sign up SIGN UP

MUSLIM

Amalkan Doa Menyambut Bulan Ramadan agar Mendapat Ampunan dari Allah SWT

Dian Aprilia | Jumat, 16 Apr 2021 03:30 WIB
Amalkan Doa Menyambut Bulan Ramadan agar Mendapat Ampunan dari Allah SWT
caption

Banyak sekali keistimewaan bulan Ramadan ini sebagaimana yang disebutkan dalam hadist Rasulullah SAW:

“Dari Abu Hurairah ra ia berkata, “Rasulullah saw memberikan kabar gembira kepada para sahabatnya tentang kedatangan bulan Ramadan seraya beliau berkata, ‘Telah datang kepada kalian Ramadan, bulan yang diberkahi. Allah mewajibkan atas kalian berpuasa di dalamnya. Di bulan Ramadan, pintu-pintu surga dibuka dan pintu-pintu neraka ditutup dan setan-setan dibelenggu. Di dalamnya terdapat sebuah malam yang lebih baik dibandingkan seribu bulan. Siapa yang dihalangi dari kebaikannya, maka sungguh ia terhalangi.” (HR. Ahmad).

Masyaallah, sungguh luar biasa keistimewaan bulan Ramadan. Beruntung bagi mereka yang telah menyiapkan diri untuk menjalani ibadah di bulan suci ini. Sebaliknya, merugilah orang-orang yang tidak antusias dan tidak bersiap untuk menjalaninya.

Doa Menyambut Bulan Ramadan

Doa menyambut bulan Ramadhan
Doa menyambut bulan Ramadan/pexels.com

Salah satu amalan yang bisa kita lakukan sebelum memasuki bulan suci ini adalah memanjatkan doa untuk menyambut bulan Ramadan.

Dari Abu Ja’far Muhammad bin Ali, ia berkata: “Jika bertemu dengan bulan Ramadan Rasulullah SAW melantunkan doa berikut ini: 

اَللّٰهُـمَّ أَهِلَّهُ عَلَيْنَا بِالْأَمْنِ وَالْاِيْمَانِ وَالسَّلَامَةِ وَالْاِسْلَامِ وَالْعَافِيَةِ الْمُجَلَّلَةِ وَدِفَاعِ الْأَسْقَامِ وَالْعَوْنِ عَلَى الصَّلَاةِ وَالصِّيَامِ وَتِلَاوَةِ الْقُرْآنِ

Allahuma ahillahu ‘alaina bil amni wal imani was salamati wal islami wal’afiyatil mujallalati wa difa’il asqomi wal’aini’alash sholati wash shiyami wa tilawatil qur’ani.

“Ya Allah, pertemukan bulan ini dengan kami dalam keadaan aman, iman, keselamatan, Islam, sehat yang prima, kebal dari penyakit, dan pertolongan untuk shalat, puasa dan membaca Al-Qur'an” (al-Hafidz Ibnu Asakir, Tarikh Dimasyqa 51/186).

Ilustrasi doa
Ilustrasi doa/pexels.com

Selain itu, ada doa lain yang bisa kamu panjatkan saat menjelang bulan suci Ramadan, sebagaimana berikut ini:

اللهم سلمني إلى رمضان وسلم لي رمضان وتسلمه مني تقبلاً

Allaahumma sallimnii li ramadhaana wa sallim ramadhaana lii wa sallimhu miniii mutaqabbalan.

Artinya: “Ya Allah, selamatkanlah aku untuk menghadapi Ramadan, selamatkanlah Ramadan itu untukku, dan selamatkanlah Ramadan itu dari (perbuatan maksiatku), sehingga (ibadahku) diterima” (HR Thabrani).

Amalan Menyambut Bulan Ramadan

Amalan bulan ramadhan
Amalan bulan Ramadan/pexels.com

Selain berdoa, kamu juga bisa mengamalkan ibadah menjelang bulan Ramadan. Diantaranya adalah sebagai berikut:

Berziarah ke Makam Orang Tua

Menjelang bulan Ramadan, biasanya orang beramai-ramai pergi ke makam orang tua untuk mengamalkan ziarah kubur. Hal ini sebagaimana perintah Rasulullah SAW, agar kita mengingat kematian.

Selain itu, amalan ini juga bisa mengingatkan kita untuk tidak sombong dengan perkara duniawi. Sebab segala yang kita miliki saat ini sewaktu-waktu bisa diambil oleh Allah SWT. Dan saat meninggal, tak ada satupun yang bisa menyelamatkan kita kecuali amal dan pahala yang dimiliki.

"Dahulu, aku pernah melarang kalian berziarah kubur, tapi saat ini berziarahlah kalian karena itu mengingatkan kalian kepada kematian." (HR. Muslim).

Saling Memaafkan

Dianjurkan untuk umat Islam saling memaafkan sebelum memasuki bulan Ramadan. Hal ini perlu dilakukan agar kita bisa menjalankan ibadah bulan Ramadan dengan lebih khusyu’, lancar dan penuh keberkahan dari Allah SWT.

“Orang yang pernah menzhalimi saudaranya dalam hal apapun, maka hari ini ia wajib meminta perbuatannya tersebut dihalalkan oleh saudaranya, sebelum datang hari dimana tidak ada ada dinar dan dirham. Karena jika orang tersebut memiliki amal shalih, amalnya tersebut akan dikurangi untuk melunasi kezhalimannya. Namun jika ia tidak memiliki amal shalih, maka ditambahkan kepadanya dosa-dosa dari orang yang ia zhalimi” (HR. Bukhari no.2449).

Semoga dengan melakukan amalan tersebut, kita bisa memulai ibadah Ramadan dengan lebih siap secara spiritual. Selamat menjalankan ibadah puasa.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id