sign up SIGN UP

MUSLIM

Ampuh, Begini Cara Atasi Bau Mulut Saat Puasa

Jovita | Rabu, 29 Apr 2020 16:00 WIB
Ampuh, Begini Cara Atasi Bau Mulut Saat Puasa
caption
Bau mulut menjadi salah satu permasalahan yang paling sering dialami seseorang selama bulan puasa. Selain dapat menganggu kenyamanan, bau mulut juga dapat menurunkan kepercayaan diri saat berinteraksi dan berkomunikasi dengan orang lain. Untuk mengatasi permasalahan ini, simak beberapa cara atasi bau mulut saat puasa berikut, yuk!

1. Rutin Sikat Gigi


Foto: Istimewa
Source: pixabay.com

Cara atasi bau mulut saat puasa yang pertama adalah dengan rutin menyikat gigi. Saat berpuasa, pastikan kamu tetap rutin menyikat gigi saat sahur dan buka puasa.

Hal ini perlu dilakukan agar kesehatan mulut dan gigimu terjaga serta terhindar dari bau tidak sedap. Menyikat gigi setelah sahur bisa mencegah sisa makanan tersangkut di mulut, yang nantinya akan menjadi tempat bakteri berkembang biak.

Pastikan, kamu menyikat gigi dengan menyeluruh dan menjangkau seluruh bagian mulut, hingga bagian sela gigi. Kamu juga bisa memilih pasta gigi yang memberikan perlindungan ekstra dengan jangka waktu lebih lama, misalnya 24 jam.

2. Berkumur dengan baking soda


Foto: Istimewa
Source: pixabay.com

Selain menyikat gigi, Beautynesian juga bisa mencoba cara atasi bau mulut saat puasa dengan berkumur menggunakan baking soda. Berkumurlah dengan air yang telah ditambahkan 1/4 sendok baking soda.

Kamu juga bisa menambahkan sedikit garam dan dua sendok makan air lemon. Cara ini bisa membuatmu terbebas dari bau mulut selama berpuasa.

Selain itu, hal ini juga akan membuat mulut terasa lebih segar sepanjang hari. Dengan mulut yang segar dan wangi, kamu juga pasti akan lebih percaya diri menjalani hari.

5. Berhenti konsumsi keju


Foto: Istimewa
Source: pixabay.com

Walaupun memiliki cita rasa yang enak, tetapi keju menjadi salah satu makanan yang dapat menghasilkan bau mulut. Karena itu, jangan konsumsi keju selama bulan puasa. Bakteri baik yang terdapat dalam keju dapat menghasilkan aroma tidak sedap pada rongga mulut.

Tapi, jika Beautynesian sudah terlanjur mengonsumsi keju, sebaiknya segera mengulum seiris lemon yang sudah ditambah garam. Cara ini dapat membantu menghilangkan bau mulut akibat keju yang dikonsumsi. Jika kamu enggak mau dibuat pusing dengan bau mulut, berhenti dulu konsumsi keju selama bulan puasa, ya!


(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id