaah Haji 2019, untuk menghemat bagasi dan barang bawaan saat pulang ke tanah air. Semoga ide inspirasi oleh-oleh haji ini dapat bermanfaat dan menambah ibadah haji yang telah dijalankan bermanfaat.


(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id