sign up SIGN UP

MUSLIM

Doa Agar Terhindar dari Fitnah

Anggiputriw | Sabtu, 26 Oct 2019 12:15 WIB
Doa Agar Terhindar dari Fitnah
caption
Siapa saja pasti tidak ingin berada dalam masalah selama hidupnya. Termasuk mendapat fitnah dan kedzaliman dari orang lain yang tentu akan membawa kita pada kesulitan. Hal buruk tersebut bisa dicegah dengan cara berdoa. Inilah doa harian yang bisa dibaca agar terhindar dari fitnah.

1. Penyebab Munculnya Fitnah


Kebencian dan kejahatan memang sudah ada sejak hadirnya manusia pertama di muka bumi ini. Dalam riwayat dikisahkan bahwa kedua putra Adam As berselisih akibat rasa iri dari satunya yang menginginkan seorang istri cantik. Perasaan iri tersebut menjadi celah bagi penggoda manusia yaitu setan untuk menyelipkan niat jahat. Hingga akhirnya terjadilah pertumpahan darah.
 


Foto: Istimewa

Rasa saling iri itu kemudian tetap ada hingga sekarang dan menjadi bagian dari sifat manusia. Iri akan keberhasilan atau pencapaian orang lain juga bisa menjadi sebab untuk tindak kejahatan lainnya. Kejahatan yang paling dekat dengan rasa isi yaitu fitnah. Karena dengan menciptakan fitnah, diharapkan akan terjadi masalah pada orang yang kehidupannya membuat iri.
 


2. Dosa Fitnah dan Hukumannya


Fitnah dengan menyebarkan berita yang tidak benar dengan maksud menyudutkan orang lain memang tidak secara langsung melukai fisik seseorang. Fitnah juga sepertinya sangat ringan dilakukan karena bisa hanya dengan omongan. Namun hukuman untuk orang yang melakukannya sudah sangat jelas karena fitnah adalah dosa besar.

Seperti yang sudah sering terdengar bahwa fitnah lebih kejam dari pembunuhan. Perkataan itu bukanlah sekadar istilah melainkan pernyataan dari Alquran yang dijamin kebenarannya.


Foto: Istimewa

Dan bunuhlah mereka di mana saja dirimu menjumpai mereka dan usirlah mereka dari tempat mereka telah mengusirmu (Makkah), dan fitnah itu lebih besar bahayanya dari pembunuhan, dan janganlah dirimu memerangi mereka di Masjidil Haram, kecuali jika mereka memerangimu di tempat itu. Jika mereka memerangimu (di tempat itu), maka bunuhlah mereka. Demikianlah balasan bagi orang-orang kafir." (QS. Al-Baqarah, 191).
 


3. Doa agar Terhindar dari Fitnah


Setelah tahu tentang hukuman bagi orang yang menyebarkan fitnah, sangat dianjurkan untuk menghindarinya. Sedangkan agar terhindar dari fitnah itu sendiri, inilah doa harian yang bisa dibaca secara rutin:

"Robbanaa laa taj'alnaa fitnatalladzina kafaruu waghfirlanaa, robbanaa innaka antal 'aziizul hakim."


Foto: Istimewa

Artinya: Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan kami (sasaran) fitnah bagi orang-orang kafir, dan ampunilah kami ya Tuhan kami, sesungguhnya Engkau Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana."


Dengan membaca doa di atas, artinya kita meminta perlindungan kepada Allah SWT sebagai sebaik-baiknya pelindung agar menghilangkan kita dari fitnah. Sekaligus kita memohon ampun atas dosa-dosa dan kesalahan kita agar Allah SWT kembali memberikan ridho dan kasih sayangnya. Dengan begitu Allah SWT bisa dengan mudah mengabulkan doa kita.


(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id