sign up SIGN UP

LIFE

5 Tanaman Hias yang Efektif Cegah Anxiety dan Jaga Kesehatan Mental

Dian Aprilia | Senin, 29 Mar 2021 18:00 WIB
5 Tanaman Hias yang Efektif Cegah Anxiety dan Jaga Kesehatan Mental
caption

Sudah setahun kita melalui pandemi Covid-19, meski begitu belum ada tanda-tanda kapan pandemi ini akan berakhir. Dengan gaya hidup yang berbeda, membuat banyak orang kewalahan. Tak bisa dipungkiri, kebiasaan baru yang meminimalisir kehidupan sosial secara langsung ini, bikin sebagian orang merasa stres dan tertekan.

Entah karena masalah pekerjaan dan kehidupan sehari-hari yang bercampur dan tak seimbang, kesepian, atau berbagai masalah lainnya. Salah satu solusi yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya adalah dengan merawat tanaman hias untuk meningkatkan kesehatan mentalmu.

Berikut beautynesia.id telah merangkum daftar tanaman hias yang bisa mengurangi anxiety:

Calathea

Calathea
Calathea/pexels.com

Calathea adalah tanaman yang memiliki corak daun dan warna yang cantik. Tanaman ini sangat cocok diletakkan di dalam ruangan karena tak butuh banyak cahaya matahari. Daunnya berwarna hijau tua dengan kombinasi warna merah marun, jadi cantik banget jika dijadikan dekorasi rumah.

Tanaman ini sangat baik untuk membantu mengatasi anxiety karena efektif untuk membersihkan udara serta membantu membentuk suasana udara yang bagus di dalam rumah. 

Zamioculcas Zamiifolia

Zamioculcas Zamiifolia
Zamioculcas Zamiifolia/pexels.com

Tanaman ini akrab disebut Zamia Kulkas, ZZ plants, dan juga Zanzibar Gem. Tanaman ini juga dikenal sebagai pohon rezeki dan bahkan tak jarang yang menyebutnya tanaman dollar. Banyak orang tertarik dengan tanaman hias ini karena daunnya yang mengkilap dan indah.

Tanaman ini cocok untuk mengurangi anxiety karena bisa menghilangkan xylene, toluene, benxene dan juga ethylbenzene di udara. Jadi otomatis akan membersihkan udara dan membuat lingkungan sekitar lebih segar.

Pachira Aquatica

Pachira Aquatica
Pachira Aquatica/pixabay.com

Pachira Aquatica biasa dikenal di Indonesia dengan sebutan pohon uang. Konon, memelihara tanaman ini bisa mendatangkan rezeki yang berlimpah bagi pemilik rumah. Cara perawatannya juga cukup mudah, yakni disiram saja selama dua kali sehari.

Tanaman ini bisa mengurangi anxiety dengan menyaring udara dan juga menyerap racun-racun sehingga meningkatkan aliran oksigen di dalam rumah. Selain itu penelitian juga menyebut tanaman ini bisa mencegah gangguan tidur.

Sansevieria

Sansevieria
Sansevieria/pexels.com

Tanaman ini biasa dikenal dengan sebutan lidah mertua. Sanseivieria jua termasuk tanaman hias yang disukai untuk jadi hiasan di rumah, karena bisa tumbuh baik dengan sedikit air dan sedikit cahaya. Tanaman ini juga mampu menjaga kesehatan mental, spesifiknya mencegah kecemasan.

Salah satu gejala dari kecemasan adalah sakit kepala, nah Sansevieria ini dipercaya ampuh menyembuhkan sakit kepala dengan cara membakar tanaman ini terlebih dahulu. Tanaman ini juga bisa meningkatkan konsentrasi, memperbaiki tidur dan mengurangi kecemasan.

Fasciated Haworthia

Fasciated Haworthia
Fasciated Haworthia/pexels.com

Tanaman ini memiliki bentuk yang mirip dengan kaktus dan tumbuh di media tanam kering. Fasciated Haworthia menyukai sinar matahari dan tidak membutuhkan banyak air. Tanaman ini termasuk berukuran pendek dan butuh waktu kurang lebih satu tahun untuk menambah tingginya.

Fasciated Haworthia  juga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan mental, seperti halnya meningkatkan konsentrasi, produktivitas dan juga mood. Selain itu tanaman ini juga bisa mengurangi stres dan kecemasan.

Itulah 5 jenis tanaman yang bisa mengurangi gangguan kecemasan dan menjaga kesehatan mental. Diantara tanaman tersebut, mana tanaman yang membuatmu tertarik untuk memeliharanya?

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id