sign up SIGN UP

MUSLIM

Penuh Makna, Sejarah 5 Masjid Terindah di Dunia Ini Bikin Merinding

Mustika Jati | Senin, 25 Mar 2019 08:45 WIB
Penuh Makna, Sejarah 5 Masjid Terindah di Dunia Ini Bikin Merinding
caption
Ladies, selain memiliki fungsi sebagai tempat ibadah umat muslim, masjid juga memiliki peranan penting dalam perkembangan arsitektur di dunia. Menara, kubah, serta ukiran kaligrafi merupakan beberapa ciri khas arsitektur Islam yang diperlihatkan pada bangunan masjid. Namun ternyata, masjid yang tersebar di dunia tidak menampilkan arsitektur Islam dengan nilai estetika yang luar biasa, tapi juga sejarah mengagumkan yang tersimpan di balik pembuatannya. Berikut sejarah 5 masjid terindah di dunia yang wajib kamu tahu.

Masjid Biru di Istanbul


Foto: https://cdn.hiconsumption.com/wp-content/uploads/2014/08/The-Blue-Mosque-Istanbul.jpg
Di deretan pertama ada Blue Mosque atau kita kenal dengan nama Masjid Biru.  Nama resminya adalah Masjid Sultan Ahmed, tetapi lebih dikenal sebagai Masjid Biru karena ubin biru yang menghiasi dinding bagian dalam. Ada sekitar 20.000 ubin keramik buatan tangan yang berkualitas dan sangat indah.

Di lantai atas kamu akan menemukan desain interior chandelier yang membuat masjid ini sangat megah. Uniknya di masjid ini menggunakan telur burung unta yang diletakkan di atas lampu untuk mengusir laba-laba. Sehingga masjid ini tak terlihat usang dan senantiasa megah menawan.

Masjid Agung Sheikh Zayed di Abu Dhabi


Foto: https://cdn.hiconsumption.com/wp-content/uploads/2014/08/Sheikh-Zayed-Grand-Mosque-Abu-Dhabi.jpg
Ladies, kalau kamu punya kesempatan untuk mampi ke Abu Dhabi jangan lupa untuk singgah ke Masjid Agung Sheikh Zayed satu ini, ya. Di sini terdapat karpet terbesar di dunia yang memilki desain super megah.

Masjid ini juga menyandang predikat sebagai masjid terbesar di dunia dengan tampungan lebih dari 40.000 orang beribadah lho, Ladies. Keistimewaan dari masjid ini adalah pencahayaan yang berada di luar masjid. Katanya, dinding masjid ini memproyeksikan awan dan akan berubah terang serta gelap bergantung dengan bulan Islam.

Masjid Nusrat Djahan di Copenhagen


Foto: https://cdn.hiconsumption.com/wp-content/uploads/2014/08/Nusrat-Djahan-Mosque-Copenhagen.jpg
Siapa bilang di Eropa tidak memiliki bangunan masjid? Nyatanya ada Masjid Nusrat Djahan di Denmark, Eropa. FYI, empat persen dari masyarakat Denmark merupakan muslim, dan kini jumlahnya terus bertambah. Masjid ini bisa dibilang sedikit kuno karena sudah dibangun sejak tahun 1967. Masjid ini dibuka pertama kali oleh masyarakat muslim Ahmadiyah yang telah lama tinggal di Denmark.

The Great Mosque Of Cordoba di Spanyol


Foto: https://www.ruralidays.com/blog/wp-content/uploads/2016/08/The-Mosque-Cathedral-of-Cordoba.jpg
Kalau punya kesempatan untuk datang ke masjid agung satu ini, pasti kamu berdecak kagum dan nggak akan pernah pengen meninggalkan masjid. Sebegitu megah dan indahnya sampai kamu nggak bisa berkata-kata.

Masjid ini memiliki perpaduan antara desain gereja dan muslim. Bangunan ini memang awalnya adalah gereja Kristen yang dibangun oleh Visigoth pada abad 400 M. Namun, setelah adanya peperangan gereja tersebut diubah menjadi masjid Islam yang sangat mewah dan menakjubkan.

Sebenarnya, masjid ini tak lagi menjadi tempat ibadah bagi kaum muslim. Ini dikarenakan setelah Reconquista (periode di antara awal penaklukan oleh kaum muslim hingga runtuhnya Granada sebagai sebagai negara Islam terakhir) yang terjadi di Semenanjung Iberia, masjid ini kembali menjadi sebuah gereja. 

Masjid Al Haram di Mekah


Foto: https://farm8.staticflickr.com/7285/9512608811_4d1549087e_b.jpg
Kalau membicarakan masjid terindah di dunia, Masjid Al Haram di Mekah adalah salah satu masjid yang tak boleh kamu lewatkan. Masjid terbesar dan tertua di dunia ini merupakan tempat ibadah suci dalam agama Islam. Banyak masyarakat muslim di dunia rela menghabiskan tabungannya untuk dapat berdoa di Mekah, khususnya Ka'bah.

Menurut sejarah agama Islam, Ka'bah sudah lebih dahulu ada sebelum Masjidil Haram dibangun. Adalah Nabi Ibrahim dan putranya, Ismail, yang pertama kali memasang pondasi Ka'bah. Allah SWT yang menunjukkan kepada Ibrahim lokasi di mana dia harus mendirikan Ka'bah, yakni dekat dengan lokasi Sumur Zamzam. Ka'bah mulai dibangun Ibrahim dan Ismail pada 2.130 SM. Sebuah Batu Hitam, atau Hajar Aswad, yang dibawakan oleh malaikat utusan Allah SWT, dipasang di sudut sebelah timur Ka'bah.


Sudah masukkan 5 masjid terindah ini dalam daftar tujuan wajib singgah berikutnya?
(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id