sign up SIGN UP

4 Film Indonesia Bertema Perjuangan Guru di Netflix, Mana yang Paling Menyentuh Hatimu?

Fina Prichilia | Kamis, 25 Nov 2021 17:00 WIB
4 Film Indonesia Bertema Perjuangan Guru di Netflix, Mana yang Paling Menyentuh Hatimu?
caption
Jakarta -

Tanggal 25 November diperingati sebagai Hari Guru Nasional. Sejumlah aktivitas mulai dari upacara bendera dan kegiatan kreatif menariknya di berbagai satuan pendidikan pun dilakukan.

Selain itu, banyak juga film-film tanah air bertema guru yang memberi gambaran tentang perjuangan mereka. Tak heran hal ini bisa sampai membuat penontonnya sampai menitikkan air mata! Berikut daftar filmnya:

Laskar Pelangi (2008)

Laskar PelangiLaskar Pelangi/ Foto: Laskar Pelangi/Milesfilm

Berlatar belakang kehidupan masyarakat Belitung, film ini menceritakan dua orang guru dan sepuluh muridnya yang berjuang agar sekolahnya nggak ditutup.

Film karya Andrea Hirata ini sukses pada masanya, Beauties. Bukan cuma kisah perjuangan guru, tapi juga kisah persahabatan yang menyentuh hati.

Sang Pemimpi (2009)

Sang Pemimpi (2010), sekuel dari film Laskar PelangiFilm Sang Pemimpi/ sumber: https://www.instagram.com/imeldaachsanpublicity/

Merupakan kelanjutan dari kisah Ikal, Arai, dan Jimbron dari Laskar pelangi. Mereka mendapat dorongan dan inspirasi dari sang gurunya di SMA untuk bisa bersemangat menjelajahi berbagai dunia lain.

Kisah cinta mereka bertiga pun akan digambarkan di sini lho, Beauties. Kira-kira berhasil tidak ya mereka melanjutkan sekolah di Eropa?

Sokola Rimba (2013)

foto: Sokola Rimba/netlflix.comfoto: Sokola Rimba/netlflix.com/

Film ini diangkat dari kisah seorang pengajar perempuan yang punya tekad yang kuat, Butet Manurung. Mungkin kamu nggak asing dengan nama dan perjuangannya yang menginspirasi ya, Beauties?

Demi bisa memberi pendidikan, dirinya sampai harus melawan adat daerah suku setempat, juga pandangan orang tua yang kurang begitu mementingkan pendidikan.

Diperankan oleh Prisia Nasution, yang bekerja di lembaga konservasi di Jambi, tetapi ia menemukan passion lain yakni mengajar.

Kartini (2017)

film Kartini 2017Film Kartini 2017/ Foto: Ist

Kisah Kartini bisa kamu saksikan lewat peran Dian Sastro sebagai Kartini, yang melawan patriarki di sini. Ia berjuang menyetarakan hak semua orang, terutama bagi para perempuan di era 1900 an.

Bersama kedua saudarinya, mereka berjuang mendirikan sekolah untuk orang miskin serta menciptakan lapangan kerja bagi semua masyarakat di Jepara.

[Gambas:Youtube]


------------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation! Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id