sign up SIGN UP

MUSLIM

Tingkatkan Semangat Ramadan! Begini Cara Agar Ibadah di Bulan Puasa Tetap Maksimal Saat PSBB

Rumaysha Milhania | Sabtu, 25 Apr 2020 00:00 WIB
Tingkatkan Semangat Ramadan! Begini Cara Agar Ibadah di Bulan Puasa Tetap Maksimal Saat PSBB
caption
PSBB di Jabodetabek sepertinya masih akan diberlakukan sepanjang bulan Ramadan. Tapi jangan khawatir, ini dia cara agar kamu bisa tetap semangat memaksimalkan ibadah Ramadan selama pandemi.

Pandemi virus corona yang menyebar di seluruh dunia berdampak langsung pada kehidupan seluruh masyarakat. Bagi umat Islam, tentu kondisi ini akan menjadi sebuah momen tidak biasa di mana mereka harus menjalani ibadah Ramadan dengan situasi yang tidak normal. Pemerintah Indonesia hingga saat ini masih menerapkan aturan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Bahkan, sangat mungkin jika kondisi ini akan terus berlanjut hingga Idul Fitri nantinya. Tapi jangan khawatir, meskipun akan menjadi Ramadan yang berbeda, berikut ini adalah beberapa tips untuk bisa memaksimalkan ibadah Ramadan selama PSBB.

1. Siapkan Suasana Rumah Menyambut Ramadan

Mungkin Ramadan kali ini akan berbeda di mana tidak ada suara jamaah melangsungkan tarawih di masjid. Tidak akan ada pula pasar-pasar malam yang menjual makanan takjil untuk didatangi selama waktu-waktu menjelang buka puasa. Namun, kamu masih bisa membuat suasana rumah lebih kondusif dengan menyiapkan rumah untuk menyambut bulan suci. Kamu dapat memulainya dengan membersihkan dan merapikan rumah agar nyaman untuk menjadi tempat beraktivitas dan beribadah.


Foto: https://www.gmanetwork.com/


2. Buatlah Target Ibadah Harian

Selama kamu melakukan karantina atau isolasi diri di rumah, itu artinya kamu bisa banyak meluangkan waktu untuk beribadah dan melakukan amalan-amalan sunnah. Jika biasanya kamu akan sibuk dengan jadwal buka puasa bersama yang memakan waktu hingga larut dan menghabiskan banyak uang, kamu bisa mengalihkannya untuk bersedekah dan meluangkan waktu untuk bisa salat tarawih satu bulan penuh tanpa bolong.
 



3. Pesan Takjil Online

Membeli takjil secara online juga akan dapat menjadi sarana beramal di bulan Ramadan. Selain menyalurkan rezeki ke pedagang dan ojek online, kamu juga bisa memesankan takjil untuk driver ojek online atau bahkan memintanya untuk membagikan pesananmu untuk orang-orang yang membutuhkan di luar sana. Beramal baik tidak harus keluar rumah, bukan?
 



Foto: https://www.khaleejtimes.com/


4. Maksimalkan Sunnah-Sunnah Puasa

Melakukan isolasi diri di rumah juga akan mampu membuat kamu memiliki banyak waktu untuk menjalani sunnah-sunnah selama berpuasa. Jadi, jangan lewatkan kesempatan besar dalam mengumpulkan amalan sebanyak-banyaknya.
 



5. Berdiam Diri di Rumah Juga Ibadah

Terakhir, jangan lupa untuk meniatkan karantina diri yang kamu lakukan sebagai cara untuk menjaga diri dan orang lain dari penyakit. Hal ini akan membuat seluruh kegiatan yang kamu lakukan di rumah menjadi ibadah. 


(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id