sign up SIGN UP

MUSLIM

Duh! Ternyata Ini Dia Hal-Hal yang Bisa Kurangi Pahala Puasa

Rumaysha Milhania | Senin, 04 May 2020 06:00 WIB
Duh! Ternyata Ini Dia Hal-Hal yang Bisa Kurangi Pahala Puasa
caption
Ingin mendapatkan pahala dan kebaikan penuh selama bulan Ramadan? Jauhi hal-hal ini karena ternyata bisa mengurangi pahala selama menjalani ibadah Ramadan!

Ramadan merupakan bulan suci di mana amalan-amalan yang dilakukan selama bulan ini akan dilipatgandakan pahalanya. Tentu semua muslim akan berlomba-lomba untuk bisa mendapatkan yang terbaik dalam mengumpulkan bekal saat nanti kita menghadap Allah. Sayangnya, pahala yang dikumpulkan selama Ramadan ini juga bisa berkurang atau bahkan habis jika kita melakukan kesalahan-kesalahan kecil selama berpuasa. Untuk itu, simak beberapa hal yang bisa mengurangi pahala selama puasa agar kita bisa menghindarinya berikut ini.

1. Berbohong

Tentu kamu tahu bahwa berbohong merupakan bagian dari tindakan yang masuk dalam kategori dosa. Tidak hanya dalam konteks agama, berbohong juga merupakan tindakan yang tidak dianjurkan dari segi kehidupan sosial. Saat berpuasa, berbohong juga merupakan bagian dari hal yang dapat mengurangi pahala. Jadi, tidak ada salahnya untuk berlatih jujur selama Ramadan.


Foto: https://www.positiveparentingsolutions.com/


2. Ghibah atau Membicarakan Orang Lain

Jika kamu suka bergosip, pastikan untuk segera menghentikan kebiasaan buruk ini selama Ramadan. Pasalnya, tidak hanya dosa, kebiasaan ghibah atau membicarakan orang lain ini juga dapat mengurangi pahala puasa. Bahkan, pahala-pahala puasa yang sudah kamu peroleh kemarin juga bisa berpindah ke orang yang kamu bicarakan, lho!
 



3. Marah dan Bertengkar

Menahan amarah adalah salah satu hikmah dari puasa. Belajarlah untuk mengendalikan emosi. Tentu kamu tahu jika emosi yang meluap-luap dapat berakhir pada kondisi yang sangat amat buruk. Bahkan kemarahan yang meluap-luap juga dapat menyebabkan keadaan semakin bertambah rumit. Jadi, jika ada sesuatu yang membuatmu kesal, segera beristigfar dan ambil air wudhu untuk menenangkan diri.
 



Foto: https://www.dreamstime.com/


4. Melihat Hal-Hal yang Dilarang

Tidak hanya menahan makan, minum, dan emosi, hawa nafsu selama berpuasa juga harus ditahan. Jadi, pastikan kamu tidak melihat hal-hal yang dilarang, ya! Jaga matamu agar hati dan pikiranmu juga tetap bersih seama menjalani ibadah puasa.
 



5. Berkata Kotor atau Kasar

Terakhir, keburukan lisan yang satu ini juga kerap menjadi penyebab berkurangnya pahala puasa. Hindari kebiasaan berkata kotor atau kasar selama menjalani ibadah Ramadan. Cobalah untuk menjaga lisan agar hanya berkata yang baik-baik. Dengan begitu, semoga kebiasaan buruk ini bisa benar-benar hilang dari kebiasaan.
 


(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id