sign up SIGN UP

LIFE

3 Tips Merawat Kacamata Agar Lebih Awet

Jovita | Jumat, 20 Nov 2020 19:25 WIB
3 Tips Merawat Kacamata Agar Lebih Awet
Tips Merawat Kacamata Agar Awet/ Foto: Pexels.com

Mata adalah salah satu organ indera yang paling berharga bagi manusia. Dengan sepasang bola mata kita bisa melihat dunia beserta seluruh keindahannya. Namun, gaya hidup saat ini membuat kita hampir setiap waktu menggunakan mata di depan layar, baik layar komputer, handphone, hingga layar TV.

Hal ini tentu akan mempengaruhi kesehatan mata kita. Akibatnya, pandangan menjadi lebih buram. SeseorangĀ dengan kondisi ini akan kehilangan ketajaman penglihatan dan tidak mampu untuk melihat suatu benda secara mendetail. Oleh karena itu, dibutuhkan bantuan kacamata agar bisa melihat dengan jelas.

Sayangnya, penggunaan kacamata bagi sebagian orang tidak begitu awet. Umumnya umur kacamata bisa mencapai 2-3 tahun dengan penyesuaian setiap 1 tahun. Tapi, faktanya banyak dari pengguna kacamata tidak bisa mempertahankan kacamatanya hingga 1 tahun. Lalu apa yang harus dilakukan agar kacamata bisa bertahan lama? Simak 3 tips merawat kacamata berikut.

1. Simpanlah kacamata dengan rapi dan aman

Simpan Kacamata dengan Aman dan Rapi/ Foto: Pexels.com
Simpan Kacamata dengan Aman dan Rapi/ Foto: Pexels.com

Tips merawat kacamata yang pertama datang dari cara menyimpannya. Pastikan kamu selalu meletakkan alat bantu pandang tersebut di tempat yang aman. Simpan kacamata dengan rapi di kotak kacamata yang disediakan oleh optik. Selain bisa menghindarkan kacamata dari debu dan kotoran, menyimpan kacamata di dalam kotak khusus juga bisa melindungi lensa kacamata dari goresan.

2. Bersihkan kacamata secara rutin

Bersihkan Lensa Kacamata Secara Rutin/ Foto: Pexels.com
Bersihkan Lensa Kacamata Secara Rutin/ Foto: Pexels.com

Tips Pastikan membersihkan kacamata agar bisa awet juga berhubungan dengan caramu membersihkannya. Untuk membersihkan lensa kacamata, jangan gunakan tisu yang bisa merusak lensa, gunakanlah kain khusus untuk kacamata yang berbahan microfiber.

Sebelum mengelap lensa tersebut, semprotkan pembersih khusus yang diberikan optik. AtauĀ  jika tidak ada, kamu bisa menggunakan sabun, lalu bilas dengan air yang mengalir. Selain itu, Beautynesian juga harus hindari membersihkan lensa kacamata dalam keadaan kering, agar tidak menggores lensa.

Terakhir jangan lupa untuk melakukan pembersihan secara rutin. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari penumpukan kotoran berupa minyak atau keringat di sekitar lensa kacamata. Penumpukan kotoran bisa merusak lapisan lensa dan menimbulkan korosi di frame kacamata yang terbuat dari metal.

3. Memakai dan melepas kacamata dengan dua tangan

Jangan Memakai dan Melepas Kacamata dengan Satu Tangan/ FotoL Pexels.com
Pakai dan Lepas Kacamata dengan Benar/ Foto: Pexels.com

Terakhir, agar bisa awet, Beautynesian perlu memperhatikan cara memakai dan melepas kacamata. Hentikan kebiasaan memakai dan melepas kacamata dengan satu tangan. Hal ini akan membuat bentuk tangkai kacamata berubah dan jadi lebih longgar. Akibatnya, kamu jadi tidak nyaman menggunakan kacamata tersebut dan perlu untuk menyetel ulang tangkai kacamata.

(hld/hld)

Our Sister Site

mommyasia.id