sign up SIGN UP

LIFE

6 Cara Membangun Self Control Agar Tak Terjebak Kebiasaan Buruk

Dian Aprilia | Senin, 05 Apr 2021 14:30 WIB
6 Cara Membangun Self Control Agar Tak Terjebak Kebiasaan Buruk
caption

Penelitian mengungkapkan bahwa individu dengan kontrol diri yang baik, cenderung lebih bahagia dan sehat dibandingkan yang tidak memilikinya. Kontrol diri adalah kemampuan seseorang untuk mengendalikan perilaku guna meraih tujuan.

Tujuan yang akan dicapai bisa dalam segala hal, mulai dari tujuan menurunkan berat badan, menabung atau tujuan lainnya yang bersifat jangka panjang. Lantas bagaimana cara untuk mencapainya?

Berikut beautynesia.id telah merangkum 6 cara agar bisa memiliki kontrol diri yang baik:

Memiliki Tujuan yang Jelas

Tujuan
Tujuan/pexels.com

Langkah paling awal yang harus kamu lakukan untuk memiliki kontrol diri adalah memiliki tujuan yang jelas. Semakin spesifik tujuan yang kamu buat, maka akan semakin mudah pula untuk membangun kontrol diri.

Tujuan memiliki peran sebagai alat motivasi agar kita tidak mudah terpengaruh dengan berbagai godaan yang menghadang. Dalam membuat tujuan, pastikan kamu menetapkan tujuan yang realistis (bisa dicapai). Tujuan yang terlalu tinggi, membuatmu kesulitan dan malah bisa menurunkan motivasimu untuk mencapainya.

Hindari Godaan

Malas
Malas/pexels.com

Dalam proses melakukan perubahan atau mencapai tujuan, sebaiknya hindari berbagai godaan yang biasa menggoyahkanmu. Misalnya, jika kamu memiliki tujuan untuk berolahraga secara teratur selama min 2 kali seminggu, maka kamu harus hindari hal-hal yang bikin malas olahraga.

Misalnya, begadang atau tidur malam, sehingga membuatmu tidak semangat untuk melakukan olahraga pagi. Kamu juga bisa memotivasi dengan melihat timbangan dan melihat perubahan berat badan setiap hari.

Kenali Diri Lebih Baik

Know yourself
Know yourself/pexels.com

Mengenali diri sendiri adalah kunci yang paling penting untuk mengendalikan diri. Dengan mengenali diri, kita akan tahu, hal-hal apa saja yang biasanya menggoyahkan pengendalian kita dan alasan apa saja yang bikin kita mudah emosi. Sehingga kita bisa menghindari hal-hal tersebut.

Contoh, saat hendak membangun kebiasaan olahraga secara teratur, kamu mudah goyah atau malas olahraga jika tidak ada temannya. Maka kamu bisa mengatur strategi untuk mencari partner yang mau menemanimu saat olahraga. Misalnya mengajak pasangan, teman, adik atau kakak, atau lainnya.

Perencanaan yang Jelas

Buat perencanaan
Buat perencanaan/pexels.com

Selanjutnya, tidak kalah penting dengan membuat tujuan adalah membuat perencanaan yang jelas. Sebab tujuan yang bagus hanyalah omong kosong jika tak diikuti dengan perencanaan yang rinci.

Mulai dengan membuat perencanaan tahunan, bulanan, mingguan hingga detail ke perencanaan harian. Dengan perencanaan yang jelas, langkahmu akan jauh lebih jelas dan terarah.

Ukur Progress yang Ada

Ukur progress
Ukur progress/pexels.com

Langkah terakhir adalah melakukan evaluasi atas realisasi perencanaan yang kamu buat. Catat per harian, apa saja hal yang telah kamu capai dan hal-hal yang gagal tercapai. Tak perlu sempurna sesuai dengan seluruh targetan, tapi ingat harus selalu ada progres.

Misalnya, di minggu pertama, kamu hanya berhasil melakukan olahraga satu kali dalam seminggu. Maka pertahankanlah kebiasaan tersebut, jika sudah mulai stabil, kamu bisa meningkatkannya hingga dua kali.

Itulah 5 cara yang perlu kamu lakukan untuk membangun kontrol diri yang baik. Tidak hanya tujuan jangka pendek, kamu juga bisa menerapkan cara di atas untuk mengendalikan diri demi mencapai tujuan yang besar. Selamat mencoba, ladies!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id