sign up SIGN UP

MUSLIM

Cara Mengatasi Kulit Wajah Belang untuk Kamu yang Berhijab

Shinta Nikmah | Sabtu, 28 Nov 2020 18:15 WIB
Cara Mengatasi Kulit Wajah Belang untuk Kamu yang Berhijab
caption

Berhijab adalah salah satu ketentuan banyak dilaksanakan oleh kaum wanita. Hijab membuat tampilan lebih anggun dan tertutup. Fashion hijab kini juga sangat berkembang dibanding beberapa tahun belakangan. Maka dari itu kamu tidak perlu pusing-pusing membuat padu padan baju dengan hijabmu.

Salah satu permasalahan yang umum dialami oleh wanita berhijab adalah kulit wajah yang belang. Kulit yang tidak tertutup hijab pasti akan lebih gelap dibandingkan dengan kulit yang tertutup hijab.

Hal tersebut tentu membuatmu sebal kan? Sebelum kulit menjadi benar-benar belang, kamu bisa menerapkan beberapa tips berikut agar terhindar dari kulit belang.

Memakai Hijab yang Ringan dan Tidak Ketat

Hijab
Memakai Hijab dengan Bahan yang Ringan/ Foto: freepik.com

Bahan hijab menjadi pertimbangan dalam membeli dan mengenakan hijab. Pastikan hijabmu tidak membuat gerah dan mampu menyerap keringat. Pemakaian hijab juga harus diperhatikan, jangan sampai terlalu ketat sampai-sampai tidak ada ruang untuk udara masuk ke kulit. Jilbab yang terlalu ketat akan membuat garis kulit yang belang semakin terlihat. 

Pilihlah jilbab yang berbahan katun, kaos, atau ceruti yang bersifat ringan dan mampu menyerap keringat. Hindari memakai jilbab dengan bahan yang terlalu tebal atau kurang menyerap keringat seperti bahan wolfis atau satin ketika sedang berada di luar ruangan atau terkena sinar matahari. Keringat dan panas yang terjebak oleh hijab bisa membuatmu gerah dan kulit kemerahan.

Memakai Masker dan Topi 

masker
Jangan Lupa Memakai Masker/ Foto: freepik.com

Masker kini menjadi salah satu kebutuhan di saat melakukan aktivitas ketika keluar rumah, terutama saat pandemi saat ini. Selain berfungsi untuk perlindungan tubuh dari virus dan debu, masker juga dapat menambah perlindunganmu dari teriknya sinar matahari. 

Selain masker, kamu juga bisa menggunakan topi untuk membantu mencegah sinar matahari mengenai kulit secara langsung. Kamu bisa memilih topi sesuai seleramu ya, Ladies, jadi selain sebagai perlindungan, topi juga bisa menunjang penampilanmu.

Memakai Sunscreen atau Sunblock

sunscreen
Memakai Sunscreen Sebelum Terkena Sinar Matahari/ Foto: freepik.com

Sunscreen sangat penting untuk melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari. Kulit yang tidak mendapat perlindungan dari sunscreen akan mudah gosong atau terbakar. Terutama bagi kamu yang berhijab jangan lupa memakai sunscreen atau sunblock ketika di luar ruangan maupun di dalam ruangan. 

Penggunaan sunscreen dan sunblock bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan. Apabila kamu sedang memakai make up tipis di luar ruangan, maka sebaiknya kamu memakai sunscreen. Namun jangan lupa untuk reapply tiap 3-4 jam sekali. Jika kamu melakukan aktivitas yang padat di luar ruangan dan tidak sempat untuk reapply maka sebaiknya kamu memakai sunblock agar mendapatkan perlindungan yang lebih lama.

Memakai Serum yang Mengandung Niacinamide

serum
Serum dengan Kandungan Niacinamide/ Foto: freepik.com

Niacinamide merupakan bahan aktif yang berfungsi untuk mencerahkan, sehingga warna kulit wajahmu bisa merata. Kini sudah banyak produk serum yang mengandung niacinamide. Selain serum, kamu juga bisa menggunakan toner yang juga mengandung niacinamide.

Sebelum memakai serum, aplikasikan dulu toner dengan menggunakan kapas, atau dengan menuang ke tangan kemudian ditepuk-tepukan ke wajah. Langkah selanjutnya adalah mengaplikasikan serum ke wajah dengan cara diratakan dan ditepuk-tepuk pelan agar meresap. Langkah ini bisa kamu lakukan pagi sebelum aktivitas dan malam sebelum tidur ya, Ladies.

Memakai Masker Alami Secara Rutin

masker
Memakai Masker Pencerah/ Foto: freepik.com

Masker dari bahan alami berfungsi untuk melembabkan dan mengontrol minyak. Untuk meminimalisir kulit belangmu, coba gunakan masker yang berfungsi untuk mencerahkan wajah. Gunakan masker secara merata termasuk leher ya, Ladies.

Penggunaan masker secara rutin 2-3 kali dalam seminggu bisa membantu meratakan warna kulit sehingga perbedaan warna pada kulit belang bisa tersamarkan.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id