sign up SIGN UP

LIFE

Agar Tetap Awet! Jangan Masukan Makan Ini Dalam Kulkas

tyana | Jumat, 11 Jun 2021 16:00 WIB
Agar Tetap Awet! Jangan Masukan Makan Ini Dalam Kulkas
Foto: Buah-buahan/Pinterest.com/thezoereport

Suhu yang dingin dipercaya dapat memperlambat pembusukan makanan. Hal ini dikarenakan suhu yang rendah dapat memperlambat pertumbuhan bakteri dan juga kerusakan pada makanan. Untuk itu terciptalah kulkas atau lemari pendingin untuk menyimpan makanan awet tahan lama. 

Sayangnya, tak semua makanan dapat bertahan pada suhu dingin. Ada beberapa makanan yang sebaliknya dapat cepat membusuk ataupun rusak saat disimpan pada suhu yang dingin. So, hindari menyimpan jenis makanan ini di kulkas.

1. Madu

Agar Tetap Awet! Jangan Masukan Makan ini ke Dalam Kulkas
Madu/freepik.com

Madu merupakan pemanis alami yang dihasilkan oleh lebah madu ataupun serangga lain. Tak hanya memiliki rasa yang manis, makanan ini banyak dikonsumsi masyarakat karena memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. 

Untuk menyimpan madu sebenarnya sangat gampang, karena makanan ini memiliki keunggulan untuk mengawetkan diri sendiri sehingga akan tetap aman apabila disimpan dalam suhu ruangan. Madu memiliki pH yang rendah sehingga dapat membunuh micro organisme untuk berkembang biak. Sebaliknya apabila madu disimpan pada suhu yang dingin akan mempercepat terjadinya pengkristalan sehingga madu menjadi keras dan sulit untuk di konsumsi. 

2. Kentang

Agar Tetap Awet! Jangan Masukan Makan ini ke Dalam Kulkas
Kentang/freepik.com

Banyak orang memasukkan sayuran ke dalam kulkas agar tetap awet dan segar, sayangnya tak semua sayuran cocok dengan suhu yang rendah. Apabila kita memasukkan kentang dalam kulkas akan membuat sayuran ini menjadi lembap dan cepat membusuk. Oleh karena itu apabila ingin kentang tetap awet dan segar simpanlah pada kertas dalam suhu ringan dan kering. 

Bawang 

Agar Tetap Awet! Jangan Masukan Makan ini ke Dalam Kulkas
Bawang Putih/freepik.com

Sama halnya dengan kentang, untuk membuat bawang tetap awet dan segar tidak boleh memasukkan bawang ke dalam kulkas. Hal ini dikarenakan bawang membutuhkan sirkulasi udara yang lancar untuk tetap segar.

Suhu udara yang dingin di dalam kulkas dapat membuat bawang lembap dan merusak sel-sel dalam bawang sehingga cepat membusuk. Bawang sendiri memiliki lapisan kulit yang dapat melindungi dari micro organisme yang menyebabkan pembusukan. Tetapi apabila bawang telah dikupas tanpa kulit lebih baik disimpan di dalam freezer dengan membekukannya bersama minyak zaitun.

Untuk membuat bawang tetap awet lebih baik disimpan pada suhu yang sejuk dan juga tempat yang kering seperti dalam wadah di dapur ataupun digantung dalam kantung kain. Penyimpanan bawang putih dan bawang merah juga harus dipisahkan karena memiliki aroma yang berbeda. 

Tomat 

Agar Tetap Awet! Jangan Masukan Makan ini ke Dalam Kulkas
Tomat/freepik.com

Tomat bukan merupakan sayuran yang awet di kulkas, memasukkannya ke dalam kulkas dapat membuat tomat lebih cepat membusuk. Suhu yang rendah dapat mempercepat tomat menjadi matang, oleh karena itu menyimpan tomat yang telah matang di kulkas dapat mempercepat proses pembusukan. 

Untuk membuat tomat tetap awet dan segar dalam kulkas kita perlu menutupi bagian lubang bekas potongan batang sehingga udara tidak bisa masuk secara dalam tomat.

[Gambas:Instagram]

Pisang

Agar Tetap Awet! Jangan Masukan Makan ini ke Dalam Kulkas
Pisang/freepik.com

Sama halnya dengan tomat, memasukkan pisang ke dalam kulkas tidak akan membuatnya lebih awet justru cepat menghitam dan membusuk. Untuk itu pisang lebih baik disimpan dalam suhu ruangan dan tempat yang kering. Apabila ingin menyimpan pisang lebih lama, kita dapat mengupas pisang dan memotong dengan ukuran kecil kemudian bekukan pada freezer. 

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id