sign up SIGN UP

LIFE

Agar Puasa Gak Sia-sia, Simak Tips Menghindari Ghibah Saat Berpuasa

Ade Irma Suryani | Kamis, 29 Apr 2021 19:00 WIB
Agar Puasa Gak Sia-sia, Simak Tips Menghindari Ghibah Saat Berpuasa
caption

Perbuatan ghibah atau menggunjingkan orang lain memang tidak baik dan perlu dijauhi apalagi di bulan suci Ramadan. Kebiasaan yang sering dilakukan oleh sebagian besar wanita ini terkadang menjadi kegiatan yang seru saat berkumpul. 

Nah, untuk menjaga ibadah puasamu agar berkah, hindarilah perbuatan ghibah saat berpuasa. Berikut tips yang bisa kamu lakukan untuk menjauhkan diri dari hal yang sia-sia tersebut. 

 

1. Memperbanyak Ibadah

Memperbanyak ibadah melakukan amal shalih agar terhindar dari perbuatan sia-sia.
Perbanyak Ibadah/Foto: freepik.com 

Di bulan Ramadan, tentu kamu sangat perlu memperbanyak ibadah. Seperti halnya membaca Al-qur'an, shalat tarawih di malam hari, berzikir, bersedekah dan ibadah lain sebagainya.

Dengan menyibukkan diri untuk fokus beribadah, tentu hal ini juga akan menjagamu dari keinginan untuk membicarakan orang lain.

Oleh karena itu, sudah sepantasnya kamu memanfaatkan bulan suci Ramadan untuk mempertebal kualitas keimanan dan menjaga ibadah puasamu dari perbuatan yang sia-sia.

 

2. Kurangi Bermain Media Sosial

Kurangi Bermain media sosial agar tidak mudah mendapatkan informasi yang membuat diri mudah untuk ghibah.
Media Sosial/Foto: freepik.com 

Di bulan puasa, ada baiknya kamu mulai mengurangi bermain media sosial. Pasalnya, selain membuat diri menjadi lalai dan buang waktu, media sosial juga kerap memuat informasi yang tidak penting seperti halnya aib orang.

Tanpa disadari hal ini pun membuat kita menjadi penasaran dan ingin tahu lebih lanjut, bahkan terkadang malah ikut berkomentar atau menyampaikan informasi tersebut pada orang lain.

Nah, daripada sampai mengotori hati dengan hal-hal yang tidak baik di bulan Ramadan, alangkah tepatnya jika kamu mulai membatasi bermain media sosial dan melakukan hal lain yang lebih bermanfaat. 

 

3. Hindari Tontonan yang Tidak Baik

Hindari menonton tayangan yang tidak baik di bulan puasa.
Menonton Televisi/Foto: freepik.com

Selain membatasi bermain media sosial, kamu juga perlu menghindari tontonan yang tidak baik. Seperti halnya tayangan yang berbau gosip di televisi. 

Karena menonton tayangan yang tidak bermutu yang mengumbar aib dan kejelekan orang lain tentu dapat mengurangi pahala puasamu. Maka karena itu, pilihlah tontonan yang baik dan mendidik seperti tausiyah dan tontonan yang baik dan aman lainnya. 

 

4. Hindari Obrolan yang Tidak Bermanfaat

Jauhi obrolan yang tidak penting saat berkumpul dengan teman.
Mengobrol/Foto: freepik.com 

Biasanya, saat para wanita saling berkumpul maka sering kali tidak jauh dari yang namanya bergosip. Baik itu membicarakan tentang anggota teman yang lain, tetangga atau siapa pun. Tentu saja hobi kebanyakan wanita ini sangat tidak baik, apalagi di bulan Ramadan. 

Karena itulah, saat berkumpul dengan teman-temanmu, sebisa mungkin hindarilah obrolan-obrolan yang tidak bermanfaat yang dapat mendorong ke arah ghibah. Jika ada temanmu yang memulai pembicaraan ke arah ghibah, maka cobalah untuk mengingatkannya. 

Itulah beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk menghindari ghibah saat berpuasa. Meskipun begitu, bukan berarti di bulan lain kamu jadi bebas melakukan ghibah, lho! Semoga dengan menghindari ghibah di bulan Ramadan juga akan membuatmu terbiasa untuk tidak melakukannya di bulan yang lain. 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id