sign up SIGN UP

LIFE

5 Tips Berhenti Bergosip Biar Hidup Lebih Tenang

Jovita | Senin, 25 May 2020 01:00 WIB
5 Tips Berhenti Bergosip Biar Hidup Lebih Tenang
caption
Terlalu banyak bergosip akan membuat hidupmu dan orang lain jadi lebih tidak tenang. Akan ada perasaan khawatir bahwa suatu saat dirimu akan menjadi bahan gosip juga. Mulai berhenti bergosip dengan tips mudah berikut, yuk!
Gosip menjadi salah satu hal yang paling dinantikan oleh kaum wanita, kapanpun dan dimanapun. Semakin buruk suatu gosip biasanya akan menarik semakin banyak orang untuk ikut serta di dalamnya. Tentu hal ini bukan hal yang baik ya, Beautynesian.

Terlalu banyak bergosip, baik mengikuti, mendengarkan atau malah memulai gosip akan membuat hidupmu dan orang lain jadi lebih tidak tenang. Akan ada perasaan khawatir bahwa suatu saat dirimu akan menjadi bahan gosip juga. Karena itu, sebaiknya Beautynesian mulai berhenti bergosip. Caranya mudah, ikuti saja tips di bawah ini, yuk!

1. Posisikan dirimu sebagai orang yang digosipkan


Foto: Istimewa
Source: pixabay.com

Tips berhenti bergosip yang paling mudah adalah dengan memposisikan dirimu sebagai orang yang sedang digosipkan. Tentu sangat mudah membicarakan orang lain, apalagi mengenai kekuranganya.

Tapi bagaimana jika hal tersebut menimpa diri sendiri, tentu tidak mudah bukan untuk menerimanya? Jadi, berhentilah membicarakan orang lain, terutama jika hal yang dibicarakan bukanlah fakta atau hanya asumsi.

Tidak ada jaminan bahwa orang yang suka bergosip tidak akan menjadi bahan gosip juga. Mulai sekarang, jika tidak mau dibicarakan orang lain, berhentilah membicarakan orang lain.

4. Jauhi teman yang suka bergosip


Foto: Istimewa
Source: pixabay.com

Agar hidup bisa lebih tenang dan bermakna, kamu perlu dikelilingi dengan orang-orang yang positif. Kenali lingkungan yang ada dan perhatikan karakter orang di sekitarmu. Jika kamu selama ini, dikelilingi dengan teman-teman toxic yang tidak pernah mendukungmu dan selalu membicarakan hal buruk tentang orang lain, maka mulailah untuk menjauhi mereka.

Tidak ada gunanya berteman dengan orang yang selalu mengolok-olok orang lain. Jenis orang yang seperti ini tidak akan pandang bulu walaupun kamu adalah temannya. Suatu saat bisa saja giliran kamu yang jadi bahan gosip itu.

5. Berhenti menghakimi orang lain


Foto: Istimewa
Source: pixabay.com

Suatu gosip biasanya disebabkan oleh pandangan seseorang yang merasa lebih baik dari orang lain. Mereka menuntut orang lain bertindak sebagaimana mestinya, misalnya kehidupan rumah tangga haruslah harmonis, jika tidak, akan menjadi bahan gosip. Seorang suami haruslah memberi nafkah, jika tidak, akan menjadi gosip. Seorang janda sudah pasti menjadi sarang gosip.

Padahal kita tidak pernah tahu apa yang sudah mereka alami. Berhentilah mengatur hidup orang, bertindak seperti kita tahu segalanya hingga merasa berhak untuk menghakimi mereka. Terima bahwa semua orang pasti memiliki kekurangan dan juga aib. Sekali lagi, tidak ada gunanya hidup dengan membicarakan kehidupan orang lain.


(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id