sign up SIGN UP

MUSLIM

Ingin Mukena Awet? Ini 5 Cara Merawatnya!

Izzul Millati Umami | Minggu, 30 Aug 2020 18:00 WIB
Ingin Mukena Awet? Ini 5 Cara Merawatnya!
caption
Jakarta -

Ladies, mukenah merupakan salah satu perangkat ibadah sholat yang kerap digunakan wanita di Indonesia. Mukenah sangat rentan tak awet, dan berjamur. Hal ini terjadi karena sehabis wudlu, orang langsung mengenakan mukena apalagi area kepala masih dalam keadaan agak basah dan lembap. Mukenah yang berjamur  dapat ditandai dengan munculnya bintik hitam pada area kening atau kepala.

Penggunaan mukenah kerap kali tak awet dipakai, mudah berjamur, dan bau apek. Tentu, hal ini dapat mengganggu konsentrasi ibadah ladies, dan orang sekitar bukan? Nah untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, maka mukenah butuh perawatan ekstra untuk menjaga kualitas dan kebersihannya. Berikut 5 tips merawat mukenah agar awet dan tidak berjamur:

1. Keringkan Wajah Seetelah Wudhu

Merawat Mukena
Merawat Mukena/Sumber:instagram.com/mukenaelsa

Ladies, selesai wudhu harapnya langsung mengeringkan area wajah dan kepala dengan handuk. Hal ini dilakukan untuk menghindari jamur yang bersarang di area tersebut. Jika tak dikeringkan maka akan menyebabkan mukena lembab dan ini rentan menimbulkan jamur pada mukena. Tentu bikin risih, kan? Nah, ubah kebiasaan langsung memakai memakai mukenah seusai wudlu.

2. Cuci Mukena Secara Rutin

Cara Merawat Mukena
Cara Merawat Mukena/Sumber:instagram.com/mukenaelsa

Untuk menjaga kebersihan mukenah, sebaiknya rutin mencuci mukenah tiap dua minggu sekali. Selain, itu hindari mencuci mukenah dengan menggunakan mesin cuci karena dapat mempercepat kerusakan pada serat kain mukenah. Meski mencuci manual dirasa agak ribet, namun itu merupakan pilihan yang tepat untuk membuat mukenah awet dan tak bau apek. Selain itu, kebersihan mukenah juga dijamin.

3. Hindari Paparan Sinar Matahari Berlebihan

Cara Tepat Merawat Mukena
Cara Tepat Merawat Mukena/Sumber:instagram.com/mukenaelsa

Keringkan mukenah setelah dicuci dengan paparan panas sinar matahari yang cukup. Jika mukenah terpapar sinar matahari yang berlebihan akan membuat warna pada mukenah cepat luntur dan membuat serat kain mukenah tipis dan cepat rusak.

4. Koleksi Mukenah Lain Sebagai Cadangan

Pemakaian mukenah secara terus menerus dapat menyebabkan warna pada mukenah luntur. Nah, untuk mencegah hal demikian terjadi, coba koleksi mukenah lain untuk dipakai secara bergantian. Tips ini juga membuat mukenah jadi lebih awet dan terawat, loh.

5. Gantung Mukenah

Menggantung Mukena
Menggantung Mukena/Sumber:instagram.com/mukenaelsa

Mukenah umumnya dipakai lima kali sehari. Penggunaaan mukenah yang secara terus menerus kerap membuat mukenah cepat bau apek dan berjamur karena dipakai dalam keadaan lembab. Untuk mencegah jamur bersarang sebaiknya rutin gantung mukenah setelah dipakai. Gantung secara melebar dan terpapar udara segar agar cepat kering dan rentan berjamur.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id