sign up SIGN UP

B-Speak Up! Cerita di Balik Instagram Mental Health Doodle Bersama @wantja

Febriyani Rahmania | Kamis, 14 Oct 2021 19:00 WIB
B-Speak Up! Cerita di Balik Instagram Mental Health Doodle Bersama @wantja
caption
Jakarta -

Upaya membangun kesadaran tentang kesehatan mental di masyarakat semakin nyata. Terbukti dari banyaknya acara dan konten seputar kesehatan mental di media sosial maupun secara offline. Akun Instagram @wantja menjadi salah satu content creator yang membangun kesadaran tentang hal ini.

Dalam program bincang-bincang online Beautynesia bertajuk B-Speak Up!, Irwan Tjahyadi, yang tak lain pemilik akun @wantja, bercerita tentang perjalanannya sharing soal kesehatan mental lewat doodle di Instagram.

"Awalnya aku gabung di komunitas pencegahan bunuh diri, aku di-training di sana selama enam bulan, di sana aku dapat insight dan menyadari mental struggle is real, dan dari sana aku merasa percaya diri bisa membantu orang lewat pengetahuan berbasis data dan fakta lewat sesuatu yang aku suka, yaitu doodle," jelas Wanca, begitu pria ini akrab disapa.

Buat kamu yang concern sama masalah kesehatan mental, jangan sampai kelewatan nonton Instagram Live B-Speak Up yang akan digelar pada Rabu, 13 Oktober 2021.Buat kamu yang concern sama masalah kesehatan mental, jangan sampai kelewatan nonton Instagram Live B-Speak Up yang akan digelar pada Rabu, 13 Oktober 2021./ Foto: Beautynesia

Uniknya, Wanca sendiri tidak memiliki latar belakang pendidikan desain. Kemampuan menggambar ilustrasi doodle ia dapat secara otodidak. Selain itu, pendidikan formal yang ia tempuh juga bukan dari jurusan Psikologi, melainkan Microbiology. Namun, hal tersebut tidak menghalangi Wanca untuk menyebarkan kesadaran kesehatan mental pada masyarakat.

"Aku baru mulai Juli 2020, basic-nya aku bekerja sebagai pengajar, jadi aku sudah punya basic untuk delivery pengetahuan ke audiens lewat coretan, aku mencoba untuk mengelaborasi sharing konten dengan menggambar, apalagi saat itu sedang lockdown, dan aku berpikir aku bisa berbuat sesuatu untuk aku dan orang lain, sebab menggambar bagiku juga healing," ujar Wanca.

Foto: Inilah 5 Penyebab Remaja Sering Mengalami Gangguan Mental, Salah Satunya Karena Trauma | freepik/tirachardzIlustrasi kesehatan mental. (Foto: freepik/tirachardz)/ Foto: Rani Mutiara

Menurut Wanca, bukan hal mudah untuk bisa terus konsisten membuat konten kesehatan mental di media sosial. Dirinya masih sering kesulitan membagi waktu antara istirahat, pekerjaan, membuat konten, dan kehidupan pribadi.

Kendati begitu, ia tak pernah memaksakan diri dan memilih untuk menikmati dan menerima setiap perasaan juga perjalanan yang ia lewati. "Harus atur prioritas, sih, dan kadang-kadang aku nggak muluk untuk bisa melakukan semua kegiatan," kata Wanca.

[Gambas:Instagram]

Di akhir acara, Wanca memberi beberapa tips untuk Beauties menjaga kesehatan mental di masa pandemi yang belum kunjung berakhir ini.

"Tetap jaga kesehatan baik fisik maupun mental, dan kalau kita sedang dalam keadaan tidak baik itu nggak apa-apa, dan please seeking for help and take your time, karena di masa pandemi ini kita banyak terkoneksi dengan gadget, ya, jangan lupa untuk peduli sama diri sendiri," tutup Wanca mengakhiri pembicaraan.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id