sign up SIGN UP

MUSLIM

Rambut Sehat Walau Berhijab? Baca Dulu Tips Berikut Ini!

Fahira mahza | Selasa, 22 Dec 2020 12:30 WIB
Rambut Sehat Walau Berhijab? Baca Dulu Tips Berikut Ini!
caption
Jakarta -

Hijab merupakan salah satu kewajiban seorang muslimah. Banyak yang mengira bahwa dengan menggunakan hijab rambut akan lebih terlindungi oleh matahari dan udara. Mungkin hal tersebut ada benarnya namun penggunaan hijab juga membuat rambut dan kulit kepala lebih lembab dan sulit bernapas sehingga akan membuat rambut lebih mudah patah dan berminyak. Karena itu diperlukan beberapa cara khusus dalam merawat rambut berhijab agar rambut tetap sehat dan indah.

1. Lepas hijab ketika berada di rumah

Ilustrasi lepas hijab di rumah
Foto: freepik.com

Ketika kamu tidak sedang beraktivitas di luar dan berada di rumah, sebaiknya kamu melepas hijabmu. Hal ini bertujuan agar rambut yang biasanya tertutup oleh kain bisa beristirahat dan rambut mendapatkan udara segara sehingga sirkulasi udara di kulit kepala lebih baik dan lancar. Selain itu, hal ini juga akan mengurangi keadaan kulit kepala yang lembab.

2. Sisir rambut sebelum mandi

Ilustrasi sisir rambut sebelum mandj
Foto: freepik.com

Saat kamu ingin mandi sebaiknya kamu menyisir rambutmu terlebih dahulu. Hal ini ternyata sangat penting dilakukan karena membuat rambut terhindar dari pecah-pecah dan rusak akibat rambut yang diikat ketika menggunakan hijab. Gunakan sisir dengan gigi yang tidak terlalu rapat dan sisirlah perlahan.

3. Gunakan shampo khusus yang sesuai dengan rambutmu

Ilustrasi shampo
Foto: freepik.com

Rambut yang tertutup hijab biasanya lebih lembab dan berminyak. Karena beberapa masalah rambut timbul akibat keadaan kulit kepala yang lembab, maka pilihlah shampoo yang dapat mengatasi masalah rambutmu tersebut.

Selain itu jangan terlalu sering keramas, tetapkan frekuensi keramas dalam seminggu agar pH kulit kepala tetap normal. Biasakan mencuci kepala dengan air dingin di banding air panas karena air dingin dapat mengurangi kerontokan.

4. Ganti gaya ikatan rambut

Ilustrasi gaya ikat rambut
Foto: freepik.com

Saat kamu menggunakan hijab, biasanya kamu akan mengikat rambutmu agar tidak mengganggu. Ikatan rambut tersebut akan menimbulkan bekas dan membentuk rambut, untuk menghindari hal tersebut ada baiknya kamu mengganti gaya ikatan rambutmu tiap minggu. Jika minggu ini kamu mengikat gaya ponytail minggu berikutnya bisa kamu ubah menjadi buns atau kepang.

5. Keringkan rambut sebelum menggunakan hijab

Ilustrasi keringkan rambut
Foto: freepik.com

Jangan pernah menggunakan hijab ketika rambut kamu masih basah karena akan membuat rambut kamu terlalu lembab dan berminyak. Kamu juga harus menghindari mengikat rambut saat masih basah. Rambut yang basah akan menjadi sarang jamur dan mudah menimbulkan ketombe. Keringkan rambut terlebih dahulu sebelum menggunakan hijab. Kamu bisa menggunakan handuk ataupun hair dryer.

Beberapa cara tersebut dapat kamu coba untuk merawat rambutmu agar tetap sehat dan cantik walaupun menggunakan hijab. Selamat mencoba!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id