sign up SIGN UP

LIFE

Anti Malu-maluin, Ini 6 Cara yang Bisa Kamu Lakukan Saat Lupa Nama Orang

Dian Aprilia | Minggu, 06 Jun 2021 18:00 WIB
Anti Malu-maluin, Ini 6 Cara yang Bisa Kamu Lakukan Saat Lupa Nama Orang
Lupa nama orang/ foto: pexels.com

Apakah kamu pernah lupa dengan nama seseorang, padahal baru saja kenalan? Biasanya seseorang cenderung lebih mudah menghafal wajah orang dibandingkan nama orang. Hal tersebut sebenarnya wajar terjadi, sebab cara kerja otak dalam menghafal nama seseorang dan mengenali wajah cukup berbeda.

Saat mengingat wajah orang, otak mendapatkan tugas yang lebih kompleks, mulai dari melihat, mengenali, mengamati dan menyimpan sebagai memori. Sementara untuk menghafal nama, otak hanya perlu mendengar dan menyimpannya tanpa perlu melakukan pengamatan yang detail.

Agar tidak malu-maluin, berikut beautynesia.id telah merangkum 6 cara yang bisa kamu lakukan saat lupa nama orang:

Pakai Panggilan Umum

Panggilan umum
Panggilan umum/pexels.com

Daripada menerka-nerka dan salah panggil, sebaiknya kamu bisa menggunakan panggilan umum. Biasanya panggilan umum ini berbeda-beda di tiap daerah, jika di Jawa biasanya dipanggil mas, mbak, di kota Metropolitan biasanya dipanggil Kak, dan lain sebagainya.

Namun hal ini tidak bisa terus menerus dilakukan sebab obrolan jadi kurang terasa akrab. Cobalah untuk mengamati obrolan lawan bicara dengan teman lain, sebab biasanya mereka akan menyebut nama panggilannya yang bisa kamu tiru dan memicu memorimu tentang nama lawan bicara.

Minta Nomer HP / Sosmed

Minta nomer HP
Minta nomer HP/pexels.com

Cara cerdas lainnya adalah dengan meminta nomer handphone lawan bicara. Saat hendak menyimpan nomer tersebut, kamu bisa bertanya nama lengkap atau nama panggilannya. Selain itu kamu juga bisa tanya akun sosial medianya, seperti instagram, Tiktok, Twitter dan lainnya. Dengan begitu, kamu jadi tahu namanya bahkan informasi yang lebih lengkap dari akun media sosial tersebut.

Kenalin ke Teman Lain

Kenalin teman yang lain
Kenalin teman yang lain/pexels.com

Cara lainnya agar tidak malu-maluin saat lupa nama seseorang adalah mengenalkan lawan bicara dengan teman-teman. Hal ini cukup efektif jika sedang berkumpul bersama banyak teman. Saat dia melakukan perkenalan, dengarkan baik-baik namanya ya.

Tanya Nama Panggilan

Tanya nama panggilan
Tanya nama panggilan/pexels.com

Tak hanya itu, cara lainnya adalah kamu bisa menanyakan nama panggilannya saat berada di rumah, kantor, kampus dan lainnya. Kamu bisa mengawalinya dengan cerita panggilan namamu yang unik dan berbeda-beda. Dengan begitu obrolan menjadi lebih luwes dan tidak ketahuan kalau kamu memang sudah lupa dengan nama lawan bicara.

Jadikan Humor

Jadikan humor
Jadikan humor/pexels.com

Cara terakhir ini cocok buat kamu yang humoris dan supel. Kamu bisa coba kasih bercandaan seperti berikut ini:

Kamu   : “Eh mbak Amanda, apa kabarnya?”

Dia       : “Kok Amanda, saya Sinta.”

Kamu   : “Oh iya mbak Sinta, abisnya cantiknya kayak Mbak Amanda Manopo, hehe”

Dia       : “Hehe bisa aja”

Jadi meski lupa kamu bisa tidak langsung bertanya ke lawan bicara dan bikin malu. Selain itu jurus candaan ini juga bisa bikin obrolanmu lebih cair dan santai.

Itulah 5 tips jitu jika kamu lupa nama lawan bicara. Selamat mencoba, ladies!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id