sign up SIGN UP

MUSLIM

Masih Suka Skip Makan Sahur? Duh, Baca Dulu Resiko Kesehatan yang Bisa Terjadi!

Izzul Umami | Sabtu, 02 May 2020 20:00 WIB
Masih Suka Skip Makan Sahur? Duh, Baca Dulu Resiko Kesehatan yang Bisa Terjadi!
caption
Selama puasa, siapa yang masih suka skip sahur? Hati-hati ya ladies, skip sahur bisa menimbulkan resiko kesehatan ini.

Banyak di antara kita yang masih menganggap remeh makan sahur. Sebagian dari kita merasa tetap baik-baik saja menjalani puasa tanpa makan sahur sebelumnya. Ladies, bila kebiasaan ini masih sering kamu lakukan, siap-siap aja deh akan ada banyak sekali resiko kesehatan yang mengintai. Kamu harus paham bahwa melewatkan makan sahur bisa mengakibatkan 4 bahaya kesehatan berikut.



 


1. Kegemukan



Kegemukan merupakan resiko paling besar bagi siapa saja yang melewatkan makan sahur. Lho, kok bisa? Tubuh yang kekurangan energi akibat tidak sahur lebih rentan mengalami lonjakan berat badan karena sinyal otak mengirim tanda untuk ‘balas dendam’. Ketika balas dendam ini tiba, kamu cenderung untuk lebih suka menambah porsi makan lebih banyak sebagai pengganti energi yang hilang. Akibatnya, berat badan jadi susah terkontrol.



Foto: Istimewa


 


2. Dehidrasi



Ketika jam sahur tiba, tentu saja Ladies juga butuh asupan cairan untuk menjaganya tetap terhidrasi. Pada saat jam makan sahur tiba, cukupi kebutuhan cairan kamu dengan air putih yang cukup. Nantinya, air putih ini akan membantu tubuh selalu bugar dan kuat jalani puasa selama seharian penuh. Well, bila kamu skip sahur, yang terjadi adalah tubuh cepat lemas seiring semakin berkurangnya cadangan cairan yang tersisa.


Foto: Istimewa


 


3. Susah Fokus



Kamu juga bakal kehilangan fokus akibat tak terpenuhinya energi sebagai persiapan puasa. Hal ini bakal bertambah parah bila kamu adalah seorang pekerja yang membutuhkan asupan energi lebih banyak dari biasanya. Kalau kamu seorang pekerja dan lagi jalani bulan puasa, pastikan untuk selalu sempatkan sahur.


Foto: Istimewa


 


4. Resiko Pingsan



Resiko pingsan juga jadi salah satu hal yang terjadi bila ladies melewatkan makan sahur. Hal ini terjadi karena tubuh yang kaget akibat perubahan kondisi energi tubuh yang berkurang drastis. Akibatnya, tubuh jadi tak kuat dan resiko pingsan bisa terjadi. 

 


Foto: Istimewa


 


Kalau sudah tau bahaya dari skip sahur, masih mau nih menjalani puasa dengan melewatkan makan sahur? Padahal, sahur itu penting banget. Sahur bikin kita jadi lebih bertenaga dan kuat menjalani hari selama bulan ramadhan. 

 


(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id