sign up SIGN UP

6 Tips Bersihkan Perhiasan Emas Permata, Awet Berkilau dan Anti Kusam

Henny Alifah | Kamis, 24 Jun 2021 12:30 WIB
6 Tips Bersihkan Perhiasan Emas Permata, Awet Berkilau dan Anti Kusam
caption

Perhiasan, terutama emas, bagi sebagian besar orang adalah aksesori yang menyimpan kenangan berharga. Entah itu gelang persahabatan, cincin pernikahan, bros warisan dari nenek tercinta, atau liontin dari reward pribadi setelah mencapai target, perhiasan yang terbuat dari logam mulia dan dilapisi batu permata sering kali menjadi barang 'keramat' dalam keseharian.

Sayangnya, kilau perhiasan emas akan memudar seiring pemakaian dari waktu ke waktu. Penyebab umum perhiasan jadi kusam adalah penumpukan produk perawatan tubuh yang sering digunakan, seperti lotion, parfum, self-tanner, pembersih tangan, hingga sabun. Ini bukan berarti kamu lantas harus berhenti menggunakan produk-produk perawatan tersebut. Hanya saja, kamu perlu memberi perhatian lebih untuk membersihkan barang-barang perhiasan secara teratur.

Nah, berikut adalah tips membersihkan perhiasan berkilau agar sinar kilau indahnya tetap terjaga.

1. Gunakan kain yang lembut dan tidak berbulu

Ilustrasi: kain yang lembut untuk membersihkan perhiasan
Kain yang Lembut/ Foto: Pexels.com/Marta Wave

Menggunakan kain yang lembut dan tidak berbulu merupakan cara yang efektif untuk menjaga perhiasan perak murni dan emas terlihat bersinar dan berkilau. Hindari penggunaan kertas tisu atau paper towel untuk membersihkan logam mulia karena meski tampak lembut dan tidak abrasif, tetapi sebenarnya keduanya dapat menyebabkan goresan.

Sementara itu, perhiasan dari batu permata membutuhkan perawatan yang berbeda tergantung jenisnya. Perhiasan dari batu alami rentan menyerap kotoran dari waktu ke waktu, sehingga penting untuk membersihkannya secara teratur setelah memakainya. Gunakan kain yang bersih, lembut, dan lembap. Hindari air panas serta pembersih dari bahan kimia.

Untuk batu permata yang sangat berpori seperti mutiara, pirus, howlite, dan zamrud harus dibersihkan dengan kain lembut yang kering.

Selain itu, kamu bisa memilih kain yang direkomendasikan atau diberikan oleh brand perhiasan yang memang dirancang khusus untuk menjaga kebersihan perhiasan. Dalam keadaan darurat, kain pemoles untuk kacamata juga akan cukup lembut untuk digunakan pada perhiasan.

2. Bersihkan secara rutin

Ilustrasi: Membersihkan perhiasan emas secara rutin
Perhiasan emas/ Foto: Pexels.com/Castorly Stock

Rutin tidak berarti harus setiap hari. Kamu bisa memoles dengan lembut perhiasan emas setiap beberapa hari sekali untuk mempertahankan sinar kilaunya.

Monica Vinader merekomendasikan pembersihan yang lebih detail dan menyeluruh setiap beberapa minggu sekali, terutama jika kamu penggemar berat lotion dan parfum karena kedua produk ini dapat membuat residu menumpuk pada perhiasan.

3. Manfaatkan mesin pembersih

Ultrasonic Jewellery Cleaner
Ultrasonic Jewellery Cleaner/ Foto: via Elle UK

Untuk menjaga kilau perhiasan emas berlian, kamu bisa gunakan mesin pembersih. Menggunakan mesin pembersih adalah cara membersihkan perhiasan emas yang anti ribet. Namun penting diingat, kebanyakan mesin pembersih ini menggunakan gelombang ultrasound untuk memecah partikel kotoran yang terkumpul pada perhiasan. Meskipun hal tersebut bisa menjadi solusi yang baik untuk membersihkan perhiasan logam biasa, namun sering kali dapat berbahaya bagi berlian, mutiara, dan batu permata.

4. Gunakan larutan sederhana

Ilustrasi: Membersihkan perhiasan emas dengan air hangat
Perhiasan emas/ Foto: Pexels.com/Wendy Wei

Selain mesin pembersih, membersihkan perhiasan dalam larutan sederhana juga bisa jadi pilihan yang baik. Menggunakan air hangat dan sedikit sabun non-antibakteri adalah cara membersihkan perhiasan emas yang disarankan. Langkah sederhana ini akan membantu menghilangkan kotoran dan residu dari perhiasan dan dianggap lebih aman daripada memakai mesin pembersih maupun pembersih berbahan kimia. Selanjutnya, ikuti langkah ini dengan menyeka perhiasan menggunakan kain lap lembut agar tampilan perhiasan terlihat segar.

5. Gunakan jasa profesional jika diperlukan

Ilustrasi: Gunakan bantuan tenaga profesional untuk membersihkan perhiasan emas
Perhiasan emas/ Foto: Pexels.com/Anastasia Shuraeva

Tak ada salahnya kamu pertimbangkan untuk menggunakan jasa profesional bagi perhiasan yang benar-benar berharga buatmu. Tenaga profesional tentu lebih tahu cara membersihkan perhiasan emas yang tepat dan penuh kehati-hatian. Bantuan profesional juga bagus jadi pilihan jika kamu ingin memberikan perawatan ekstra pada koleksi perhiasanmu, atau jika kamu merasa pembersihan secara mandiri di rumah tidak berhasil.

6. Simpan dalam wadah yang lembut

Ilustrasi: Menyimpan perhiasan emas dalam wadah yang lembut
Perhiasan emas/ Foto: Pexels.com/Wendy Wei

Untuk melindungi daya tahan dan kualitas perhiasan, simpan perhiasan dalam kantong atau kotak berlapis lembut. Idealnya, setiap perhiasan ditempatkan secara terpisah sehingga tidak saling bergesekan atau kusut. Jika kamu tinggal di tempat yang lembap, penting untuk menempatkan sebungkus kecil kristal pengering atau penyerap lembap agar perhiasan tidak ternoda.

Itu tadi enam tips membersihkan perhiasan emas berlian dan permata. Selain cara membersihkan perhiasan emas, cara penyimpanannya juga jangan luput dari perhatian. Penyimpanan yang baik akan menjaga tampilan perhiasan tetap dalam kondisi prima, berkilau seperti baru.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id