sign up SIGN UP

MUSLIM

Agar Tetap Fit di Bulan Ramadhan, Yuk Jaga Pola Tidurmu dengan 5 Tips Ini!

Lifia Mawaddah | Minggu, 17 May 2020 14:00 WIB
Agar Tetap Fit di Bulan Ramadhan, Yuk Jaga Pola Tidurmu dengan 5 Tips Ini!
caption
Bukan hanya pola makan saja yang harus diubah selama bulan ramadhan ini. Pola tidur pun perlu untuk kamu perhatikan lho, Beautynesian! Sebab, perubahaan pola tidur saat berpuasa justru dapat mengakibatkan badan lemas dan mengantuk setiap hari. Kondisi ini pun tentu akan mengganggu aktivitasmu sehari-hari. Oleh karena itu, tetaplah jaga pola tidurmu di bulan ramadhan ini. Yuk ikuti 5 tipsnya berikut ini!

Usahakan Tidur Lebih Awal dari Biasanya


Cara menjaga tubuh supaya tetap fresh selama bulan ramadhan ini adalah dengan tidur lebih awal dari biasanya. Jangan sampai kamu malah enggak tidur semalaman dan malah tidur usai sahur. Karena pada umumnya, mengantuk selama bulan puasa disebabkan karena kamu enggak memiliki waktu tidur yang cukup. Selain itu, jika kamu kurang tidur, tubuhmu pun akan terasa lebih lemas.


Foto: Istimewa


 


Jangan Bedakan Waktu Tidur Saat Weekend


Biasanya ketika menjelang weekend, orang-orang akan tidur lebih larut dengan alasan besok libur. Tapi, ini adalah cara yang salah jika kamu ingin menjaga pola tidurmu saat bulan ramadhan. Meskipun besok kamu libur, jangan bedakan jadwal tidurmu dengan hari biasa. Atur tidur dan bangun di jam yang sama setiap harinya agar kamu mendapatkan waktu istirahat yang berkualitas.




 


Ciptakan Suasana Tidur yang Nyaman


Tidur yang nyenyak yang berkualitas tentunya sangat baik bagi tubuhmu. Untuk mendapatkan tidur yang berkualitas, tentunya kamu harus merasa nyaman. Jadi, ciptakanlah suasana tidur yang membuatmu merasa nyaman. Misalnya saja dengan mematikan gadget, televisi, ataupun lampu.


Foto: Istimewa


 


Istirahat di Siang Hari


Tidur dapat membantumu untuk mengisi kembali energi dan membuat kita bisa berpikir lebih positif. Oleh karena itu, luangkanlah waktu tidur selama 20 hingga 30 menit per sesi. Waktu terbaik untuk tidur di siang hari adalah pukul 14:00 hingga 15:00. Dengan tidur siang, kamu pun akan merasa lebih relaks dan tenagamu pun akan pulih kembali.



 


Perhatikan Asupan Makanan yang Kamu Konsumsi


Tidur dalam kondisi lapar atau bahkan sangat kekenyangan itu enggak baik lho, Beautynesian. Apalagi ketika kamu makan berat beberapa jam sebelum tidur. Sebab, langsung tidur setelah makan besar dapat membuat waktu tidurmu terganggu. Bahkan, hal ini juga meningkatkan risiko terkena stroke. Kalau kamu merasa sangat lapar dan terpaksa harus makan sebelum tidur, pilihlah makanan yang mudah dicerna dan makanlah dalam porsi kecil.


Foto: Istimewa
(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id