sign up SIGN UP

MUSLIM

Doa dan Amalan Malam Lailatul Qadar yang Dianjurkan Rasulullah SAW

Ranim | Rabu, 13 May 2020 13:00 WIB
Doa dan Amalan Malam Lailatul Qadar yang Dianjurkan Rasulullah SAW
caption
Malam lailatul qadar adalah malam yang ditunggu-tunggu pada bulan Ramadan. Saat malam penuh keberkahan tersebut datang, sebagai seorang Muslim dianjurkan untuk berdoa dan melakukan beberapa amalan. Sudah tahukan lafal doa dan amalan-amalannya?

Memasuki minggu ke-3 pada bulan Ramadan tandanya sudah menjelang malam Lailatul Qadar. Malam di mana disebutkan sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan yang khusus diberikan kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, sebagaimana yang digambarkan di dalam Alquran.

Malam Lailatul Qadar Mempunyai Tanda-tanda Sebagai Berikut



Foto: https://www.pexels.com/

Meski tidak diketahui secara pasti kapan datangnya malam Lailatul Qadarterdapat beberapa riwayat yang menyebutkan bahwa tanda-tanda datangnya malam Lailatul Qadar adalah matahari tidak bersinar seterik siang harinya, udara pun tak terlalu panas maupun dingin, suasana pada malam tersebut sangat hening serta tenang, bahkan tak ada pula gonggongan anjing maupun binatang lainnya. Tanda-tanda tersebut diyakini bahwa malam Lailatul Qadar telah tiba.


Doa yang Dianjurkan Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam



Pada malam Lailatul Qadar, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam menganjurkan umat Muslim untuk membaca doa, seperti yang terdapat dalam hadits berikut;

 عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ قُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ أَرَأَيْتَ إِنْ عَلِمْتُ أَىُّ لَيْلَةٍ لَيْلَةُ الْقَدْرِ مَا أَقُولُ فِيهَا قَالَ  قُولِى اللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّى


Dari ‘Aisyah –radhiyallahu ‘anha-, ia berkata, “Aku pernah bertanya pada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, yaitu jika saja ada suatu hari yang aku tahu bahwa malam tersebut adalah lailatul qadar, lantas apa do’a yang mesti kuucapkan?” Jawab Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Berdo’alah: Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu’anni (Ya Allah, Engkau Maha Pemaaf dan Engkau mencintai orang yang meminta maaf, karenanya maafkanlah aku).” (HR. Tirmidzi no. 3513 dan Ibnu Majah no. 3850)https://rumaysho.com/

Berdasarkan hadits tersebut, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam menganjurkan untuk memperbanyak berdoa terutama meminta ampunan kepada Allah subhanahu wa ta'ala atas dosa-dosa yang telah diperbuat selama hidup.


Amalan-amalan yang Dilakukan pada Malam-malam Menjelang Malam Lailatul Qadar



Foto: https://images.pexels.com/

Selain memperbanyak doa meminta ampunan kepada Allah subhanahu wa ta'ala, kita juga dianjurkan untuk melakukan amalan-amalan lainnya. Seperti berikut;

1. Senantiasa Berdzikir

Amalan ini sangatlah mudah dilakukan. Kita bisa melakukannya dengan kondisi apapun. Daripada melamun atau menganggur tak jelas, lebih baik berdzikir. Perbanyak dari biasanya. Lafalkan takbir, hamdalah, istighfar, asmaul husna, dan lainnya pun termasuk amalan dzikir.

2. Melakukan Sholat Sunnah

Selain menunaikan sholat wajib 5 waktu, amalan yang bisa dilakukan pada malam Lailatul Qadar adalah sholat sunnah. Seperti sholat hajat dan tahajud. Seperti dalam hadits berikut;

Dari Abu Hurairah radhiallahu 'anha: Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "“Siapa saja yang melaksanakan sholat saat malam Lailatul Qadar karena iman dan berharap pahala dari Allah, dosa-dosanya akan diampuni.” (H.R. Bukhori)

3. Membaca Alquran

Amalan ini tentu selama Ramadan dianjurkan untuk dilakukan. Namun, saat malam Lailatul Qadar sangat dianjurkan lagi. Karena pada malam ini malaikat turun berbarengan dengan keberkahan yang Allah subhanahu wa ta'ala.

4. Beriktikaf di Masjid

Meski tak dianjurkan, tetapi biasanya umat Muslim beriktikaf atau berdiam diri di masjid untuk mendekatkan diri kepada Allah subhanahu wa ta'ala. Namun harus dengan niat untuk Allah, ya.

5. Sholawat atas Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam

Memperbanyak melakukan amalan ini juga dianjurkan saat menyambut malam Lailatul Qadar.

6. Memperbanyak Berdoa

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, doa meminta ampunan dilafalkan dengan sungguh-sungguh sebanyak dan sesering mungkin pada malam Lailatul Qadar.

7. Bersuci Diri Lahir dan Batin

Tak hanya batin saja, namun secara lahir pun kita dianjurkan untuk bersuci. Seperti mandi, berwudhu, memakai wewangian untuk menyambut malam Lailatul Qadar. Selain amalan-amalan tersebut, masih ada banyak lagi amalan yang bisa dilakukan untuk menyambut malam Lailatul Qadar.
(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id