sign up SIGN UP

MUSLIM

Wah, Ini Dia Jenis-Jenis Acara Televisi yang Selalu Ada Menyambut Bulan Puasa

Rumaysha Milhania | Kamis, 19 Apr 2018 02:30 WIB
Wah, Ini Dia Jenis-Jenis Acara Televisi yang Selalu Ada Menyambut Bulan Puasa
caption
Ramadhan sebentar lagi! Sebagai salah satu negara dengan populasi muslim sebagai mayoritas, tentu suasana bulan suci ini akan sangat berkesan dan terasa spesial di Indonesia. Salah satu penuansaan yang terasa saat bulan puasa adalah perubahan tayangan-tayangan televisi yang didominasi oleh acara-acara reliji. Nah, berikut ini adalah beberapa jenis acara televisi yang selalu ada saat bulan Ramadhan. Apa saja, ya? Yuk, intip!


Acara Sahur

Momen yang paling berkesan selama bulan Ramadan adalah saat kita bersantap sahur bersama dengan keluarga. Biasanya, agar keheningan malam lebih terasa ramai, setiap rumah akan menyalakan televisi. Beragam acara sahur dapat kamu pilih, mulai dari acara komedi, sinetron, hingga kuis-kuis yang seru lainnya. Acara sahur biasanya akan selesai sesaat sebelum atau sesudah adzan Shubuh.
 


Foto: https://www.febrian.web.id/


 



Liputan Islami

Jika di pagi hari acara televisi biasanya akan menayangkan berita, di bulan puasa akan ada satu acara yang disisipkan sebelum berita nasional. Acara tersebut adalah liputan Islami yang ditayangkan setelah adzan Shubuh. Biasanya akan ada banyak liputan mengenai sejarah Islam, kehidupan Muslim di dunia, hingga beragam info dan topik terkait keislaman.
 



Foto: https://www.youtube.com/watch?v=wqen1MIeMr0


 



Hijab Fashion

Di era fashion saat ini, tren hijab style sedang sangat populer dan banyak digemari oleh para muslimah. Jadi, tidak heran jika tayangan hijab fashion memiliki satu program tersendiri. Biasanya tayangan-tayangan yang mengulas tren hijab style masa kini ada setelah tayangan program berita nasional, yaitu sekitar pukul 8-9 pagi. Pada tayangan ini, kamu akan melihat beragam informasi terkait tren fashion hijab untuk para muslimah masa kini.
 


Foto: https://www.youtube.com/watch?v=MFUIdlLYKgE


 



Kompetisi Islami

Saat siang hari, acara akan berlanjut pada program kompetisi Islami yang diadakan oleh masing-masing stasiun televisi. Biasanya kompetisi tersebut merupakan kompetisi dakwah atau kompetisi membaca al-Qur'an. Peserta dari kompetisi-kompetisi ini lebih difokuskan pada anak-anak. Mereka seperti sedang melakukan program pesantren kilat selama Ramadhan saat mengikuti acara ini.
 


Foto: https://inibiodata.com/


 



Sinetron Islami

Saat hari sudah siang menjelang sore, acara televisi biasanya akan didominasi oleh tayangan sinetron Islami. Beberapa judul yang memang spesial hanya tayang di bulan Ramadhan akan sangat menarik perhatian penonton.
 


Foto: https://www.wowkeren.com/


 



Masak-Masak

Nah, di sore hari, biasanya stasiun TV akan menayangkan acara-acara kuliner. Salah satunya adalah program masak-masak yang menginspirasi resep makanan untuk sahur atau berbuka. Tidak jarang pula acara ini diletakkan di pagi hari sehingga para ibu dapat mencari referensi menu untuk buka puasa di hari itu.
 


Foto: https://lifestyle.sindonews.com/


 



Kultum Menjelang Maghrib

Kalau yang satu ini pasti tidak pernah kamu lewatkan saat sedang menanti waktu berbuka puasa. Ya, acara kultum atau kuliah tujuh menit yang biasanya dilakukan oleh para Ustadz tanah air akan menjadi tayangan menjelang adzan Maghrib berkumandang. Kira-kira Ustadz siapa yang paling kamu sukai tayangannya?
 


Foto: https://www.youtube.com/watch?v=FMmt8tzQGO4


Itulah sederet acara yang khas mewarnai televisi tanah air saat bulan puasa. Tidak hanya iklan sirup yang populer, acara-acara ini ternyata juga punya kesan tersendiri bagi tiap-tiap masyarakat. Jadi, selamat menyambut Ramadhan, ya!


(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id