sign up SIGN UP

MUSLIM

Cara Jitu dan Simpel agar Hijab Gak Mleyot dan Tetap Tegak Sempurna

Dian Aprilia | Rabu, 28 Oct 2020 17:00 WIB
Cara Jitu dan Simpel agar Hijab Gak Mleyot dan Tetap Tegak Sempurna
caption
Jakarta -

Suka pusing gak sih dengan hijab yang sering mleyot dan tampak berantakan? Memang masalah yang satu ini kerap dihadapi oleh para hijabers dan tentunya sangat mengganggu. Apalagi jika kita sedang dalam acara yang penting atau sedang bersama kekasih, tentu ingin menunjukkan penampilan yang sempurna.

Nah tak perlu risau jika menghadapi masalah itu, lakukan saja cara jitu dan simpel ini agar hijab gak gampang mleyot dan tetap rapi ya.

Setrika dulu sebelum digunakan

Setrika dan Steamer, Lebih Efektif yang Mana ya?Setrika hijab/Freepik.com


Cara menyetrika juga tak sembarangan ya, ladies. Agar hijabmu bisa rapi dan membentuk lengkungan yang sempurna kamu harus menyetrikanya dengan dibentangkan lebar-lebar. Cara yang pertama yang bisa kamu lakukan agar hijab tidak mudah mleyot dan tetap rapi adalah menyetrika terlebih dahulu hijab sebelum digunakan.

Hindari melipat hijab saat menyetrika, sebab hal itu justru akan membuat garis tengah yang membuat hijab susah dibentuk dan tidak rapi. Setelah itu, pastikan kamu melipatnya dengan membagi menjadi tiga bagian. Posisikan bagian lengkungan tidak terlipat sama sekali.

Pakai hairspray

Ilustrasi hairspray
Ilustrasi hairspray/shutterstock.com

Selanjutnya, cara kedua yang bikin hijab kamu tidak gampang mleyot adalah menggunakan hairspray. Trik ini memang cukup unik dan jarang diketahui. Meski trik ini butuh biaya tambahan untuk membeli hairspray, tapi cara ini cukup worth it.

Sebab dengan menyemprot hairspray pada bagian lengkung hijab akan membuat hijabmu tegak paripurna dan tak akan mleyot walau terkena angin, helm atau kacamata.

Tahapan untuk menggunakan hairspray di hijabmu ialah sebagai berikut:

  • Pilih hairspray dengan wangi yang enak
  • Lipat hijab sesuai dengan yang ingin kamu gunakan, bisa lipat segitiga atau horizontal sesuai dengan gaya kamu.
  • Semprotkan hijab di bagian dalam yang menyentuh area kepala. Semprotkan dengan membentuk segitiga mulai dari bagian dahi hingga ke belakang.
  • Bentuk bagian lengkung hijab sesuai selera, pastikan saat melakukannya hairspray belum kering. Sebab jika sudah kering akan membuat hijab sulit diatur.
  • Setelah dibentuk dengan sempurna, tunggu sampai kering. Selama menunggu pastikan tak menyentuh dan mengubah bentuknya ya.
  • Selesai, kamu tinggal menambahkan jarum pentul dan aksesoris hijab cantik untuk menyempurnakan penampilanmu. 

Pakai inner hijab

Inner hijab menjadi rahasia kerudung rapi Laudya Cynthia BellaIneer Hijab/www.instagram.com/laudyacynthiabella


Salah satu model inner hijab yang populer digunakan adalah ciput berbentuk bandana. Ciput ini adalah salah satu jenis ciput yang jadi rekomendasi untuk digunakan sehari-hari. Pastikan kamu memilih benang rajut yang tipis dan ringan sehingga tidak menekan terlalu kuat pada kepala. Banyak sekali ragam ciput atau inner hijab yang tersedia di pasaran. Pilih yang paling nyaman dan juga pas di kepala ya. Dengan jenis bahan dan juga ukuran yang pas akan membuat inner nyaman untuk dipakai dan membantu penampilan hijab kamu tetap rapi dan tegak sempurna.

Pakai jepit rambut

Jepit hijab
Jepit hijab/id.pinterest.com

Tak hanya ciput, kamu juga bisa menambah aksesoris jepit ramput untuk hijab. Selain mempercantik penampilanmu, jepit rambut akan membuat hijab tidak mudah melorot atau berantakan.

Pilih jenis jepit rambut yang tipis dan memanjang ya. Kemudian jepit hijab, inner hijab dan juga rambut bagian dalam supaya hijab bisa tetap stay dan rapi. Sesuaikan dengan warna hijab agar penampilanmu jadi lebih menawan ya.

Itulah 4 cara jitu dan simpel agar hijabmu selalu tampak rapi dan gak mleyot. Selamat mencoba, ladies.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id