sign up SIGN UP

LIFE

3 Aroma Essential Oil untuk Mengatasi Rasa Cemas

Zafira Raharjanti | Kamis, 10 Dec 2020 21:30 WIB
3 Aroma Essential Oil untuk Mengatasi Rasa Cemas
caption

Rasa cemas memang terkadang bisa membuat kita lebih berhati-hati dalam melakukan sesuatu. Namun ketika kamu memiliki rasa cemas yang berlebih, kegiatan sehari-sehari kamu bisa saja terganggu.

Cara sederhana untuk menghilangkan rasa cemas adalah menghirup aroma essensial oil atau minyak essensial. Ya, minyak beraroma yang diekstrak dari berbagai jenis bunga, biji, buah, ataupun bagian lain pada tanaman bisa membantu meredakan rasa cemas dan membuat tubuh merasa lebih relax.

Berikut ini merupakan beberapa jenis essential oil yang telah terbukti bisa membantu menenangkan pikiran.

Chamomile

Bunga chamomile/ Foto: Pexels.com
Bunga Chamomile/ Foto: Pexels.com

Ekstrak bunga chamomile telah umum sebagai bahan pembuat essential oil. Dengan aroma yang khas yang lembut, essential oil bunga chamomile bisa membuatmu lebih tenang dan relax.

Kamu bisa mengoleskan essential oil chamomile ke bagian tubuh. Bisa juga dengan menghirup aroma terapi yang memiliki kandungan ekstrak chamomile. Selain membuat tubuh lebih relax, ternyata minyak essensial chamomile juga bisa mengobati eczema pada kulit lho!

Lavender

Lavender/ Foto: Pexels.com
Bunga Lavender/ Foto: Pexels.com

Essential oil dari bunga lavender, merupakan salah satu yang cukup populer dan telah banyak digunakan sebagai pewangi dalam beberapa produk. Beberapa penelitian juga telah membuktikan bahwa aroma lavender bisa mempengaruhi sistem limbik pada otak yang berfungsi untuk mengatur emosi. Bukan hanya meredakan rasa cemas dan stres, aroma lavender ternyata juga bisa mengatasi permasalahan gangguan tidur.

Basil

Daun basil/ Foto: Pexels.com
Daun Basil/ Foto: Pexels.com

Tanaman dengan nama latin Ocimum basilicum ini, selain digunakan sebagai bahan untuk memasak juga memiliki aroma yang menenangkan. Essential oil dari basil mengandung senyawa eugenol yang memiliki aroma segar seperti mint.

Aromanya yang cukup kuat, kamu hanya perlu menggunakan sedikit essential oil untuk membuat pikiranmu menjadi lebih tenang dan fresh. Cara menggunakannya juga mudah, kamu bisa menambakan beberapa tetes basil essential oil ke dalam diffuser di ruanganmu.

Lemon

Lemon/ Foto: Unsplash.com
Lemon/ Foto: Unsplash.com

Essential oil yang diperoleh dari daun atau kulit lemon memiliki aroma citrus yang menyegarkan. Aroma ini bisa mengusir segala pikiran negatif yang mengganggumu dan membuatmu merasa lebih bersemangat.

Namun kamu tidak perlu menghirupnya terlalu lama untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Jika terlalu sering, aroma lemon malah akan membuatmu merasa pusing dan mual.

Melati

Bunga melati/ Foto: Unsplash.com
Bunga Melati/ Foto: Unsplash.com

Beberapa orang mungkin tidak terlalu suka dengan aroma bunga melati. Namun untuk sebagian orang lainnya, aroma yang diperoleh dari essential oil bunga melati bisa meningkatkan mood dan memberikan energi positif. Bukan hanya itu, aroma melati juga bisa menenangkan sistem saraf bahkan menimbulkan rasa kantuk.

Itu dia beberapa jenis essential oil yang bisa membantu meredakan rasa cemas. Bagi ibu hamil atau sedang menyusui, ada baiknya untuk konsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakan essential oil. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat ya!

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id