sign up SIGN UP

MUSLIM

Rekomendasi Bahan Hijab Segi Empat dan Pashmina yang Wajib Kamu Punya!

Dian Aprilia | Senin, 26 Oct 2020 14:30 WIB
Rekomendasi Bahan Hijab Segi Empat dan Pashmina yang Wajib Kamu Punya!
caption
Jakarta -

Ladies, lagi bingung mau pilih hijab berbahan apa? Saat ini kita mudah sekali menemukan beragam toko offline ataupun online yang menjual berbagai jenis hijab. Mulai dari hijab polos, bermotif, instan, hijab segi empat, pashmina dan lain-lain.

Selain dari jenis atau bentuk hijabnya, hijab juga terdiri dari berbagai macam bahan. Mulai dari voal, polycotton, spandek, hingga sifon.

Namun banyak dari kita yang tidak tahu tentang jenis bahan tersebut sehingga membuat kita bingung mau membeli hijab berbahan apa. Untuk itu kamu perlu tahu jenis bahan hijab segi empat dan pashmina yang berkualitas sebagai panduan kamu membeli hijab terbaikmu. 

Sebab memilih jenis bahan hijab yang tepat bisa bikin penampilanmu menawan, nyaman, serta sesuai dengan selera dan bentuk wajah.

Berikut beautynesia.id telah merangkum 4 jenis bahan hijab super bagus dan berkualitas yang wajib kamu punya:

Voal

Voal Hijab
Voal hijab/instagram.com/hananialabel

Salah satu bahan hijab segi empat dan pashmina yang terbaik dan jadi primadona di kalangan hijabers adalah voal. Bahan ini memiliki karakteristik lembut, halus, tidak transparan dan mudah dibentuk. Bahan ini terdiri dari 100% katun dan tipis sehingga sangat ringan.

Keunggulan bahan hijab voal ini adalah nyaman digunakan karena terbuat dari serat alami dan tidak bikin gerah. Sehingga dipakai pada saat cuaca panas pun tidak masalah karena bahannya mudah menyerap keringat.

Salah satu kelemahan bahan ini adalah tidak bisa langsung rapi, jika digeser-geser gampang bikin bentuk hijab gelombang-gelombang atau mleyot. Jadi jika pakai bahan hijab ini disarankan tidak terlalu banyak gerakan pada hijab yang bisa bikin hijabmu berantakan dan tidak rapi.

Polycotton

Polycotton
Polycotton/instagram.com/dyr_id

Tak kalah dengan bahan voal, polycotton juga jadi bahan yang difavoritkan oleh banyak hijabers. Polycotton terdiri dari campuran polyester dan cotton. Karakteristik bahan ini ialah seratnya lembut, tidak terlalu transparan, jadi jika dilipat atau dipakai bersama dengan ciput, bagian dalam atau rambut tidak akan terlihat.

Kelebihan dari bahan ini adalah tidak mudah kusut dan cocok dipakai untuk jalan-jalan atau aktivitas yang membutuhkan banyak gerak fisik. Namun, bahan ini memiliki kekurangan yakni kurang menyerap keringat sehingga bikin hijab mudah bau. Selain itu kainnya yang licin membuat polycotton tidak mudah dibentuk.

Diamond

Diamond Italiano
Diamond Italiano/instagram.com/griyahilmishopping_

Kain jenis diamond ini memiliki tekstur berpasir dan agak elastis. Selain itu ada pula yang menyebutnya bertekstur seperti kulit jeruk. Bahan jenis ini sangat nyaman ketika dipakai, sebab bahannya mudah dibentuk dan disesuaikan dengan wajah.

Ada banyak sekali ragam bahan diamond yang bisa jadi pilihan hijab kamu. Diantaranya adalah cerutti atau crepe yang bertekstur lembut dan tidak panas. Serta diamond italiano yang lebih tebal dan bertekstur kasar. Salah satu kelemahan bahan jenis ini adalah mudah bikin ‘budek’ jika terlalu banyak lilitan.

Sifon

Hijab sifon
Sifon/www.instagram.com/bellasquare.official

Bahan hijab berkualitas yang terakhir ialah sifon. Hijab berbahan sifon pada umumnya terbuat dari serat sintesis. Jenis ini memberikan efek flowy yang anggun sehingga banyak diminati oleh para hijabers.

Kelebihan bahan jenis sifon adalah tekstur kainnya yang jatuh, ringan, lembut, kain tidak terlalu kaku dan mudah dibentuk. Meski agak transparan, tapi jika dilipat dan ditambahkan dengan pemakaian ciput, rambut dan bagian dalam tidak akan terlihat.

Kelemahan dari bahan ini adalah bahan mudah mengkerut dan kurang bisa menyerap keringat. Jadi bagi kalian yang tinggal di daerah panas atau mau beraktifitas fisik, sebaiknya tidak menggunakan jenis hijab ini.

Itulah 4 bahan hijab segi empat dan pashmina yang berkualitas bagus dan wajib kamu punya. Tertarik untuk membelinya, ladies?

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id