sign up SIGN UP

Cara Mudah dan Cepat Khatam Alquran Saat Ramadan

Dians Marfuah | Kamis, 15 Apr 2021 19:31 WIB
Cara Mudah dan Cepat Khatam Alquran Saat Ramadan
caption
Jakarta -

Bulan suci Ramadan adalah bulan penuh keberkahan, dimana semua amalan yang kita lakukan akan dilipatgandakan pahalanya. Membaca ayat suci   Alquran   adalah salah satu amalan mulia yang sering dilakukan di bulan suci ini. Tidak heran semua umat muslim di dunia berlomba-lomba membaca Alquran dan memiliki target untuk khatam Alquran. Bisa khatam Alquran selama bulan Ramadan, sebenarnya tidaklah terlalu sulit, kamu dapat menggunakan cara mudah dan cepat berikut ini.

Sajadah/Pexels.com
Sajadah/Pexels.com

Tanamkan Niat yang Kuat

Niat adalah pondasi sebelum kita melakukan segala sesuatu. Nah agar target kamu khatam   Alquran   di bulan Ramadan, kamu harus menanamkan niat yang kuat dalam dirimu.  Dengan niat yang kuat kamu akan istiqamah membaca   Alquran   setiap hari dan bisa mencapai targetmu.  Dan niat khatam   Alquran   tentu saja untuk mendapat pahala dan ridha Allah SWT. Berkomitmenlah pada diri sendiri bahwa kamu dapat khatam  Alquran  di bulan suci ini. 

Membuat Jadwal

Setelah pondasi niat yang kuat, hal selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah menentukan jadwal untuk membaca  Alquran . Kamu bisa membuat jadwal khusus baca  Alquran  di waktu senggangmu atau di waktu-waktu khusus lainnya. Namun biasanya agar lebih terorganisir kebanyakan orang membaca  Alquran  setelah salat fardu lima waktu. Mengenai waktu kamu bisa menyesuaikan dengan kenyamanan dan aktivitas kamu. Namun yang terpenting kamu harus mematuhi jadwalmu tersebut secara konsisten, agar target khatam  Alquran  bisa tercapai.

Trik Baca  Alquran

Kitab suci Alquran/Pexels.com
Kitab suci Alquran/Pexels.com

Agar target khatam Alquran bisa tercapai dengan mudah, kamu bisa menggunakan trik ini. Alquran  adalah kitab yang terdiri dari 30 juz, yang mana artinya dalam 30 hari setidaknya kamu bisa menyelesaikan satu juz. Setiap satu juz sendiri rata-rata  terdiri dari 10 lembar atau 20 halaman, maka kamu bisa membagi 20 halaman tersebut di waktu-waktu tertentu. Cara pun sebenarnya tidak seberat yang kamu bayangkan, kamu bisa membacanya sedikit demi sedikit.

Triknya yaitu bacalah  Alquran  2 lembar atau 4 halaman setiap selesai salat fardu. Atau kamu juga bisa membaca 2 halaman sebelum salat dan 2 halaman lagi sesudahnya. Dengan demikian dalam lima kali salat fardu  atau sehari kamu bisa membaca  Alquran  20 halaman atau satu juz.

Gunakan Smartphone

Di era teknologi saat ini, smartphone adalah barang yang sepertinya tak bisa lepas dari genggaman kita. Nah saat kamu lagi bersantai dan ngga bawa  Alquran, kamu bisa menggunakan smartphonemu. Unduhlah aplikasi  Alquran  di ponselmu, jadi kamu bisa membaca  Alquran  dimana saja dan kapan saja. 

 

 

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id