sign up SIGN UP

MUSLIM

Bayi Kembar Irish Bella Meninggal, Jadi Pemberi Syafaat di Akhirat

Ranim | Selasa, 08 Oct 2019 08:15 WIB
Bayi Kembar Irish Bella Meninggal, Jadi Pemberi Syafaat di Akhirat
caption
Ditinggal selamanya oleh orang yang sudah ditemui sedari lama saja membuat hati teriris, apalagi oleh seseorang yang ada dalam kandungan selama beberapa bulan lamanya. Baru kemarin pasangan Irish Bella dan Ammar Zoni mendapat ujian, bayi kembar yang dikandung Irish Bella meninggal dalam kandungan.

Tentu hal tersebut membuat hati sesak. Tapi di balik kesedihan yang merundung, ternyata bayi atau anak yang meninggal sebelum baligh dapat memberi syafaat untuk kedua orang tuanya. Seperti apa penjelasan lebih lengkapnya?


Foto: https://www.instagram.com/_irishbella_/

Dalam Islam, ketika anak kecil yang belum baligh atau bayi meninggal dunia akan menjadi tabungan atau syafaat untuk kedua orang tuanya. Dalam hal ini, bayi kembar Irish Bella dan Ammar Zoni meninggal dalam kandungan. Semoga Irish Bella dan Ammar Zoni ikhlas dan terus menjadi kedua orang tua yang sholih dan sholihah.


Foto: https://www.instagram.com/_irishbella_/

Terdapat dalil-dalil yang menunjukkan bahwa Allah memberikan pahala istimewa untuk kedua orang tua yang anaknya meninggal sebelum baligh.

Diriwayatkan dalam hadits Tirmidzi 1037, Ibu Hibban 2948 dihasankan al-Albani,

dari Abu Musa al-Asy’ari, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,


إِذَا ماتَ ولدُ العَبْدِ ، قالَ اللهُ لمَلَائِكَتِهِ : قَبَضْتُمْ وَلَدَ عَبْدِي؟ فَيَقُولُونَ : نَعَمْ . فَيَقُولُ: قَبَضْتُم ثَمَرَةَ فُؤَادِهِ؟ فَيَقُولُونَ : نَعَمْ . فَيَقُولُ : مَاْذَا قالَ عَبْدِيْ؟ فَيَقُولُونَ : حَمِدَكَ وَاسْتَرْجَعَ . فَيَقُولُ اللّهُ : ابْنُوا لِعَبْدِيْ بَيْتًا فِيْ الجَنَّةِ وَسَمُّوهُ بيتَ الحَمْدِ

“Apabila anak seorang hamba meninggal dunia, maka Allah bertanya kepada malaikat, ‘Apakah kalian mencabut nyawa anak hamba-Ku?‘ Mereka menjawab, ‘Ya’. Allah bertanya lagi, ‘Apakah kalian mencabut nyawa buah hatinya?‘ Mereka menjawab, ‘Ya’. Allah bertanya lagi, ‘Apa yang diucapkan hamba-Ku?‘ Malaikat menjawab, ‘Dia memuji-Mu dan mengucapkan inna lillahi wa inna ilaihi raajiun‘. Kemudian Allah berfirman, ‘Bangunkan untuk hamba-Ku satu rumah di surga. Beri nama rumah itu dengan Baitul Hamdi (rumah pujian)‘.”


Seperti dijelaskan oleh Ust. Khalid Basalamah seperti berikut;


[Gambas:Youtube]

Abu Hasan berkata: “Aku pernah berkata kepada Abu Hurairah, ‘Sesungguhnya dua anakku telah meninggal dunia. Sudikah kiranya engkau menceritakan kepadaku hadits dari Rasulullah yang dapat menghibur hatiku karena kehilangan kedua anakku itu?” Abu Hurairah menjawab, “Baiklah, anak-anak kaum muslimin akan menjadi anak-anak kecil di dalam surga. Seseorang di antara mereka akan menjemput ayahnya atau kedua orang tuanya, lalu menarik baju atau tangannya sebagaimana aku menarik ujung bajumu ini, dan tiada hentinya atau tidak mau berhenti sebelum Allah memasukkan orang tuanya bersama dia ke dalam surga.”https://www.islampos.com/

Tapi meski begitu, tak semena-mena kedua orang tua dapat masuk ke surga tanpa dihisab. Dosa-dosa yang pernah dilakukan pastinya akan mendapat hukumannya dahulu. Tapi bisa juga diringankan oleh permintaan anak-anak suci mereka di surga.

Seperti yang dijelaskan oleh Ust. Oemar Mita berikut.


[Gambas:Youtube]

Al-Manawi berkata dalam Faidhul Qadir, “Kematian anak-anak itu memiliki beberapa faedah, yaitu: Mereka akan menjadi penghalang dari neraka. Mereka akan memberatkan timbangan orang tua. Mereka akn memberi syafaat untuk masuk surga. Mereka akan memberi minum kedua orang tua mereka pada hari yang sangat harus dari minuman surga. Mereka akan meringankan kematian kedua orang tuanya karena teringat keturunan mereka yang telah lalu menjadi hiasan pandangan baginya. Rasulullah bersabda, “Siapa saja yang ditinggal mati oleh ketiga anaknya, Allah mengharamkannya dari neraka.”https://www.islampos.com/

Dan pastinya jika kedua orang tua juga ikhlas dan bersabar atas ujian yang dihadapinya. Selain itu, ibadah dan juga amal sholih diperbanyak supaya untuk meringankan adzab di akhirat nanti dan menambah pahala.


(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id