sign up SIGN UP

MUSLIM

COVID-19 Menyerang: Bagaimana Agar Imunitas Tetap Oke Selama Bulan Puasa?

Izzul Umami | Minggu, 03 May 2020 14:30 WIB
COVID-19 Menyerang: Bagaimana Agar Imunitas Tetap Oke Selama Bulan Puasa?
caption
Tubuh yang bugar merupakan aset positif kita dalam menangkal virus-virus jahat yang mengenai tubuh. Tak ayal, banyak banget iklan kesehatan yang menganjurkan aktivitas peningkatan sistem imun. Gimana sih caranya biar imun tubuh tetap oke selama menjalankan puasa di tengah pandemi?

Sayangnya, selama berpuasa, tubuh rentan lemas yang mengakibatkan imunitas juga menurun. Well, tapi ada kok beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar imunitas tubuh tetap meningkat selama bulan Ramadhan ini:



 


1. Perbanyak Tidur



Ladies bisa meningkatkan imunitas tubuh dengan selalu menjaga jam tidur yang berkualitas. Di saat pandemi seperti sekarang ini, usahakan tetap tidur siang selama berpuasa. Jangan lupa untuk segera tidur setelah menyelesaikan urusan ibadah di malam hari. Bila kekurangan tidur terjadi pada kamu, tubuh akan makin rentan lemas, imun tubuh pun juga menurun. 



Foto: Istimewa


 


2. Hindari Stress



Banyak banget hal yang harus dipikirkan selama bulan ramadhan dan mendekati hari raya. Entah itu persoalan cicilan, virus corona, dan banyak lagi hal-hal yang nggak bisa lepas dari ingatan kita. Persoalan memang sejatinya jadi bumbu kehidupan. Namun, kamu juga perlu menjaga pikiran tetap bahagia biar stress nggak menjangkit dirimu.


Foto: Istimewa


 


3. Konsumsi Makanan Bergizi



Selalu ingat bahwa imunitas tubuh bisa ditingkatkan dengan selalu menyantap makanan bergizi. Dengan takaran yang pas dan benar, tubuh akan menerima zat-zat penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Jangan lupa pula untuk selalu mengecek apa-apa saja yang masuk ke dalam perutmu.



 


4. Hindari Makan Makanan Berbahan Fast Food



Kamu juga perlu menghindari makanan yang disajikan secara fastfood dalam takaran yang berlebihan. Makanan cepat saji seringkali menggunakan bahan-bahan yang nggak baik untuk tubuh bila dikonsumsi secara banyak. Nantinya, makanan fast food bakal menggumpal di perut kamu sebagai sampah.


Foto: Istimewa


 


5. Rajin Berolahraga



Berolahraga selain bisa meningkatkan imunitas tubuh juga bisa memberi efek melepas stress. Ketika kamu banyak bergerak, tubuh akan mengeluarkan zat-zat beracun dan beberapa pikiran negatif yang ada. Tetap rutinkan berolahraga sebentar di dalam rumah atau sekitar halaman dengan selalu menerapkan social distancing selama masa pandemi ini. Squat dan jogging kecil bisa jadi pilihan. 

 


Foto: Istimewa
(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id