sign up SIGN UP

MUSLIM

Wajib Tahu! Intip Beberapa Tips Silaturahmi Saat Pandemi

Pavita Sevilla | Kamis, 13 May 2021 16:15 WIB
Wajib Tahu! Intip Beberapa Tips Silaturahmi Saat Pandemi
caption
Jakarta -

Setelah sebulan berpuasa, tak terasa Idul Fitri 1442 H sudah berada di depan mata. Sayangnya, lebaran tahun 2021 ini kita masih berada dalam masa pandemi seperti tahun lalu. Rasanya akan ada yang kurang jika kita tidak bersilaturahmi saat hari raya Idul Fitri, bukan? Maka dari itu, jangan lupa untuk tetap menjaga tali silaturahmi ya.

Bagi kamu yang bingung bagaimana caranya bersilaturahmi saat pandemi, berikut rangkuman 7 tips silaturahmi saat pandemi yang bisa kamu lakukan.

1. Silaturahmi Melalui Video Call

Ilustrasi video call/pexels.com
Ilustrasi video call/pexels.com

Larangan mudik tahun ini membuat sebagian banyak orang tidak bisa bertemu dan berkumpul dengan keluarga dan orang-orang terkasih saat lebaran. Namun jangan khawatir, kamu tetap bisa bersilaturahmi dari jarak jauh kok. Kini, sudah banyak aplikasi untuk video call yang bisa kamu manfaatkan. Selain mendengar suaranya, kamu juga tetap bisa melihat keadaan keluarga serta orang-orang tersayang lainnya dengan video call.

2. Mengirimkan Parsel atau Hampers Lebaran

Contoh hampers lebaran/instagram.com/annsbakehouse
Contoh hampers lebaran/instagram.com/annsbakehouse

Untuk kamu yang memiliki rezeki lebih, bisa banget nih mengirimkan parsel atau hampers sebagai bentuk silaturahmi. Selain makanan, sekarang juga sudah banyak tersedia pilihan parsel dan hampers modern yang berisi alat makan, alat salat, makeup, skincare, dan lainnya. Cukup sesuaikan dengan apa yang dibutuhkan oleh penerima dan ketersediaan budget-mu.

3. Kartu Lebaran Digital

Ilustrasi kartu lebaran digital/canva.com
Ilustrasi kartu lebaran digital/canva.com

Ingin silaturahmi dengan cara yang simple? Kamu bisa mengirimkan kartu ucapan lebaran. Tak tanggung-tanggung, dengan kecanggihan yang ada sekarang, kartu lebaran pun dapat dibuat dalam bentuk digital dan bisa langsung dikirimkan melalui gadget-mu tanpa perlu repot-repot mengirim secara manual ke kantor pos.

Sudah banyak yang menawarkan jasa membuat desain kartu lebaran digital dengan harga yang bervariatif, mulai dari belasan ribu hingga puluhan ribu rupiah. Jika kamu merasa kurang puas dengan desain yang ada, kamu bisa membuat kartu ucapan digital sendiri, misalnya menggunakan aplikasi atau situs Canva.

Bagi yang ingin membuat kartu lebaran digital dengan sedikit game juga bisa, lho. Kamu bisa membuat kartu ucapan tersebut menggunakan situs carrd. Dengan begitu, kartu ucapan lebaranmu akan terasa lebih unik dan menarik.

4. Silaturahmi Langsung dengan Protokol Kesehatan

Membersihkan tangan dengan hand sanitizer/freepik.com
Membersihkan tangan dengan hand sanitizer/freepik.com

Meskipun masih di masa pandemi, tetapi beberapa tempat sudah mulai menyediakan salat Ied bersama. Setelah salat ied selesai, waktu tersebut bisa jadi digunakan sebagai momen untuk bersilaturahmi bersama tetangga atau warga sekitar. Namun, pastikan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan saat bersilaturahmi langsung nanti, dengan cara tetap menjaga jarak, memakai masker, memberi salam tanpa sentuhan, dan mencuci tangan serta membersihkan diri setelah pulang salat Ied.

Bagi yang tetap menerima tamu atau bertamu ke rumah kerabat lain secara langsung juga tetap harus memperhatikan protokol kesehatan. Selain protokol kesehatan yang telah disebutkan di atas, ada beberapa tips tambahan untuk silaturahmi dengan cara berkunjung langsung seperti ini, yaitu membersihkan rumah dengan disinfektan bagi pemilik rumah yang telah dikunjungi oleh tamu.

Usahakan tidak berkerumun di dalam rumah dengan banyak orang, tetap gunakan masker, menggunakan alat makan minum sendiri, jika tidak ada, lebih baik menggunakan alat makan dan minum sekali pakai, dan sering mencuci tangan.

Akhir kata, di masa pandemi ini, semoga kita tetap berada di dalam lindungan-Nya. Tetap jaga terus tali silaturahmi. Jangan sampai tidak bersilaturahmi hanya karena masih berada dalam masa pandemi. Selamat merayakan hari raya Idul Fitri 1442 H.

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id