sign up SIGN UP

MUSLIM

Ingin Rambut Tetap Terawat Meskipun Menggunakan Hijab? Yuk, Intip Rekomendasi Perawatan Rambut Hijabers Berikut Ini

Rumaysha Milhania | Jumat, 02 Feb 2018 07:00 WIB
Ingin Rambut Tetap Terawat Meskipun Menggunakan Hijab? Yuk, Intip Rekomendasi Perawatan Rambut Hijabers Berikut Ini
caption
Bagi para hijabers, perawatan rambut seringkali terabaikan karena rambut yang memang selalu tertutup setiap harinya. Padahal, bukan karena tidak terkena matahari perawatan rambut menjadi dilupakan. Faktanya, rambut yang tertutup hijab juga memiliki masalahnya sendiri sehingga tetap membutuhkan perawatan. Kira-kira apa saja ya perawatan yang harus kamu lakukan? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

Rambut para hijabers yang selalu tertutup memang tidak pernah terekspos matahari dan polusi di luar. Akan tetapi, faktanya, masalah rambut rontok berketombe juga tetap dihadapi oleh para hijabers. Hal ini disebabkan para hijabers relatif mengacuhkan perawatan rambut yang seharusnya tetap dilakukan, khususnya untuk rambut yang selalu tertutup. Nah, berikut ini adalah beberapa tips yang wajib kamu simak untuk dapat merawat rambut dengan baik meskipun menggunakan hijab :
 


Foto: https://www.instagram.com/dwihandaanda/

Perhatikan Penggunaan Hijab

Untuk dapat merawat rambut dengan baik, kamu harus memperhatikan hijab yang kamu gunakan sehari-hari. Beberapa hijab memiliki tekstur yang kasar sehingga dapat menimbulkan gesekan pada rambut. Itulah yang membuat rambut menjadi kasar dan rapuh. Pilihlah bahan hijab yang menyerap keringat dengan baik dengan tekstur lembut. Dengan begitu, rambut yang tertutupi mendapatkan sirkulasi udara yang baik. 
 


Foto: https://www.instagram.com/dwihandaanda/


 


Ikat Rambut Dengan Baik

Kamu juga perlu memerhatikan ikatan rambut yang biasa kamu gunakan. Jangan terlalu kencang mengikat rambut karena dapat membuat akar rambut melemah. Tidak hanya itu, kamu juga akan mudah merasa pusing dan tidak nyaman karena ikatan yang terlalu ketat. Gunakan juga ikatan yang tidak terlalu berat agar rambut tidak menanggung beban yang berlebihan.
 


Foto: https://www.ummi-online.com/


 


Cuci Rambut Dengan Teratur

Kenali karakter rambutmu untuk mengetahui jadwal keramas atau mencuci rambut yang tepat. Untuk rambut yang kering, hindari terlalu sering keramas karena dapat membuat rambut kamu menjadi semakin kering. Jadwalkan keramas setidaknya dua hari sekali. Sedangkan untuk kamu yang memiliki rambut berminyak, mencuci rambut setiap hari dapat menjadi solusi yang tepat. Apalagi jika rambutmu sudah terlalu lama tertutup hijab sehingga membuatnya menjadi semakin lepek.
 


Foto: https://www.ummi-online.com/

 

Perawatan Ekstra

Terakhir, jangan lupa untuk memperhatikan asupan nutrisi ekstra untuk rambut. Kamu dapat secara rutin menggunakan hair mask atau creambath setiap seminggu sekali. Kamu dapat melakukannya sendiri di akhir pekan atau pergi ke salon. Namun, agar lebih hemat, perawatan sendiri di rumah juga tidak akan terlalu merepotkan. Apalagi sudah ada banyak sekali produk perawatan rambut yang bisa kamu beli dan gunakan sendiri di rumah.
 


Foto: https://www.instagram.com/dwihandaanda/


Nah, itulah beberapa tips yang dapat kamu coba untuk merawat rambut berhijab. Jangan lupa untuk menggunakan tonik dan hair mist agar rambut tidak apek karena seharian tertutup hijab. Selamat mencoba, ya!
 


(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id