sign up SIGN UP

LIFE

7 Tanaman yang Membuat Udara di Rumah Jadi Lebih Segar

Budi Rahmah Panjaitan | Kamis, 10 Jun 2021 15:00 WIB
7 Tanaman yang Membuat Udara di Rumah Jadi Lebih Segar
Foto: Ilustrasi tanaman pembersih udara/Freepik.com

Udara yang bersih dan menyegarkan tentu akan sangat menyenangkan apabila bisa dihadirkan di rumah. Selain membuat suasana menjadi lebih nyaman, udara yang dihirup pun akan lebih sehat untuk paru-paru.

Ternyata, beberapa tanaman memiliki kemampuan untuk membersihkan udara dan membuatnya terasa lebih segar, lho. Alhasil, manfaat ganda yaitu memperindah dan menyegarkan udara bisa didapatkan. Apa saja tanaman yang bisa membuat udara di rumah jadi lebih segar? Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Lidah Mertua

Lidah mertua dapat menyaring dan menetralisir berbagai jenis racun seperti xylene, benzena /freepik.com
Lidah mertua/freepik.com

Tanaman yang memiliki nama ilmiah Sansiviera ini memang sudah dikenal sejak lama dapat membuat udara menjadi lebih bersih dan segar. Lidah Mertua sendiri masuk ke dalam jenis kaktus hias yang tidak berbahaya. Duri yang terdapat pada Lidah Mertua hanya ditemukan pada bagian ujung.

Lidah Mertua dapat menyaring dan menetralisir berbagai jenis racun seperti xylene, benzena, trichlothylene dan juga formaldehide. Menempatkan Lidah Mertua di sekitar pekarangan ataupun dalam rumah tentu akan membantu menyegarkan udara dan meningkatkan kualitas oksigen yang dihirup.

2. Sirih Gading

Sirih Gading mampu menyerap racun seperti karbon monoksida, benzena, xylene/freepik.com
Sirih Gading/freepik.com

Selanjutnya ada tanaman Sirih Gading atau yang dalam ilmiahnya disebut Epipremnum Aureum. Tanaman yang satu ini mampu menyerap racun seperti karbon monoksida, benzena, xylene, toluene dan juga formaldehida.

Sirih Gading juga termasuk tanaman yang mudah untuk ditanam dan dirawat baik itu menggunakan medium tanah maupun air. Meletakkan tanaman Sirih Gading di teras maupun sudut ruangan akan membuat udara menjadi lebih segar sekaligus memperindah tampilan ruangan.

3. Dracaena

Dracaena mampu membuat udara menjadi lebih bersih dan segar/freepik.com
Dracaena/freepik.com

Tanaman yang satu ini juga menjadi salah satu tanaman yang mampu membuat udara menjadi lebih bersih dan segar. Bahkan, jika dibandingkan dengan tanaman lainnya, bisa dikatakan bahwa Dracaena menjadi salah satu penghasil oksigen terbaik. Tidak hanya menghasilkan oksigen, Dracaena juga dapat mengontrol kelembapan di dalam ruangan.

Menariknya lagi, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa Dracaena mampu meningkatkan suasana hati orang-orang yang ada di sekitarnya. Adapun zat-zat kimia yang mampu menetralisir oleh tanaman Dracaena ini yaitu benzena, toluene, xylene, trichloroethylene dan juga formaldehida.

4. Spider Plant

Chlorophytum Comosum memiliki kemampuan untuk menyerap berbagai zat racun di udara /freepik.com
Chlorophytum Comosum/freepik.com

Meskipun nama tanaman satu ini masih terdengar asing, bentuknya bisa dibilang cukup familiar. Spider Plant sendiri memiliki nama ilmiah Chlorophytum Comosum. Tanaman ini berasal dari Afrika Selatan dan memiliki kemampuan untuk menyerap berbagai zat racun di udara sepertiĀ  benzena, formaldehida, karbon monoksida dan juga xilena.

Meletakkan tanaman ini di sudut ruangan tertentu dapat memperindah sekaligus membuat udara menjadi lebih segar. Alhasil, setiap udara yang dihirup menjadi lebih berkualitas dan sehat.

5. Krisan

Krisan selain memperindah, udara pun menjadi lebih segar dan membuat suasana lebih nyaman. /freepik.com
Krisan/freepik.com

Chrysanthemum morifolium atau yang disebut juga dengan Krisan merupakan salah satu tanaman yang dapat membersihkan udara. Beberapa zat berbahaya seperti benzena, xylene, formaldehida dan amonia dapat diserap oleh Krisan.

Oleh sebab itulah, Krisan ini cukup direkomendasikan untuk diletakkan di dalam ruangan. Selain memperindah, udara pun menjadi lebih segar dan membuat suasana lebih nyaman.

[Gambas:Instagram]

6. Sri Rejeki

Sri Rejeki mampu menetralisir zat-zat seperti karbon monoksida, benzena, formaldehida /freepik.com
Sri Rejeki/freepik.com

Tanaman dengan nama ilmiah Aglaonema ini juga dapat difungsikan sebagai tanaman pembersih udara. Selain menghasilkan oksigen, tanaman Sri Rejeki ini juga mampu menetralisir zat-zat seperti karbon monoksida, benzena, formaldehida dan juga trichloroethylene.

Fungsi ganda juga bisa didapatkan dari tanaman Sri Rejeki ini karena turut bisa dijadikan penghias pekarangan maupun ruangan. Suasana menjadi lebih segar dan tampilan ruangan maupun pekarangan menjadi lebih indah.

7. Peace Lily

Peace Lily mampu membersihkan udara dari zat-zat seperti amonia, benzena, formaldehida dan juga trichloroethylene/freepik.com
Peace Lily/freepik.com

Dengan bunga warna putihnya yang idang, tanaman Peace Lily dapat menarik pandangan siapa saja yang melihatnya. Tidak hanya itu, Peace Lily mampu membersihkan udara dari zat-zat seperti amonia, benzena, formaldehida dan juga trichloroethylene.

Tanaman Peace Lily ini tumbuh baik di media tanah yang lembap. Oleh sebab itu perlu untuk memastikan asupan air yang pas saat akan menanamnya. Sebaiknya, tanamlah Peace Lily di tempat yang teduh agar tumbuh kembangnya semakin baik.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id